Penjelasan Mengenai Baju Labbu Sulawesi Selatan yang Menarik
Baju Labbu via emakpintar.org

8 Pakaian Adat Tradisional Sulawesi Selatan, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Pakaian Adat Tradisional Sulawesi Selatan (Makassar), gambar dan penjelasan kami sajikan dengan lengkap untuk pembaca setia yang selalu mencintai budaya Indonesia.

Pakaian adat Makassar termasuk bagian dari dari budaya Indonesia yang jangan sampai punah di telan masa disebabkan maraknya budaya asing. Rakyat Indonesia harus bangga dengan busana tradisional seperti baju, celana, sarung dan aksessoris Makassar.

Kami akan menyampaikan nama-nama pakaian disertai dengan keterangannya agar pembaca mendapatkan informasi yang utuh sebagaimana kami sudah menulis beberapa artikel yang berhubungan dengan topik kita kali ini. Beberapa waktu yang lalu, kami sudah mempublikasikan pakaian adat tradisional Sulawesi Tenggara dan pakaian adat tradisional Sulawesi Barat. Jadi artikel pakaian adat tradisional Sulawesi Selatan ini sebagai lanjutan guna melengkapi arsip digital di blog ini.

Kami berharap pakaian Makassar mampu lestari dari zaman ke zaman. Untuk mencapainya sangat diperlukan peran semua elemen masyarakat dibantu dengan kebijakan pemerintah terkait, baik dari pusat maupun daerah (kabupaten/kota).

Baiklah, kita bahas satu persatu pakaian adat tradisional Sulawesi Selatan.

1. Pakaian Adat Suku Makassar

Kebudayaan Makassar dari suku yang terdalam mempunyai pakaian adat tradisional. Hal itu merupakan salah satu aspek yang sangat penting yang bukan hanya menghiasi tubuh pemakainya tetapi juga sebagai suatu kelengkapan yang dibutuhkan dalam upacara-upacara adat di Makassar.

Pakaian adat ini terdiri dari aksessoris-aksessoris perlengkapan yang digunakan dari berbagai macam bahan.

2. Baju Bodo (Baju Adat Wanita Suku Bugis)

Informasi Terkait Baju Bodo dari Daerah Makassar Sulawesi Selatan yang Unik
Baju Bodo via pinterest

Baju Bodo merupakan pakaian tradisional perempuan suku Bugis Makassar, Sulawesi, dan Bugis Pagatan, Kalimantan, Indonesia. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.

Melihat bentuknya, baju Bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Sehelai sarung menutupi pinggang hingga kaki dan baju tipis longgar dari kain muslin (kasa), memperlihatkan leluk-lekuk bagian tubuh.

Menurut adat Bugis, warna baju Bodo yang dikenakan akan menunjukan usia dan martabat si pemakainya. Baju Bodo ini kerap dipakai untuk acara adat seperti upacara pernikahan. Tetapi kini, baju Bodo mulai direvitalisasi melalui acara lainnya seperti lomba menari tarian tradisional Sulawesi Selatan atau menyambut tamu agung yang datang.

3. Paroci

Paroci adalah pakaian daerah Makassar kini populer di dunia. Pasalnya Paroci pernah dikenakan oleh presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara kenegaraan beberapa waktu yang lalu.

Berikut penampakannya :

Info tentang Pakaian Paroci Makassar Sulawesi Selatan yang Menarik
Pakaian Paroci via bisnis.com

4. Jas Tutu (Baju Adat Pria Suku Bugis)

Uraian Mengenai Jas Tutu Bugis Sulawesi Selatan yang Keren
Jas Tutu via wordpress

Nah, jika pakaian adat wanita disebut dengan baju Bodo, maka pakaian adat yang dikenakan oleh kaum pria disebut dengan Jas Tutu. Dakam mengenaikan pakaian adat ini, juga mengenakan pasangannya celana atau Paroci, kain sarung atau lipa garusuk, dan tutup kepala berupa songkok.

Sekilas bentuknya, Jas Tutu bentuknya lengan panjang, leher berkerah serta diberi kancing yang terbuat dari sepuhan emas atau perak dan dipasang pada leher baju. Sementara, kain Lipa Sabbe atau Lipa Garusuk tampak polos tetapi berwarna mencolok, seperti merah dan hijau.

5. Busana Pattuqduq Towaine (Baju wanita Khas Mandar)

Busana adat Baju adat Sulawesi Selatan kali ini adalah Pattuqduq Towaine merupakan baju adat suku Mandar. Pattuqdu Towaine mencerminkan busana yang dipakai oleh perempuan mandar pada umumnya.

Busana Puttuqduq terdiri dari:

  • Baju Rawang Boko atau bisa juga Baju Pokkoq,
  • Lipaq Saqbe Mandar,
  • Lipaq Aqdi Diratte,
  • Lipaq Aqdi Diratte Duattodong,
  • Dan hiasan kepala, badan dan tangan yang mencerminkan budaya Mandar.

Sedangkan busana pria Mandar lebih sederhana karena hanya terdiri dari baju jas tutup terbuat dari bahan sutera bercorak bebas dengan warna hitam atau warna cerah.

Baca : Pakaian Adat Bali

6. Baju Seppa Tallung Buku

Ulasan Mengenai Baju Seppa Tallung Buku Sulawesi Selatan dan Sejarahnya
Baju Seppa Tallung Buku via Qlapa

Pakaian Seppa Tallung adalah baju adat Sulawesi Selatan yaitu dari suku Toraja. Pakaian khas Toraja ini merupakan pakaian yang panjangnya sampai lutut dan digunakan oleh laki-laki. Beberapa aksesoris lain yang melengkapi seperti kandaure, gayang, lipa’, dan lain-lain.

Pakaian ini pernah menjadi pemberitaan dimedia karena ikut dalam ajang Manhunt International 2011 yang diadakan di Korea Selatan (Korsel). Busana yang digunakan merupakan modifikasi dari pakaian Seppa Tallung Buku dilengkapi sayap dan tanduk yang menggambarkan kebesaran dan keagungan dari salah satu kebudayaan Indonesia tersebut.

7. Baju Adat Bella Dada Makassar

Uraian Tentang Baju Adat Bella Dada Sulawesi Selatan dan Ciri Khasnya
Baju Adat Bella Dada via akurat.co

Baju Adat Bella Dada dari daerah Makassar yaitu model baju yang tampak adalah berlengan panjang, leher berkerah, saku di kanan dan kiri baju, serta diberi kancing yang terbuat dari emas atau perak dan dipasang pada leher baju.

Bella Dada memiliki model layaknya jas namun tertutup dan lengannya panjang. Inilah membedakan dengan jas pada umumnya.

Bahan baju Bella Dada kelihatan lebih tipis, yaitu berasal dari kain Lipa Sabbe atau Lipa Garusuk yang polos, berwarna terang dan mencolok seperti merah, dan hijau. Dan khusus untuk tutup kepala, bahan yang biasa digunakan berasal dari kain Pasapu yang terbuat dari serat daun lontar yang dianyam.

8. Baju Labbu

Penjelasan Mengenai Baju Labbu Sulawesi Selatan yang Menarik
Baju Labbu via emakpintar.org

Baju Labbu atau disebut juga baju Bodo panjang merupakan pakaian adat khas Makassar Sulawesi Selatan. Pakaian tradisional ini biasanya berbentuk baju kurung berlengan panjang dan ketat mulai dari siku sampai pergelangan tangan.

Bahan dasar yang kerap digunakan untuk membuat baju Labbu adalah kain sutera tipis, berwarna tua dengan corak bunga-bunga. Tanpa terkecuali, kaum wanita dari berbagai kalangan manapun bisa mengenakan baju Labbu.

Baca : Pakaian Adat Dayak Kalimantan

Baik, rasanya kami sudahi informasi pakaian adat tradisional Sulawesi Selatan dan gambar serta penjelasannya pada kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat kepada pembaca. Oh iya, kami selalu berharap pembaca untuk memberikan kritik dan saran untuk pengembangan blog ini kedepan supaya jadi lebih baik.

Silahkan berkomentar