Informasi mengenari arti Kesenian dari berbagai sudut pandang
Kesenian

19 Pengertian Kesenian Menurut Para Ahli, Kamus Dan Secara Umum

Diposting pada

Pengertian kesenian menurut para ahli, kamus dan secara umum akan kami sampaikan dengan lengkap pada artikel ini. Bukan cuma dari satu sudut padang saja, kami mengulas pengertian kesenian dari berbabagi perspektif guna menambah wawasan pembaca menjadi lebih baik.

Definisi kesenian saat ini dengan mudah ditemukan melalui komunikasi daring atau internet. Kehadiran alat komunikasi modern telah banyak membantu manusia menemukan informasi apa yang dibutuhkan, termasuk arti dari kesenian itu sendiri.

Sebenarnya, apa yang dimaksud kesenian bisa dijuga Anda temukan melalui buku yang ada diperpustakaan atau diskusi dengan dosen atau teman sekolah (kuliah). Kegiatan ini hendaknya Anda lakukan juga.

Selain itu, kami meyakini bahwa jika Anda bisa memahami pengertian kesenian, baik menurut para ahli dan secara umum, hal ini akan membantu Anda untuk dengan mudah paham kepada materi pelajaran kesenian selanjutnya, seperti seni tari , seni musik dan seni rupa.

Kesenian

Baiklah, tanpa memperlama kata pengantar lagi, langsung saja kita bahas satu persatu pengertian kesenian menurut ahli dan kamus serta secara umum. Simak informasinya berikut.

1. Drs. Sudarmaji

Drs. Sudarmaji adalah seorang pelukis sekaligus kritikus seni rupa. Menurutnya, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang. lebih lanjut ia menjelaskan bahwa seni bukan hanya sebuah karya akan tetapi tumbuh menjadi sebuah manifestasi batin yang didalamnya kan menggugah suatu pengalaman yang memiliki keindahan dengan menggunakan berbagai media dalam berkesenian seperti media bidang, garis, warna, tekstur, volum, dan juga galap serta terang.

2. Ahdian Karta Miharja

Menurutnya Ahdian Karta Miharja seni merupakan kegiatan jiwa yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam jiwa penerimanya.

3. Drs. Popo Iskandar

Seni menurut Drs. Popo Iskandar digambarkan dengan sebagai sarana komunikasi yang diungkapkan dalam sebuah karya sehingga dapat memberikan suatu bentuk pengalaman berupa kesadaran sosial bagi manusia dalam menjalani kehidupanya baik di skala kelompok maupun masyarakat luas.

4. J.J Hogman

Seni menurut J.J Hogman memiliki tiga poin atau tiga pilar utama, yaitu ideas, activities, dan artifact. Ideas bisa diartikan dengan wujud seni sebagai suatu yang kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya. Sedangkan activities dapat diartikan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam berkesenian. Dan terakhir artifact dapat diterjemahkan sebagai wujud seni melalui hasil karya yang dihasilkan oleh manusia.

5. Aristoteles,

Aristoteles menjelaskan dan memaparkan bahwa seni sejatinya adalah sebuah peniruan terhadap alam yang memiliki sifat tepat guna atau ideal, sesuai dengan proporsi alam. Akan tetapi pendapat ini bisa menampik kekuatan seni yang sejatinya bisa diekspresikan bahkan jika sebuah karya tersebut adalah hanya dimiliki oleh imajinasi seseorang dan bersifat tidak mungkin.

6. Plato & Rousseau

Tidak hanya Aristoteles yang mejelaskan bahwas seni merupakan tiruan alam, Plato dan Aristoteles juga berpendapat bahwa seni merupakan sebuah tiruan alam yang mencakup keseluruhan segi dari alam semesta ini.

7. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara menjelaskan dengan detai bahwa seni adalah suatu tindakan atau aktifitas dari perbuatan yang dilakukan oleh manusia yang bermula dari perasaan, yang diidentikan dengan perasaan yang indah-indah yang akhirnya dapat dan sampai ke jiwa dan memiliki pengaruh emosional terhadap perasaan yang ditimbulkan dari melihat atau mendengar sebuah seni.

8. Drs. Suwaji Bastomi

Seni merupakan sebuah kegiatan atau aktifitas batin bagi seseorang yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika berupa karya yang agung dan memiliki daya tarik yang membuat orang lain merasa takjub dan haru.

9. Schopenhaur

Seni merupakan kegiatan yang menyenangkan melalui penciptaan sesuatu bentuk (hasil karya). Sebagai contoh Schopenhaur menyatakan bahwa semisal seni musik akan sangat dicintai oleh semua orang dari berbagai kalangan walaupun seni musik dianggap sebagai sebuah seni yang paling abstrak akan tetapi selalu menjadi seni yang dapat dinikmati.

10. Eric Ariyanto

Erik Ariyanto menjelaskan bahwa seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

11. Kutjaraningrat

Kutjaraningrat menerangkan bahwa seni pada dasarnya adalah suatu ide atau gagasan yang timbul dari manusia yang kemudian diwujudkan atau direalisaikan dalam bentuk sebuah benda yang akhirnya disebut sebagai karya seni. Benda-benda tersebut akan memiliki sebuah ide, gagasan, nilai, norma, dan aturan sesuai tindakan berpola dari manusia dalam menjalani kehidupanya di masyarakat.

12. William A. Haviland

Willian A. Haviland menjelaskan bahwa seni adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi manusia secara kreatif didalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

13. Irving Stone

Irving Stone menjelaskan bahwa sebuah seni merupakan seseuatu yang sangat fundamental dalam kehidupan manusia, Stone bahkan menganggap bahwa seni adalah sebagai suatu kebutuhan dasarbagi manusia seperti halnya roti atau anggur. Stone menegaskan dengan sangat tajam bahwa seni memang adalah salah satu bagian dalam kehidupan manusia yang bersifat pokok, seni tidak dianggap sebagai sesuatu yang mewah, dan mengecap bahwa orang yang tidak menggap seni adalah sebagian dari dasar hidup mereka adalah orang-orang yang tidak utuh secara lahir rohani.

14. Nuning. Y Damayanti

Dra. Nuning Y.Damayanti menjelaskan kesenian sebagai yang dahulu hanya sebuah proses dalam kehidupan manusia yang memiliki kesamaan kedudukan dengan ilmu. Saat ini kemudian menganggap seni sebagai bahan dari ekspresi dari keratifitas yang dihasilkan oleh manusia.

15. Ira Andriati, M.Sn

Menurut Ira Adriati, M.Sn, seni merupakan proses & produk dari memilih medium, & suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, & suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, dan untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

16. Alexander Baum Garton

Alexander Baumgarton Lahir di Berlin, Jerman. Dan merupakanAnak ke-5 dari 7 bersaudara. Menurut Alexander Baumgarten yang merupakan filsuf Jerman yang hidup di tahun 1700-an, seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan. Alexander Baumgarten dikenal sebagai orang yang pertama kali menggunakan kata “estetika” di tahun 1735.

Alexander Baum Garton menyatakan bahwa seni adalah sebuah keindahan yang akan menghubungkan seorang penikmat seni menuju perasaan bahagia atas dasar keterikatan emosional dari penciptaan sebuah karya seni.

17. Menurut Emanuel Kant

Emanuel Kant menyatakan bahwa seni adalah impian yang tiada batas, artinya sebuah kesenian adalah penghancur tembok ketidakmampuan atas keterbatasan kenyataan yang ada dalam kehidupan. Seni dapat mengandalkan imajinasi sekalipun itu tidak mungkin, akan tetapi tetap menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati.

18. Pengertian Kesenian Secara Umum

Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain.

19. Menurut KBBI

Setelah pengertian menurut ahli dan secara umum, berikit arti kata kesenian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah : perihal seni; keindahan.

Baca : Pengertian Hukum Adat

Demikian kami sampaukan kepada semua pembaca mengenai pengertian kesenian menurut para ahli, kamus dan secara umum pada artikel kali ini. Semoga memberikan manfaat kepada semuanya. Jangan sungkan untuk menyampaikan komentar ya.