Penjelasan mengenai Tari Waris Sumangat Kalimantan Selatan dan Keunikannya
Tari Waris Sumangat via Tribunnews

16 Tarian Daerah Kalimantan Selatan dan Keterangan Beserta Gambar

Diposting pada

Tarian daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) dan keterangan serta gambarnya adalah informasi penting. Mengepa penting? Karena dengan kita mengetahui tarian tradisional Kalimantan Selatan, kita termasuk orang yang peduli dengan budaya nusantara di bidang seni tari. Karena kalau buka kita, siapa lagi?

Kami pikir dengan Anda membaca artikel ini, secara langsung ini adalah bukti Anda menganggap ilmu pengetahuan tentang tarian Kalimantan Selatan memang penting. Kesenian ini bukan cuma sekedar budaya saja, namun bisa menjadi objek wisata bagi para wisatawan asing. Tergantung bagaimana kita mengemasnya menjadi menarik.

Tarian adat yang ada di Banjarmasin (ibukota Kalsel) ini harus kita jaga bersama. Jangan sampai hilang ditelan zaman. Suatu bangsa punah jika tidak lagi mau peduli dengan budaya aslinya, namun lebis suka dengan budaya asing. Harga mati bagi semua warga Indonesia – bukan cuma warga Kalsel – untuk menjaga, merawat, melestarikan dan mensosialisasikannya ke ranah publik.

Nah, untuk mengenal tarian adat tradisioanl dari daerah Kalimantan Selatan, kali ini kami sudah mengumpulkan puluhan informasi mengenai tari – tari apa saja yang dianggap sebagai ciri khas daerah tersebut. Dan penting untuk diketahui, sebelumnya kami juga sudah menulis tarian daerah Kalimantan Barat  dan tarian daerah Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu.

Baiklah, tanpa perpanajang kata pengantar lagi, langsung saja kita simak tarian daerah Kalimantan Selatan berikut ini.

1. Tari Maragap Humbayang

Informasi tentang Tari Maragap Humbayang Kalimantan Selatan yang Unik
Tari Maragap Humbayang via Youtube

Tari Maragap Humbayang termasuk tarian yang berasal dari daerah propinsi Kalimantan Selatan. Tarian ini menceritakan tentang merantau merupakan salah satu tradisi masyarakat dahulu di Kalimantan Selatan dalam mencari nafkah, merantau meninggalkan kekasih tercinta, penantian yang lama, mengharap kehadiran yang dicinta. Kekasih hadir namun tak mampu diraba, meragap humbayang dalam jiwa sunyi. Tuhan berkehendak lain. Dipanggil hamba-Nya tanpa isyarat nyata. Dan penantian berakhir dengan sebuah doa.

Baca : Tarian Tradisional Daerah Bali

2. Tari Radap Rahayu

Info terkait dengan Tari Radap Rahayu Kalimantan Selatan dan penjelasannya
Tari Radap Rahayu via kamerabudaya.com

Tari Radap Rahayu merupakan tarian klasik banjar Kalimantan Selatan. Tari ini ditampilkan pada saat menyambut tamu – tamu kehormatan yang datang ke Bumi Lambung Mangkurat. Ciri khas dari tarian ini penari layaknya seorang bidadari yang menari menggunakan selendang serta membawa mangkok berisikan kembang tabur yang nantinya akan di taburkan saat menari yang mencerminkan rasa suka cita untuk tanda selamat datang untuk para tamu undangan .

3. Tari Tandik Pedalaman

Artikel terkait Tari Tandik Pedalaman Kalimantan Selatan dan sejarahnya
Tari Tandik Pedalaman via PicLuck

Tari Tandik Pedalaman adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan. Tari ini merupakan tarian dari tanah Borneo atau tarian dayak Banjar yang menceritakan tentang kekuatan masyarakat Banjar dalam bertahan hidup serta melindungi diri mereka dari roh – roh jahat yang akan di obati oleh kepala suku dalam tarian tersebut .

Ciri khas dari tarian ini yaitu ada beberapa benda seperti : Gong sebagai properti tari, Tameng dan pedang sebagai pelengkap tarian tersebut. Dan juga tarian ini bisa memakai daun yang sudah di rangkai sedemikian rupa sebagai ciri khas Dayak Banjar.

4. Tari Baksa Kembang

Ulasan mengenai Tari Baksa Kembang daerah Kalimantan Selatan dan ciri khasnya
Tari Baksa Kembang via sumber.com

Tari Baksa Kembang ialah tarian tradisional khas Kalimantan Selatan. Tarian ini biasanya ditampilkan pada saat acara penyambutan selamat datang para tamu – tamu kehormatan di Bumi Lambung Mangkurat.

Adapun ciri khas dari tarian ini adanya “Bogam Melati” yang akan di pegang penari saat menari serta selendang dan juga kembang yang berjuntai dikepala penari di sisi kiri dan kanannnya. Tidak heran kalau tarian ini disebut Tari Baksa Kembang karena banyaknya kembang melati sebagai properti tari yang memperindah dalam tarian tersebut .

Baca : Tarian Daerah Maluku

5. Tari Persembahan Nuansa

Uraian tentang Tari Persembahan Nuansa adat Kalimantan Selatan dan keunikannya
Tari Persembahan Nuansa via itb.ac.id

Tari Persembahan Nuansa adalah tarian untuk menyambut para tamu sebagai tanda penghormatan selamat datang di bumi Lambung Mangkurat, tarian ini ditarikan oleh para dara – dara sembari menaburkan bunga sebagai wujud rasa syukur atas limpahan rahmat dari Tuhan yang Maha Esa.

Ciri khas tarian ini yang membedakan dengan tarian lain adalah condong kearah yang lebih Islami dan para penari terlihat anggun saat menarikannya .

Baca : Tarian Daerah Sumatera Barat

6. Tari Maitik

Tari Maitik adalah termasuk tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan. Tarian ini menceritakan tentang keseharian orang Pahuluan Banjar bekerja sebagai peternak itik (bebek) serta bagaimana itik – itik tersebut di jaga agar tetap tertib saat beraktivitas seperti itik dan dalam tarian ini para penari layaknya sebagai itik dan tentunya ada seorang yang berperan sebagai pawang atau penjaga unuk itik – itik tersebut.

Adapun ciri khas dari tarian ini yaitu adanya ketopong itik untuk diletakkan di kepala penari dan selendeng yg di sematkan di pinggang penari .

7. Tari Waris Sumangat

Penjelasan mengenai Tari Waris Sumangat Kalimantan Selatan dan Keunikannya
Tari Waris Sumangat via Tribunnews

Tari Waris Sumangat merupakan tarian daerah Kalimantan Selatan. Tari ini menceritakan tentang semangat dari kuda yang dipublikasikan kepada manusia guna lebih giat untuk bekerja agar pembangunan daerah semakin meningkat dan maju layaknya semangat kuda yang membara .

Menurut informasi, ciri khas dari tarian ini ialah kuda yang dipegang sang penari sebagai tokoh utamanya di dalam tarian tersebut.

8. Tari Benteng Carucuk

Info tentang Tari Benteng Carucuk Kalimantan Selatan dan Keunikannya
Tari Benteng Carucuk via Blogger

Tari Benteng Carucuk adalah kesenian tari yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Tari ini menceritakan tentang sejarah zaman dulu yaitu pangeran Suriansyah dengan Temenggung yang berperang merebut tanah kerajaan Banjar dan asal mula terbentuknya kampung Kuin.

Adapun ciri khas dari tarian ini yaitu tongkat panjang yang ditarikan oleh penari sebagai simbol carucuk untuk berperang dengan memakai alat perang tradisional .

9. Tari Lalakun Amban

Info terkait dengan Tari Lalakun Amban Kalimantan Selatan dan Ciri Khasnya
Tari Lalakun Amban via Blogger

Tari Lalakun Amban merupakan tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan. Lalakun mengandung arti “prilaku”. Tari ini menceritakan tentang prilaku Amban yang senang bercengkrama. Tari ini menggunakan simbol topeng SANGKALA sebagai lambang kejahatan dan kemurkaan, akan tetapi Amban tetaplah Amban yang senang bercanda.

Dari hasil penelitian, ciri khas dari tarian ini adalah topeng berwarna merah sebagai sangkala dan wajah penari menyerupai Amban perempuan dalam tokoh pawayangan.

10. Tari Amban Pangina

Ulasan mengenai Tari Amban Pangina tradisional Kalimantan Selatan
Tari Amban Pangina via curvetube.com

Tari Amban Pangina termasuk menjadi tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan. Menceritakan tentang keseharian Amban dengan tingkahnya yang lucu dan senang bercanda, tarian ini mempunyai ciri khas , yaitu : selendang merah yang diikat di kepala dan separo wajahnya lalu pupur basah di wajah penari dengan berwarna putih serta bakul sebagai properti utama dalam tarian tersebut.

11. Tari Limpuar

Info tentang Tari Limpuar Kalimantan Selatan dan Sejarahnya
Tari Limpuar via Tribunnews

Tari Limpuar ialah tarian tradisional daerah yang berasal dari Kalimantan Selatan. Tari ini menceritakan tentng keseharian masyarakat pedalaman Dayak Banjar dalam bekerja sebagai petani beras dari mulai menanam padi sampai melakukan panen padi yang merubahan hasil dari menanam.

Adapun ciri khas dari tarian ini adalah adanya Lanjung sebagai properti utama dalam tarian tersebut.

12. Tari Lenggang Parimata

Informasi mengenai Tari Lenggang Parimata Kalimantan Selatan serta ciri khasnya
Tari Lenggang Parimata via negerikuindonesia.com

Tari Lenggang Parimata menjadi salah satu tarian daerah Kalimantan Selatan. Tarian ini menceritakan tentang para galuh – galuh yang lincah menari dengan menggunakan properti tari Kipas berbalut kain Sasirangan sebagai tarian penyambutan para tamu ataupun suguhan sebagai menghibur para undangan yang berhadir di bumi lambung Mangkurat.

Ciri khas dari tarian ini adalah Kipas yang menjadi daya tarik bagi para penonton.

13. Tari Tempurung

Info mengenai Tari Tampurung dari Kalimantan Selatan yang keren
Tari Tampurung via Youtube

Tari Tempurung merupakan tarian tradisional yang daerah asalnya adalah Kalimantan Selatan. Tarian ini merupakan tarian kreasi Banjar yang menceritakan tentang kelincahan gerak para penari yang sedang menari sambil bermain dengan tempurung sehingga menghasilkan bunyi yang khas dari tempurung kelapa (Nyiur) tersebut. Keceriaan para penari saat menari mencerminkan para gadis – gadis Banjar yang senang menari serta bermain .

Baca : Tarian Tradisional Betawi 

14. Tari Giring – Giring

Ulasan mengenai Tari Giring - Giring Kalimantan Selatan dan sejarahnya
Tari Giring – Giring via negerikuindonesia.com

Tari Giring – Giring adalah bagian dari tarian daerah Kalimantan Selatan. Tari ini merupakan tarian Dayak Banjar dan tarian ini menceritakan tentang rasa suka cita rakyat datang atas kehadiran para undangan atau pun tamu kehormatan yang datang di tanah Borneo.

Jika diamati akan tampat criri khas dari tarian ini, yaitu adanya pegangan yang di pegang oleh penari di ke dua tangannya menyerupai batang kayu yang di balut dengan rumbai benang wol itulah yang dimaksud dengan giring – giring tersebut.

15. Tari Manangguk

Informasi mengenai Tari Manangguk adat Kalimantan Selatan dan ciri khasnya
Tari Manangguk via Youtube

Tari Manangguk merupakan tarian daerah Kalimantan Selatan yang menceritakan tentang kebiasaan orang Banjar saat mencari ikan di sungai dengan cara tradisional Banjar yaitu menangguk Iwak (menangguk ikan).

Ciri khas yang menonjol dari tarian ini yaitu tengkulup dari bahan kain sasirangan yng merupakan kain khas dari Kalimantan Selatan dan Tangguk alat menangkap ikan sebagai properti utama dalam tarian tersebut.

16. Tari Piluntang

Uraian mengenai Tari Piluntang Kalimantan Selatan dan sejarahnya
Tari Piluntang via Blogger

Tari Piluntang adalah tarian tradisional yang termasuk dari daerah Kalimantan Selatan. Tarian ini menceritakan para perempuan yang pada kodratnya dia baik budi pekerti. Cerita pun berlanjut ketika para wanita mendapat pengaruh atas kesehariannya dalam bergaul namun dia kembali lagi dalam balunan tudung kepala sebut saja kerudung yang membuat dia menjadi dirinya kembali.

Ciri khas yang tampak pada tarian ini yaitu adanya kasa sejenis kain yang terang di sematkan di dada sebelah kanan yang nantinya akan menjadi kerudung saat ditarikan .

Baca : Tarian Daerah Jawa Timur

Demikian kami sampaikan informasi tentang tarian daerah Kalimantan Selatan dan keterangannya pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat kepada pembaca. Bagi yang ingin membaca artikel tarian adat Papua, kami sudah menulisnya beberapa waktu lalu. Begitu juga dengan artikel tarian daerah Jawa Barat .

Tetap Semangat & Selalu Tebar Kebaikan!

Credit:

_resasoraya.blogspot.com/2017/01/ _Google Image

2 komentar

  1. parfum angga sebagai tempat penjualan parfum link alternatif ketua poker terbaik menyediakan semua jenis bibit parfum yang memberikan wangi tahan lama dan tentunya lembut untuk dicium , kunjungi link ini untuk melihat varian wangi parfum terbaik di indonesia

Silahkan berkomentar