Infomasi tentang artikel pengertian sejarah menurut Herodotus dengan uraian lengkap
Herodotus via thegreatcourses.com

Pengertian Sejarah Menurut Herodotus Dan Contohnya Yang Lengkap

Diposting pada

Pengertian sejarah menurut Herodotus merupakan informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet (internet user) untuk menambah pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan sejarah itu sendiri. Pengguna internet yang mencari bisa dari kalangan akademisi maupun bukan.

Mereka yang ingin mendapatkan informasi tentang definisi sejarah menurut Herodotus rasanya tidak lagi mengalami kesulitan untuk menemukannya. Cukup dengan memakai alat komunikasi modern yang ada. Kemudian menghubungkan dengan jaringan internet atau istilah lainnya komunikasi daring , maka informasi tentang arti sejarah versi Herodotus akan dijumpai.

Selain pengertian sejarah menurut pendapat Herodotus, ada banyak lagi ahli sejarah yang menyampaikan pendapatnya. Masing – masing dari para ahli tersebut ada yang berbeda pendapat dalam melahirkan teori mengenai sejarah. Untuk membaca lengkap mengenai para pendapat ahli sejarah mengenai sejarah itu sendiri, silahkan baca artikel yang sudah kami tulis dnegan judul : 50 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Kamus, Bahasa dan Secara Umum .

Nah, sebelum kami sampaikan pengertian sejarah menurut ahli yang bernama Herodotus, izinkan kami sampaikan sejarah dalam pendapat umum yang berikut ini:

“Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa yang pernah terjadi pada masa lampau. Bisa setahun yang lalu atau beberapa abad yang silau. Dengan belajar sejarah, manusia akan mengetahui dunia secara sempurna. Ada yang namanya sebab dan akibat.”

Infomasi tentang artikel pengertian sejarah menurut Herodotus dengan uraian lengkap
Herodotus via thegreatcourses.com

Baiklah, selanjutnya kami sajikan bukan cuma pengertian saja, namuan uraian secara mendetail mengenai sejarah menurut Herodotus.

Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah “satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.”

Dari pengertian diatas, ahli sejarah pertama dunia berkebangsaan Yunani ini menyampaikan ada 3 potret tragedi mengenai eksistensi tokoh yang juga bisa diartikan banyak hal. Bisa seorang pemimpin, seorang ulama, seorang guru bangsa, seorang pahlawan dan lain – lain. Mereka diberi waktu untuk dikenal dan berkarya kemudian mati, tinggal kenangan saja.

Potret tragedi selanjutnya yaitu tentang masyarakat atau kumpulan manusia. Kita kenal masyarakat dibawah kepemimpinan Fir’aun dan masyarakat dibawah kepemimpinan nabi Musa as. Kini mereka tinggal sejarah saja. Adapun keturunannya saat ini hanya bisa mencertitakan masa lalu terkait nenek moyangnya. Meski begitu, tidak semua masyarakat eksis sampai keanak cucu, ada masyarakat yang benar – benar punah di telan zaman. Beberapa budaya yang ditinggalkan adalah seperti seni musik dan seni tari.

Selanjutnya pengertian sejarah menurut manusia yang dapat gelar The Father of History itu adalah Peradaban. Menurut informasi yang kami dapat, perdaban adalah “kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir batin atau hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa” versi KBBI.

Nah, peradaban juga diberi waktu untuk eksis di bumi dan waktunya juga dibatasi. Kita kenal dulu ada peradana Persia dan perdaban Romawi yang kini tinggal sejarah saja. Beberapa negara ada juga yang pecah kemudian hilang eksitensinya.

Terkait sejarah Herodotus menegaskan bahwa sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.

Baiklah, untuk sementara demikian penyampaikan kami mengenai pengertian sejarah menurut Herodotus dan contohnya serta kami tambahkan uraian terkait subjek pelakukan sejarah. Semoga memberikan manfaat kepada pembaca.

4 komentar

Silahkan berkomentar