Informasi terkait dengan pengertian seni musik dan penjelasannya
ilustrasi via Google Image

18 Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli, Bahasa & Secara Umum

Diposting pada

Pengertian Seni Musik menurut para ahli dan bahasa serta secara umum merupakan informasi yang penting diketahui bagi banyak orang, terutama mereka yang sedang mempelajari atau kuliah mengambil jurusan seni musik di universitas. Dengan mengetahui arti dari seni musik, maka Anda akan mudah memahami mata kuliah lanjutan.

Banyak cara untuk mendapatkan informasi mengenai definisi seni dari pendapat para ahli. Kita bisa membaca buku, diskusi dengan teman kuliah atau browsing di komunikasi daring. Namun zaman sekarang kebanyakan orang lebih suka memilih media atau alat komunikasi modern internet untuk mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan.

Terkait dengan apa yang dimaksud seni musik, ada beberapa yang harus Anda pahami, yaitu pengertian seni musik tradisional dan modern serta kontemporer. Mana yang Anda butuhkan informasnya? Apapun jawaban Anda, kami pastikan Anda butuh semua informasi yang benar – benar terkait atau relevan dengan pengertian seni musik. (Baca : Pengertian Seni Rupa)

Selain itu, Anda juga harus mengenal apa saja alat musik tradisional, alat musik petik tradisional, alat musik gesek tradisional dan jenis – jenis musik. Kabar baiknya, semua informasi tersebut sudah ada di blog ini.

Informasi terkait dengan pengertian seni musik dan penjelasannya
ilustrasi via Google Image

Nah, pada kesempatan kali ini, izinkan kami memberikan informasi terkait dengan pengertian seni musik dan berikut informasinya.

1. David Ewen

Pengertian seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

2. Banoe (2003 : 288)

Musik berasal dari nama Dewa Muse (nama diantara dewa dalam mitologi Yunani Kuno). Dewa ini mewakili cabang seni dan ilmu pengetahuan.

Selain itu, Banoe berpendapat bahwa pengertian seni musik adalah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapat diapahami oleh manusia.

3. Dello Joio

Komponis dari Amerika ini menyatakan bahwa mengenal musik bisa menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik.

Pada pengenalan terhadap musik akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

4. Sunarto

Seni musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

5. Aristoteles

Pengertian seni musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (nelodi) yang memiliki irama.

6. David Ewen

Seni musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

7. Jamalus (1988 : 1)

Pengertian seni musik adalah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

8. Lexicographer

Pengertian seni musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.

9. Sylado (1893 : 12)

Pengertian seni musik ialah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

10. Soeharto

Musik adalah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

11. Suhastjarja

Seni musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi-bunyi lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni, serta memiliki suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan.

12. Irwan Edman

Seni Musik adalah suatu seni urutan bunyi-bunyian yang logis tetapi bukan logika dari suatu argumentasi. Musik adalah suatu himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu padu dan mengkristalisasi.

13. Shcopenhauer

Seorang filsuf asal Jerman ini berpendapat bahwa, pengertian seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.

14. Rina

Seni musik adalah salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan dengan menggunakan suara atau bunyi-bunyian.

15. Ade Prianto Nugroho

Seni musik adalah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

16. Reed dan Sidnell

Seni musik adalah suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

17. Pengertian Seni Musik Menurut Bahasa

Istilah seni musik berasal dari dua kata yaitu “seni” dan “musik”. Seni artinya suatu hasil cipta, karsa maupun rasa manusia yang diwujudkan dalam berbagai sarana. Sedangkan musik merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani “mousikos”, melambangkan dewa keindahan yang menguasai bidang keilmuan dan seni. Secara harfiah seni musik dapat diartikan sebagai suatu karya sastra seniman yang diekspresikan sedemikian rupa baik menggunakan alat musik dan vokal suara. Namun, para ahli sastra memiliki gagasan tersendiri mengenai istilah seni musik yang meskipun pada umumnya memiliki makna yang serupa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602), Musik merupakan ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

18. Pengertian seni musik secara umum

Dari berbagai pengertian diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian seni musik adalah ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk nada dan syair yang indah.

Sebelum kami akhiri, ada yang ingin kami sampaikan bahwa informasi mengenai alat musik tradisional Bali dan alat musik tradisional Sumatera Utara dapat Anda sudah ada pada blog ini.

Baiklah, demikian informasi pengertian seni musik menurut para ahli, bahasa dan secara umum kami sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan pernah bosan untuk selalu belajar. Kami berharap Anda bisa membantu kemajuan blog ini dengan memberikan komentar, kritik atau pun saran.

4 komentar

  1. Ping-balik: Mengintip Irama Gambus Khas Timur Tengah | reportersatu.com

Silahkan berkomentar