Artikel tentang devaluasi yang diulas secara lengkap
Devaluasi via Youtube

Ini Pengertian Devaluasi, 3 Tujuan dan 3 Contoh Devaluasi

Diposting pada

Pengertian mengenai Devaluasi, tujuan dan contohnya akan kami sampaikan secara lengkap pada kesempatan kali ini. Sekaligus hal – hal terkait dengan topik ulasan devaluasi guna menambah wawasan pembaca yang budiman.

Selain definisi devaluasi, Anda juga akan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya : kenapa dalam suatu negara bisa terjadi Devaluasi. Tak cuma itu, cara mengatasinya pun perlu diambil langkah yang kongkrit dan bijaksana dengan pertimbangan yang matang bukan hanya dari aspek ekonomi saja, namun dengan melihat aspek lain seperti Hukum Administrasi Negara.

Arti dari Devaluasi sebenarnya dengan mudah bisa kita temukan. Bisa melalui membaca buku – buku ekonomi, lihat kamus dan lihat di internet sampai diskusi dengan orang yang paham mengenai teori ekonomi terkait devaluasi. Karena itu, sekedar tahu tentang arti devaluasi saja rasanya tidaklah cukup. Anda juga harus tahu apa dampak positif dan dampak negatif dari kebijakan devaluasi yang diambil oleh sebuah negara. Dengan begitu, Anda benar – benar paham apa yang dimaksud dari Devaluasi secara detail dan komprehensif.

Pada artikel pengertian devaluasi ini, Anda juga diharapkan mengetahui apa ciri – ciri dan langkah yang harus diambil oleh pemerintah supaya akibat devaluasi tidak buruk bagi stabilitas ekonomi dalam negeri, baik makro maupun mikro.

Artikel tentang devaluasi yang diulas secara lengkap
Devaluasi via Youtube

Pengertian Devaluasi

Devaluasi adalah menurunnya nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang luar negeri. Jika hal tersebut terjadi, biasanya pemerintah melakukan intervensi agar nilai mata uang dalam negeri tetap stabil. Istilah devaluasi lebih sering dikaitkan dengan menurunnya nilai uang satu negara terhadap nilai mata uang asing. Devaluasi juga merujuk kepada kebijakan pemerintah.

Atau lebih singkatnya, pengertian devaluasi adalah keadaan dimana mata uang lokal memiliki kurs atau harga yang semakin murah secara internasional. Devaluasi ini sangat mempengaruhi perekonomian suatu negara terutama dalam kegiatan perdagangan internasional.

Sedang menurut laman kbbi.web.id , berikut pengertian Devaluasi :

“devaluasi/de·va·lu·a·si/ /dévaluasi/ n penurunan nilai uang yang dilakukan dengan sengaja terhadap uang luar negeri atau terhadap emas (misalnya untuk memperbaiki perekonomian).”

Perlu ditambahkan, istilah devaluasi lebih sering dihubungkan dengan menurunnya nilai mata uang suatu Negara terhadap nilai mata uang asing. Contohnya mata uang rupiah yang mendapat devaluasi, maka menyebabkan nilainya turun pada mata uang dolar AS.

Tujuan Devaluasi

Berikut ini adalah beberapa tujuan kebijakan devaluasi yang dilakukan oleh pemerintah:

  1. Untuk meningkatkan ekspor dan menekan jumlah impor. Hal ini diharapkan akan memperbaiki Balance of Payment.
  2. Untuk meningkatkan pemakaian produksi dalam negeri. Ini bisa dicapai bila barang impor harganya lebih mahal dari barang lokal.
  3. Tercapainya keseimbangan Balance of Payment, sehingga kurs mata uang asing menjadi relatif stabil.

Dampak Positif dan Negatif Devaluasi

Dari tujuan Devaluasi diatas bisa kita simpulkan beberapa dampak yang diharapkan akan terjadi dengan terjadinya Devaluasi :

1. Berkurangnya Volume Impor

Devaluasi menyebabkan harga barang luar negeri semakin mahal sehingga masyarakat akan semakin kesulitan dan terbebani untuk membelinya. Hal tersebut secara bertahap akan mengubah pola pikir masyarakat untuk membeli barang dalam negeri sehingga volume impor semakin berkurang. Di sisi lain, penggunaan barang lokal akan semakin meningkat yang nantinya bisa mempengaruhi pendapatan perkapita suatu negara.

2. Bertambahnya Volume Ekspor

Jika nilai mata uang lokal rendah di dunia internasional, maka harga barang lokal juga akan dirasa murah oleh warga asing. Hal tersebut akan mendorong permintaan barang dari masyarakat luar negeri sehingga volume ekpor bisa bertambah.

Peningkatan ekspor bisa meningkatkan jumlah peredaran mata uang asing seperti dollar dalam suatu negara sehingga bisa memperbaiki posisi BOP (balance of payment) dan BOT (balance of trade).

3. Barang Lokal Semakin Bersaing

Kondisi devaluasi bisa menjadi salah satu hal yang memicu pengusaha lokal untuk bersaing di pasar internasional. Barang lokal yang ditawarkan kepada masyarakat luar negeri akan semakin beragam. Bahkan harga barang lokal yang dianggap murah di luar negeri mengubah pola pikir masyarakat asing sehingga mereka lebih memilih barang impor yang murah daripada barang lokal yang ada di negara mereka yang cenderung lebih mahal. Selain itu, hal tersebut juga akan menyebabkan pengusaha lokal di luar negeri menurunkan harganya.

4. Meningkatnya Devisa

Ketidakseimbangan antara kegiatan ekspor-impor dimana volume ekspor lebih tinggi dibandingkan volume impor akan memberi keuntungan dalam perdagangan internasional sehingga cadangan devisa meningkat.

Kemudian, cadangan devisa tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ataupun mendirikan suatu perusahaan yang bisa menyediakan lapangan kerja guna mengurangi pengangguran.

Contoh Devaluasi

Baiklah, berikut beberapa contoh devaluasi yang pernah terjadi di Indonesia.

15 November 1978

Masa Pemerintahan Presiden Soeharto melalui Menkeu Ali Wardhana. Meski Indonesia mendapat rezeki kenaikan harga minyak akibat Perang Arab-Israel 1973, namun Pertamina justru nyaris bangkrut dengan hutang sebesar US$10 miliar dan Ibnu Sutowo mengundurkan diri sebagai dirut pada 1976. Kemudian pada 15 November 1978, dilakukan devaluasi rupiah dari Rp415,00 menjadi Rp625,00 per 1 US$.

30 Maret 1983

Masa Pemerintahan Presiden Soeharto melalui Menkeu Radius Prawiro. Saat itu, Menkeu Radius Prawiro mendevaluasi rupiah 48%, jadi hampir sama dengan menggunting nilai separuh. Kurs 1 dolar AS naik dari Rp702,50 menjadi Rp970,00.

12 September 1986

Masa Pemerintahan Presiden Soeharto melalui Menkeu Radius Prawiro. Pada 12 September 1986 Radius Prawiro kembali mendevaluasi rupiah sebesar 47%, dari Rp1.134,00 ke Rp1.664,00 per 1 dolar AS.

Bagaimana? Apakah informasi diatas sudah membantu Anda? Jika sudah, ada baiknya Anda juga mengetahui tentang pengertian alat pembayaran non tunai yang sudah pernah kami tulis di blog ini. Kemudian, kami juga pernah mengulas mengenai ekonomi kreatif di Indonesia usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil.

Demikian informasi mengenai pengertian devaluasi, tujuan dan contoh devaluasi pada kali ini. Semoga memberikan manfaat kepada Anda. Kritik dan saran dari Anda sangat kami harapkan. Silahkan menulisnya pada laman komentar.

2 komentar

Silahkan berkomentar