Artikel tentang Tujuan Komunikasi Daring dan penjelasannya
Ilustrasi via it.123rf.com

20 Tujuan Komunikasi Daring Yang Penting Diketahui

Diposting pada

Tujuan komunikasi Dalam Jaringan (Daring) merupakan informasi yang penting diketahui oleh siapa saja yang ingin memperdalam wawasan dibidang komunikasi. Diketahui komunikasi terus mengalami perkembangan yang dinamis dan memberi dampak kepada prilaku kehidupan sosial masyarakat.

Manfaat dari komunikasi Daring selayaknya sudah banyak dirasakan oleh manusia. Namun yang terjadi belum merata manusia bisa mengaksesnya. Peran serta pemerintah sangat penting guna membangun kesadaran masyarakat terkait komunikasi Daring. Kesadaran bukan cuma fungsinya, tetapi menggunakannya dengan baik dan benar.

Baca : Pengertian Komunikasi Daring

Ada banyak kegunaan komunikasi Daring bagi manusia. Mulai dari untuk urusan pribadi, sekolah, keluarga sampai bisnis. Untuk kepentingan pribadi, bisa menghemat waktu berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain. Untuk keperluan sekolah memungkinkan terlaksananya sekolah dengan model jarak jauh.

Antar keluarga bisa dengan mudah melakukan koordinasi dalam bentu perintah atau himbauan Sedangkan untuk keperluan bisnis sangat membantu banyak hal, mulai dari pengawasan karyawan, koordinasi manajer dengan pekerja, melakukan meeting dan kegiatan lainnya.

Singkatnya kehadiran komunikasi Daring adalah proses transformasi dari alat komunikasi tradisional menuju alat komunikasi modern pada abad ini.

Artikel tentang Tujuan Komunikasi Daring dan penjelasannya
Ilustrasi via it.123rf.com

Baiklah, supaya lebih jelas dan mudah dipahami oleh Anda, kita akan membahasnya satu persatu.

Apa Saja Tujuan Dari Komunikasi Daring?

1. Berfungsi Untuk Berbagi Sumber Daya

Banyak sumber daya yang bisa dibagi oleh media Komunikasi Daring, baik dalam bentuk Software maupun Hardware. Sumber daya yang dibagi tidak harus tergantung dengan lokasi atau tempat. Bisa saja berbeda tempat namun terkoneksi dengan jaringan komunikasi Daring.

2. Sebagai Media Komunikasi

Pengguna Komunikasi Daring bisa melakukan kegiatan komunikasi dengan berbagai macam media komunikasi, bisa teleconference, Instant Messaging, Chatting mengirim surat elektronik (surel).

Baca : Apa Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Daring?

3. Bisa Bekerja Sebagai Integrasi Data

Berguna untuk mencegah ketergantungan pada komputer pusat. Artinya, proses menggunakan data bisa dikerjakan oleh komputer lainnya.

4. Jadi Solusi Keamanan Data

Data dalam bentuk kertas bisa saja beresiko tinggi apabila terjadi kebakaran atau kemalingan. Data akan hilang. Komunikasi Daring memberikan keamanan dalam mengolah atau menyimpan data.

Tidak semua orang bisa mengakses. Hal ini disebabkan untuk log in harus memakai user dan password yang diketahui oleh pihak tertentu saja. Dengan begitu data yang sifatnya privacy akan selalu aman.

5. Bermanfaat Untuk Efisiensi Biaya

Hemat dalam mengeluarkan anggaran biaya. Jika pada zaman dahulu kirim gambar harus melalui pos sebagai alat komunikasi tradisional, kini bisa menngunakan komunikasi daring saja.

6. Juga Berfungsi Untuk Efisiensi Tenaga

Dengan duduk didepan laptop yang terhubung internet komunikasi Daring sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti perintah, koordinasi dan lainnya. Bahkan dengan adanya smartphone, semua bisa dilakukan dengan multitasking.

Baca : Jenis-Jenis dan Komunikasi Daring dan Macamnya

7. Durasi Efisiensi Waktu Jadi Maksimal

Komunikasi daring memberikan manfaat dalam sisi waktu. Contohnya manusia bisa memangkas waktu dalam berbagai kegiatan rapat (meeting). Beberapa perusahaan bisa melakukan rapat dengan teleconference saja alias tidak harus tatap muka dalam satu ruangan. Cukup layar monitor yang mewakilinya.

8. Bisa Melakukan Pengendalian Jarak Jauh

Dalam hal koordinasi jarak jauh antar sesama rekan kerja, komunikasi daring dapat mengawasi kinerja manajer kepada anggotanya. Sudah sejauh mana list kerja dilakukan.

Saat ini juga sedang tren dikalangan sekolah memakai sistem dimana orang tua bisa mengetahui aktivitas anaknya di sekolah.

9. Alat Untuk Melakukan Pengembangan

Dalam industri bisnis sangat terbantu dengan hadirnya komunikasi Daring. Tanpa harus ada kantor dalam bentuk fisik, sebuah bisnis online cukup dengan membuat website saja. Hal ini sudah termasuk dalam pengembangan.

10. Memaksimalkan Proses Pengawasan

CCTV yang terkoneksi dengan internet berfungsi sebagai alat pengontrol. Bisa saja seorang manajer berada diluar negeri, namun karena beliau terkoneksi dengan CCTV kantornya, maka komunikasi Daring tersebut dapat menjadi alat pengawas bagi karyawannya yang berada di kantor.

11. Sebagai Alat Untuk Memudahkan Pengelolaan

Pabrik dan jalur distribusi letaknya selalu jauh berbeda. Untuk mendapatkan informasi terkait produk yang sudah siap diolah, maka sangat membutuhkan jalur komunikasi yang efektif. Untuk menjawab hal tersebut, komunikasi Daring bisa membantu.

12. Meningkatkan Intensitas Komunikasi

Melalui komunikasi tradisional sangat sulit dilakukan komunikasi secara maksimal. Apalagi dalam volume komunikasi yang sangat tinggi dan padat. Untuk mengatasi masalah komunikasi yang intensitasnya tinggi, kehadiran Komunikasi Daring dapat menjadi solusi.

13. Dapat Memberikan Informasi Lebih Cepat

Dulu informasi hanya dapat disampaikan oleh media cetak yang sampai kepada pembacanya bisa lama. Apalagi jika media cetak tersebut dicetak diluar kota, maka butuh alat transportasi udara atau alat transportasi darat untuk mendistribusikan ke kantor perwakilan. Setelah sampai dikantor perwakilan, kemudian didistribusikan melalui agen – agen yang ada menyalurkan kepada pembaca. Butuh durasi waktu yang cukup lama, bukan?

Sedang memakai alat Komunikasi Daring, dalam hitungan detik, kita bisa mengakses atau mengetahui informasi pasca dipublikasikan media online. Itu pula yang mungkin menginspirasi media detik.com.

14. Meningkatkan Partisipasi Komunikasi

Komunikasi Daring sangat meungkinkan partisipasi dari banyak pihak yang mau berbicara. Bisa lebih dari dua orang. Komunikasi pun bisa dilakukan dengan banyak cara, bisa melalui suara atau melalui text dan juga bisa video call.

15. Web Browsing

Apa yang dibutuhkan oleh banyak orang dalam mencari informasi dijawab dengan Komunikasi Daring. Ada banyak (search engine) mesin pencari diinternet, mulai dari Google, Yahoo dan Bing. Semua search engine tersebut dapat membantu Anda menemukan informasi .

16. Pemeliharaan

Pastinya dalam industri bisnis butuh yang namanya pemeliharaan atau maintenance. Jika kegiatan pemeliharaannya tidak jauh, maka Anda bisa melakukannya dengan datang kelokasi. Namun bagaimana jika proses pemeliharaan dilakukan dengan jarak yang jauh? Solusinya Anda bisa memakai komunikasi Daring.

17. Hiburan Alternatif

Banyak hiburan yang bisa dilihat melalui Komunikasi Daring. Anda bisa lihat siaran TV, video dan juga bermain games. Ini semua hadir menjadi pilihan hiburan selain hiburan yang sudah ada. Saking terhiburnya, banyak orang rela menghabiskan waktu di depan smartphone yang akhirnya menimbulkan penyakit sosial baru. Belum selesai orang lepas dari bahaya dari televisi, kini banyak manusia terjerat kepada penyakit ketergantungan dengan gadget.
Meski begitu, komunikasi daring selalu bisa dijadikan sebagai media hiburan untuk keluarga.

18. Membangun Komunitas

Banyak komunitas tanpa bertemu wajah di satu lokasi namun sudah terbentuk. Media yang mereka pakai adalah media daring, bisa aplikasi WA atau Telegram dan aplikasi lainnya. Uniknya, komunitas ini bisa eksis dan bertahan lama. Untuk melakukan konsolidasi mereka pun berjumpa di alam nyata guna membahas rencana kerja atau sekedar ajang silaturahim saja.

19. Membangun Opini

Dalam dunia demokrasi, opini selalu menjadi hal yang penting untuk dimainkan. Tak jarang banyak orang membuat opini dan membangunnya melalui komunikasi daring. Bagi kalangan pemerintah membangun opini bahwa kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah wajar. Sedangkan bagi kalangan oposisi kebijakan kenaikan BBM adalah bentuk inkonsisten pemerintah dengan janji kampanyenya. Selain itu, dengan naiknya harga BBM akan berdampak pada kenaikan harga – harga lainnya.

Salah satu media online sebagai alat untuk membangun opini adalah change.org .

20. Melakukan Penggalangan Dana

Kegiatan menggalang dana untuk keperluan donasi sosial masyarakat ternyata sangat efektif dilakukan. Media sosial adalah suatu sarana efektif yang membantunya. Seperti kejadian gempa di lombok, tidak jarang organisasi kemanusiaan menggalang dana melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter dan WA.

Tidak cuma menggalang dana, proses penggunaan dana pun jadi lebih mudah dilaporkan dengan komunikasi Daring.

Demikianlah informasi mengenai tujuan komunikasi daring ini kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat kepada Anda yang saat ini membutuhkan wawasan dibidang komunikasi.

3 komentar

Silahkan berkomentar