Uraian mengenai alat musik melodis Kecapi dan jenisnya
Kecapi via Google Image

Pengertian dan 16 Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern

Diposting pada

Pengertian alat musik harmonis dan contohnya akan disampaikan lengkap pada artikel ini. Semua yang berkaitan dengan alat musik harmonis bisa Anda ketahui dengan mudah. Usai membacanya, dipastikan wawasan Anda semakin bertambah terkait dengan budaya kesenian Indonesia, khususnya pada alat musik tradisional.

Baik, kita bahas mengenai arti dari alat musik harmonis dulu ya.

Alat musik harmonis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu yang mempunyai ciri – ciri yaitu dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Susunan-susunan nada yang dimainkan bersama tersebut sering disebut chord.

Disebabkan dapat menghasilkan nada, maka semua alat musik harmonis dapat berfungsi sebagai alat musik melodis. Namun sebaliknya, tidak semua alat musik melodis bisa dimainkan sebagai alat musik harmonis.

Dalam sebutan lain mengenai definisi alat musik harmonis bahwa alat musik harmonis ialah alat musik bernada, tetapi tidak dapat dibentuk.

Alat musik harmonis terbagi menjadi dua bagian, yaitu alat musik melodis tradisional dan alat musik melodis modern yang sampai saat ini keduanya masih digunakan saat acara seni pertunjukan tertentu. Meski ada beberapa alat musik yang sudah mulai ditinggalkan oleh para pemain musik.

Sedangkan fungsi alat musik harmonis yaitu digunakan untuk lebih memperindah suatu lagu atau menjadi pengiring dari melodi dan musik. Dengan demikian, artinya keberadaan alat musik harmonis sama pentingnya dengan alat musik ritmis dan alat musik melodis yang sudah pernah dibahas beberapa waktu yang lalu.

Untuk lebih mengetahui alat musik harmonis, berikut ini kami akan sampaikan mengenai contoh – contoh alat musik harmonis yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern

1. Gambus

Info tentang alat musik harmonis yang bernama Gambus
Gambus via WordPress

Gambus termasuk dalam jenis atau kelompok alat musik harmonis. Untuk lebih jelas mengenai ulasan alat musik gambus, anda bisa baca artikel yang berjudul : Alat Musik Gambus, Fungsi dan Cara Memainkannya.

2. Bonang

Artikel tentang alat musik harmonis Bonang dan penjelasannya
Bonang via WordPress

Termasuk kedalam kelompok alat musik harmonis, Bonang merupakan alat musik yang digunakan dalam gamelan Jawa. Dalam beberapa acara adat suku Jawa, Bonang masih dipakai untuk mengiringi alat musik lain.

3. Siter dan Celempung

Ulasan mengenai alat musik harmonis Siter dan Celempung
Siter dan Celempung via Blogger

Yang ketiga ini juga digolongkan sebagai alat musik harmonis yang bernama Siter dan Celempung. Kedua alat musik tersebut merupakan alat musik petik di dalam gamelan Jawa.

4. Biola

Uraian mengenai alat musik harmonis Biola dan keunikannya
Biola via Lazada

Dimainkan dengan cara di gesek, alat musik yang bernama Biola ini dikategorikan ke dalam alat musik harmonis. Dari dulu sampai sekarang, Biola masih terus digunakan oleh pemain musik. Bahkan tak jarang ditemukan mereka bermain Solo dan mampu menghibur dan memukau penonton.

5. Recorder

Informasi tentang alat musik harmonis Recorder dan cara memainkannya
Recorder via Amazon

Recorder termasuk satu jenis alat musik yang sering dipakai sebagai media dan sarana pembelajaran di sekolah. Dan dalam seni musik, Recorder termasuk menjadi alat musik harmonis.

6. Harpa

Info terkait dengan alat musik harmonis Harpa dan keterangannya
Harpa via dictio.id

Harpa (Harp) adalah jenis alat musik petik. Ada yang menyatakan alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga.

Pada informasi ini, Harpa diurutkan pada nomor 6 kategori alat musik harmonis.

7. Gitar

Artikel mengenai Alat musik harmonis yang bernama Gitar
Gitar via Vidya.Id

Pembaca tampaknya sudah tidak asing lagi dengan nama alat musik yang ini. Sering dimainkan oleh musisi yang diberi nama sebagai gitaris. Rupanya alat musik gitar termasuk atau menjadi alat musik harmonis juga.

8. Keyboard (Kibor)

Ulasan terkait dengan alat musik harmonis Kibor atau Keyboard
Keyboard via Merahputih

Kibor atau keyboard merupakan sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano. Kelebihannya, kibor bisa memainkan beragam suara, seperti trompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Dengan kibor, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band.

Di beberapa daerah ketika akan membuat acara hajatan pesta, tidak jarang paran undangan dihibur dengan mendatagkan kibor dan para biduannya.
Sama seperti gitar, Keyboard termasuk kedalam alat musik harmonis juga.

9. Piano

Uraian mengenai alat musik harmonis yang bernama Piano
Piano via bayfrontmusic.com

Piano pun rasanya tidak asing lagi ditelinga Anda. Mereka yang memainkan alat musik Piano disebut dengan Pianis. Dalam beberapa jenis musik, Piano sering digunakan sebagai genre musik instrumental.

Oh iya, kamu harus ingat, bahwa Piano juga termasuk kedalam golongan alat musik harmonis.

10. Sasando

Informasi mengenai alat musik harmonis bernama Sasando
Sasando via Kaskus

Alat musik harmonis yang ke sepuluh adalah Sasando. Alat musik Sasando merupakan sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan dipetik. Instrumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Untuk mengenal lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul : Alat Musik Sasando, Fungsi dan Gambar serta Sejarahnya

11. Saxophone

Artikel terkait info alat musik harmonis bernama Saxophone
Saxophone via hansonmusic.co.uk

Saxophone atau Saksofon merupakan instrumen yang masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument. Bahan untuk membuat Saksofon adalah logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet.

Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini, ternyata masuk dalam kelompok alat musik harmonis.

12. Sampek

Ulasan terkait dengan alat musik harmonis Sampek
Sampek via budaya-indonesia.org

Sampek atau juga dikenal dengan sebutan Sampe adalah alat musik tradisional Suku Dayak. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

Dikenal dari asal daerah Kalimantan Timur, alat musik Sampek termasuk alat musik harmonis.

13. Rebab

Review tentang alat musik harmonis bernama Rebab dan ciri khasnya
Rebab via wacana.co

Alat musik ini banyak sekali namanya. Berdasarkan informasi dari laman Wikipedia, nama alat musik ini adalah Rebab, juga rebap, rabab, rebeb, rababah, atau al-rababa adalah jenis alat musik senar yang termasuk kedalam jenis alat musik Harmonis.

14. Pianika

Info untuk artikel alat musik harmonis Pianika dan penjelasannya
Piankia via dbestcompushop.com

Nama lain Pianika adalah Melodika. Yaitu adalah alat musik tiup kecil yang dimainkan dengan tiupan langsung atau memakai pipa lentur yg dihubungkan ke mulut.

Pianika masih banyak dimaikan oleh pejalar disekolah dan termasuk kedalam jenis alat musik harmonis.

15. Harmonika

Gambar Harmonika via Google

Sama dengan suling, alat musik Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Namun, Harmonika dimainkan juga dengan cara menghisap lubang untuk menghasilkan suara.

Sebagai alat musik harmonis, Harmonika banyak dijual pada toko alat musik diberbagai daerah.

16. Violoncello

Ulasan terkait artikel alat musik harmonis Violoncello dan keterangannya
Violoncello via Youtube

Violoncello adalah sebuah alat musik gesek dan anggota dari keluarga Biola. Orang yang memainkan cello disebut cellis. Kalau dari namanya, kita merasa asing dengan alat musik ini. Namun setelah melihat gambarnya kita baru tahu bahwa alat musik harmonis ini sudah lama kita kenal.

Selain alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek, Violoncello merupakan alat musik harmonis yang keberadaannya sampai kini masik eksis diberbagai seni pertujukkan musik.

Demikian informasi mengenai pengertian dan contoh alat musik harmonis kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Jika menemukan kesalahan dalam penulisan, silahkan sampaikan komentar Anda.

Credit:
Wikipedia
_https://www.kata.co.id/
_cintaindonesia.web.id

Silahkan berkomentar