Contoh mengenai alat musik ritmis
ilustrasi via saferkidsandhomes.com

7 Fungsi Alat Musik Ritmis dan 6 Contoh Serta Penjelasannya

Diposting pada

Fungsi alat musik ritmis tediri dari beberapa kegunaan dalam sebuah alunan senandung nada atau lagu. Jika mengacu pada fungsinya secara umum, maka bisa disebut bahwa fungsi alat musik ritmis yaitu berfungsi sebagai alat musik pengiring. Bunyi suara alat musik lain (diluar alat musik ritmis) mendapat iringan darinya pada alunan musik tertentu yang sedang dimainkan.

Selain itu, fungsi alat musik ritmis juga sebagai pengatur irama atau tempo dalam sebuah alunan musik dan lagu. Dengan begitu, keberadaan alat musik ritmis sangat penting dalam mengatur irama lagu dan nada sebuah musik. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas musik yang sempurna.

Baik, untuk lebih jelasnya mengenai apa fungsi dan manfaat daripada alat musik ritmis, kami sudah mendapatkan uraian yang bisa membantu Anda memahaminya. Kita akan bahas poin per poin mengenai kegunaan dari alat musik riftmis secara lengkap dan dilengkap dengan contoh alat musiknya.

Tapi sebelumnya, jika Anda maish belum tahu mengenai arti dari alat musik ritmis, di dalam blog ini sudah pernah kami tulis mengenai topik tersebut dan silahkan Anda membacanya jika memerlukan.

Kembali kepada topik atau judul artikel fungsi alat musik ritmis, bahwa berdasarkan sumber yang kami temukan dari laman manfaat.co.id, setidaknya ada sebanyak enam fungsi dan kami tambah menjadi tujuh.

Mari kita bahas satu persatu.

ilustrasi via saferkidsandhomes.com

1. Berfungsi Untuk Koreografi

Fungsi dari alat musik ritmis merupakan sebagai dasar untuk melakukan koreografi. Supaya koreografi dapat berjalan dengan sempurna dalam suatu musik dan lagu, maka alat musik ritmis memegang peranan yang sangat penting.

Alat musik ritmis juga dapat membantu menyesuaikan langkah-langakh dalam melakukan gerakan koreografi. Sehingga para penari yang akan melakukan tarian akan mudah untuk mengingat step atau langkah yang harus ditempuh dalam satu lagu.

2. Berfungsi Mengiringi Lagu yang Memiliki Melodi Tertentu

Alat musik ritmis juga menjadi pengiring dari suatu lagu atau musik yang sedang disenandungkan. Beberapa alat musik tradisional yang pernah ada sampai sekarang, seperti rebana dan juga marakas merupakan contoh jenis alat musik ritmis yang membantu mengiringi suatu musik dan juga lagu tertentu. Biasanya, suara atau bunyi dari jenis alat musik ini akan terdengar jelas dan keras, dan akan mudah dikenal.

3. Berfungsi Untuk Harmonisasi Musik yang Indah Didengar

Fungsi dari alat musik ritmis lainnya adalah sebagai harmonisasi dari suatu musik. Pada kenyataannya, suatu musik dituntut untuk selalu ada alat musik dimainkan. Jika tidak, maka bunyi musik yang dikeluarkan tidak sempurna.

4. Berfungsi Sebagai Patokan untuk Masuk ke Dalam Bagian Lagu Tertentu

Lagu terbagi dari beberapa bagian, seperti : intro, verses, reff, dan sebagainya. Bagian – bagian tersebut biasanya, selain dipisahkan oleh nada-nada dan harmoni yang berbeda, namun juga dipisahkan oleh alat musik ritmis sebagai patokan.

5. Berfungsi Untuk Mengatur Jalannya Irama Dalam Bermusik

Irama menjadi suatu yang penting dalam menyajikan musik untuk didengar. Irama musik berbeda – beda berdasarkan genre musik yang sangat banyak sekali jumlahnya. Meski berbeda genre, alat musik ritmis masih tetap menjadi alat musik yang mengatur iramanya agar enak di dengar bagi orang yang mendengarnya.

6. Berfungsi Mengatur Tempo dari Suatu Musik

Dalam bermain musik, tempo sangat penting karena dapat menentukan cepat atau lambatnya musik dimainkan. Dan untuk mengatur cepat atau lambatnya tempo, digunakanlah alat musik ritmis.

Alat musik ritmis biasanya untuk digunakan dalam mengatur tempo adalah drum. Biasanya, dengan bantuan alat ini, maka tempo dan juga ketukan dalam suatu musik dapat diatur, cepat ataupun lambat.

7. Berfungsi Sebagai Pengarah Irama Nada dan Lagu

Dalam sebuah musik yang sedang dimainkan, berbagai alat musik disenandungkan oleh pemain. Dari semua alat musik yang disenandungkan itu, alat musik ritmis ternyata mempunyai peranan yang sangat signifikan yaitu sebagai pengarah nada dan lagu. Jadi semua alat musik harus merujuk pada intonasi bunyi yang dibawakan oleh alat musik ritmis. Jika tidak, maka akan terjadi ketidak sesuaian irama musik dan bisa membingungkan vokal.

Macam-Macam Alat Musik Ritmis

Ada banyak alat musik ritmis, namun pada kesempatan kali ini, kami sampaikan beberapa contohnya saja. Jika Anda merasa kurang, silahkan cari pada laman internet.

1. Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa via Flickr

Fungsi alat musik Tifa untuk mengatur irama atau tempo dalam sebuah alunan musik. Namun alat musik ritmis ini memiliki bentuk yang berbeda dengan Kendang sehingga bunyi yang dihasilkan pun juga berbeda meskipun cara memainkannya tetaplah sama yaitu dengan cara memukul pada bagian tertentu.

2. Kendang

Kendang via Blogger

Alat musik Kendang memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengatur irama atau tempo dalam sebuah alunan musik. Cara memainkan alat musik ritmis ini yaitu dengan cara memukulkan tangan ke kulit Kendang tersebut. Beberapa contohnya, seperti Ketipung atau Kendang kecil, Kendang Ciblon (kebar) atau Kendang menengah, dan Kendang kalih atau Kendang besar.

3. Rebana

Rebana via Wikipedia

Rebana termasuk kedalam kategori alat musik ritmis. Fungsi alat musik Rebana selain sebagai pengatur tempo atau irama, ternyata berperan sebagai pengiring dan bahkan merupakan instrumen utama yang digunakan dalam memainkan alunan musik dan lagu.

4. Kastanyet

Kastanyet via garaj.org

Alat musik ritmis ini sangat terkenal dengan fungsinya sebagai pengiring dalam tari-tarian Spanyol. Berdasarkan informasi yang ditemukan, cara memainkan alat musik ritimis Kastanyet yaitu dengan meletakkan alat musiknya di tangan kiri, kemudian tangan kanan menepuk-nepuk tangan kiri agar alat musik tersebut mengeluarkan bunyi sesuai yang diinginkan oleh pemainnya.

5. Konga

Konga via Wikipedia

Alat musik ritmis Konga berfungsi sebagai pengiring dan mengatur tempo atau irama dalam sebuah alunan musik dan lagu. Bunyi dari alat musik Konga sangat khas dibandingkan dengan alat musik Kendang.

6. Drum

Drum via Yamaha

Alat musik ritmis drum berfungsi untuk menciptakan nuansa atau alunan tersendiri yang semakin membuat alunan musik menjadi menarik. Hal ini dikarenakan drum merupakan alat musik yang dilengkapi dengan berbagai jenis simbal yang juga menghasilkan bunyi bermacam-macam.

Cara memainkan drum memang dipukul dengan menggunakan alat yang dikenal dengan sebutan stick drum atau stick.

Demikian kami sampaikan mengenai fungsi alat musik ritmis. Silahkan sampaikan komentar atau saran pada kolom komentar terkait tema kali ini.

Silahkan lihat video terkait dengan fungsi alat musik ritmis berikut ini :

Credit:
_https://manfaat.co.id/manfaat-alat-musik-ritmis
_http://gurupintar.com/threads/apa-fungsi-alat-musik-ritmis.1587/