Bunga Bagian Keunikan Pakaian Adat Bali
Bunga via tokopedia

Apa Saja Keunikan Pakaian Adat Bali? Ini 3 Penjelasan Lengkapnya

Diposting pada

Keunikan pakaian adat Bali merupakan sesuatu hal yang harus dijelaskan kepada semua orang, baik turis asing maupun wisatawan dalam negeri. Dengan penjelasan yang akan kami sampaikan ini semoga memberikan pencerahan bagi para pembaca untuk lebih jelas melihat apa saja yang unik pada budaya Bali.

Pakaian adat Bali dan keunikannya merupakan bagian dari Kebudayaan Bali yang otomatis – juga – menjadi bagian budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Sama halnya dengan budaya lainnya, keunikan dari baju, celana, aksesoris Bali menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi pendongrak naiknya jumlah wisatawan yang datang.

Perlu Anda ketahui, ada banyak budaya Bali yang sudah kami ulas pada blog ini. Mengenai keunikan pakaian adat Bali sebenarnya merupakan artikel yang kesekian kalinya dari artikel sebelum – sebelumnya. Sebelumnya kami sudah pernah mengulas mengenai alat musik tradisional Bali, pakaian adat Bali dan rental mobil di Bali. Kedepan dipastikan akan banyak lagi informasi terkait Bali kami publikasikan.

Kali ini karena masih penasaran dengan pakaian adat daerah Bali, makanya kami terus menulis mengenai keunikannya yang penuh dengan ciri khas, baik corak, warna dan desainnya. Dari model tradisional, kini sudah banyak pakaian adat Bali yang didesain menjadi model pakaian modern ala Bali dan dikenakan oleh kalangan selebritis. Dan bukan cuma artis, para bule pun suka mengenakan pakaian adat Bali lho! Bagaimana dengan kamu?

Keunikan Pakaian Adat Bali
Bule mengenakan pakaian adat Bali via IDNTime

Sebenarnya, tidak pernah ada rasa sudah dalam membahas mengenai pakaian adat Bali. Banyak celah yang bisa dijadikan bahan review atau ulasan. Dan ini masih membahas mengenai pakaian, belum lagi kita bahas mengenai destinasi wisata di Bali yang ‘WOW!’. Raja Salman beserta keluarga besarnya memilih liburan ke Bali. Begitu juga dengan mantan Presiden AS Barack Obama. Meski tidak semua warga Indonesia bisa liburan ke Bali, he he..

Baiklah, berikut kita akan bahas satu persatu mengenai keunikan pakaian adat Bali versi kami ya.

Simak informasinya dibahwa ini.

1. Mengandung Nilai Filosofi

Ada yang sebut ada nilai filosofi agama pada pakaian adat Bali. Meski kalau kita jujur, agama Hindu sebenarnya adalah agama budaya, bukan agama wahyu seperti agama Islam. Dalam agama Hindu banyak dikenal dewa- dewa, bukan nabi atau rosul.

Meski begitu, konon pakaian adat Bali yang berwarna putih diklaim melambangkan kesucian dan Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan katanya juga melambangkan darma.

Selain itu, pemakaian selendang pada wanita mempunyai makna sebuah pengabdian terhadap orang tua. Bagaimana orang tua mendidik anak, maka seorang anak tidak boleh durhaka terhadap orang tua. Hal itu terkandung pada selendang yang dikenakan wanita Bali.

2. Pakaian Tidak Menggunakan Penutup Bahu

Tentu kalau dibandingkan dengan etika dalam Islam, pakaian adat Bali ini melanggar syariat. Tetapi karena memang bukan lahir dari ajaran Islam, maka sampai saat ini pakaian adat Bali tidak menggunakan penutup Bahu.

Rupanya jika dilihat lebih jauh lagi, bukan saja bahu yang tidak tetutup, melainkan juga lengan.

3. Bunga

Bunga cempaka kuning dan bunga cempaka putih atau bunga kamboja menjadi aksesoris yang selalu ada ketika seorang pria dan wanita mengenakan pakaian adat tradisional Bali.

Nilai yang terkandung, bunga identik dengan keharuman. Jadi pakaian adat Bali tidak bisa tidak ada aroma harum saat dikenakan. Harum bukan sembarang harum, melainkan harum yang alami dari unsur bunga bukan parfum atau minyak wangi lain yang sudah diolah oleh industri minyak wangi.

Dampak dari pemakaian bunga memberikan ruang gerak bagi para petani bunga sekaligus membuka lapangan kerja dan menaikkan pendapatan ekonomi daerah Bali.

Untuk menambah informasi mengenai keunikan dari pakaian adat Bali, anda bisa lihat pada laman ini. Kami sudah membahasnya beberapa waktu yang lalu.

Demikian kami sampaikan mengenai keunikan pakaian adat Bali. Semoga memberikan pencerahan kepada pembaca. Pesan kami jangan sungkan untuk memberikan saran, kritik dan komentar untuk kemajuan blog ini ya.

Silahkan berkomentar