Rumah Khas Kalimantan Barat
Rumah Adat Baluk via Blogger

4 Rumah Adat Kalimantan Barat, Gambar dan Keterangannya

Diposting pada

Rumah adat Kalimantan Barat (Kalbar) merupakan salah satu dari sekian banyak rumah adat di Indonesia yang termasuk sebagai budaya Indonesia. Semua setuju bahwa keberadaan rumah tradisional Kalbar mendapat perhatian pemerintah guna dijaga kelestariannya dari masa ke masa.

Gambar dan keterangan mengenai rumah adat Kalimantan Barat bisa ditemukan dengan mudah melalui lama media internet. Kita cukup browsing pada mesin pencari, ketik kata kunci, maka dengan cepat informasi mengenai macam – macam rumah adat Kalimantan Barat muncul pada lini masa komunikasi daring.

Melihat posisi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Sarawak bagian dari negara tetangga yaitu Malaysia mengingatkan kita akan peranan budaya serumpun Melayu. Selain itu, Kalimantan Barat disebut juga sebagai provinsi seribu sungai, karena provinsi ini memiliki banyak sungai kecil dan sungai besar yang digunakan sebagai jalur utama angkutan untuk masuk kepedalaman.

Beribukota-kan Pontianak, Kalimantan Barat pada prinsipnya sama dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia, yaitu memiliki beragam suku dan sosial budaya, seperti pakaian adat dayak dan rumah adat. Keduanya sangat dipengaruhi corak dayak dan corak Melayu.

Sebelum kita bahas mengenai rumah adat Kalimantan Barat, ada baiknya kami sampaikan bahwa pada blog ini sudah ditulis juga mengenai tema rumah adat di daerah lain, seperti rumah adat Kalimantan Tengah, rumah adat Kalimantan Timur dan rumah adat Palembang. Anda bisa membacanya usai selesai membaca aritkel ini.

Inilah Rumah Adat Kalimantan Barat dan Penjelasannya

1. Rumah Adat Betang Radakng

Rumah Adat Kalimantan Barat
Rumah Adat Betang Radakng via d2rentalmobilpontianak.com

Dalam bahasa Indonesia, rumah adat Betang Radakng disebut rumah panjang atau rumah Betang yang diambil dari bahasa Dayak Kanayatn. Rumah Radakng dirancang guna menampung sampai 600 orang di ruang utama. Mempunyai area halaman yang luas sehingga bisa digunakan pada acara budaya lokal.

Jika memiliki panjang sekitar 138 meter dan tingginya 7 meter itu dipastikan paling mewah di Kalimantan yang berada di daerah perkotaan.

Baca : Rumah Adat Padang Sumatera Barat

2. Rumah Adat Betang

Rumah Tradisional Kalimantan Barat
Rumah Adat Betang via getborneo.com

Jika dilihat, bentuk dan besar rumah adat Betang bervariasi, tergantung seberapa besar dan banyak keluarga mereka. Biasanya dihuni oleh keluarga besar suku Dayak, rumah Betang bisa mempunyai panjang mencapai 150 meter dan lebar hingga 30 meter bahkan ada yang lebih.

Umumnya rumah Betang di bangun dalam bentuk panggung dengan ketinggian tiga sampai lima meter dari permukaan tanah. Tujuan dari rumah panggung tersebut untuk mengantisipasi datangnya banjir.

Uniknya, mereka hidup bersama dan berkelompok dalam satu rumah secara turun menurun (tradisi). Setiap rumah tangga (keluarga) menempati satu bilik (ruangan) yang di sekat-sekat dari rumah Betang yang besar tersebut, di samping itu pada umumnya suku Dayak juga memiliki rumah-rumah tunggal yang dibangun sementara waktu untuk melakukan aktivitas perladangan, hal ini disebabkan karena jauhnya jarak antara ladang dengan tempat pemukiman penduduk.

3. Rumah Adat Baluk

Rumah Khas Kalimantan Barat
Rumah Adat Baluk via Blogger

Rumah adat Baluk adalah rumah suku dayak Bidayuh. Bentuknya jika dilihat sangat berbeda dibandingkan dengan rumah adat suku-suku dayak lainnya.

Rumah adat ini difungsikan oleh masyakat Suku Dayak Bidayuh dalam acara ritual tahunan (nibak’ng) setelah usai musim menuai padi dan untuk menghadapi musim penggarapan ladang tahun berikutnya. Biasanya jatuh pada tanggal 15 Juni.

Bentuknya bundar dan berdiameter kurang lebih 10 meter dengan ketinggian kurang lebih 12 meter dan disanggah sekitar 20 tiang kayu dan beberapa kayu penopang lainnya serta sebatang tiang digunakan sebagai tangga yang menyerupai titian. Makna dibalik ketinggian bangunan rumah adat ini adalah menggambarkan kedudukan atau tempat Kamang Triyuh yang harus dihormati.

4. Rumah Adat Melayu

Rumah Adat Melayu Kalimantan Barat
Rumah Adat Melayu Kalimantan Barat via Brothertrans.com

Melayu bukan cuma di provinsi Riau saja, di Kalimantan Barat juga ditemukan rumah adat Melayu yang terdiri dari Balai Kerja yang berfungsi sebagai Seketariat Pertemuan Balai Rakyat, taman bermain, kios penjualan. Semua ruangan yang adi rumah adat Melayu Kalimantan Barat memiliki fungsi masing – masing. Mulai dari fungsi acara adat, pengobatan, penginapan dan pentunjukkan acara – acara lainnya.

Rumah adat Melayu ini adalah pusat dari kebudayaan Melayu yang ada di Kalimantan Barat. Pasca diresmikan, rumah adat Melayu kini menjadi destinasi wisatawan dari luar negeri.

Kegiatan musyawarah untuk mengambil suatu keputusan juga memakai rumah adat Melayu. Majelis adat sebagai pihak yang sering melakukannya.

Bangunan rumah adat Melayu Kalbar ini dengan atapnya yang diduga mendapat pengaruh dari bentuk atap bangunan Jawa. Manfaat dari model atap segitiga dengan tinggi 30 derajat agar udara panas tidak terperangkap dalam ruangan rumah tersebut. Selain itu, terdapat kolong tinggi dibagian bawah rumah yang digunakan untuk tempat memarkir kendaraan bagi pengunjung yang datang. Atau pada hari biasa digunakan untuk kenderaan warga setempat.

Demikian kami sampaikan mengenai rumah adat Kalimantan Barat, gambar dan keterangannya kepada pembaca. Semoga informasi ini memberikan manfaat kepada pembaca sekaligus mengarsipkan budaya Indonesia dalam format digital. Jangan lupa bagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Baca : Rumah Adat Riau Melayu

Credit:

Wikipedia

_https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/04/03/rumah-adat-kalimantan-barat/

Silahkan berkomentar