Rumah Adat Kalimantan Tengah
Rumah Betang Muara Mea via Twitter

7 Rumah Adat Kalimantan Tengah, Gambar, Nama dan Keterangannya

Diposting pada

Rumah adat Kalimantan Tengah (Kalteng) disertai gambar, nama dan keterangannya lengkap kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Keinginan menyampaikan mengenai rumah tradisional Kalteng memang sudah sejak lama ada, meski baru kesampaian sekarang.

Bicara mengenai rumah adat Kalimantan Tengah dan penjelasannya memang suatu judul yang menarik pada zaman sekarang, mengapa? Karena saat ini sudah banyak budaya luar masuk ke Indonesia dan mempengaruhi budaya lokal Indonesia. Jangan heran jika banyak generasi muda yang tidak kenal dengan budaya Indonesia yang asli. Kejadian ini harus jadi evaluasi kita bersama sebagai warga Indonesia.

Maka dari itu, kami pun tak kenal lelah dan terus menyampaikan informasi mengenai rumah adat Kalimantan Tengah melalui blog di internet dengan media komunikasi daring. Dan jujur kami katakan kepada pembaca, dalam blog ini sudah banyak sekali ulasan mengenai budaya Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Kami merasa ulasan tentang rumah adat menjadi sesuatu yang penting untuk disampaikan dari waktu kewaktu.

Beberapa waktu yang lalu, kami sudah sampaikan rumah adat Aceh, rumah adat Jawa Tengah dan rumah adat Sumatera Barat serta rumah adat Riau. Anda bisa dengan mudah membacanya jika perlu. Namun jika Anda ingin melihat langsung, sekalian berwisata, Anda bisa mengunjungi daerah yang dituju memakai transportasi darat atau transportasi laut.

Budaya yang ada di Kalimantan Tengah beraneka ragam. Jika Anda mengunjungi, maka selain rumah adat, Anda juga bisa temui pakaian adat Kalimantan yang memiliki ciri khas menarik serta mengandung nilai filosofis tersendiri.

Nah, tekait dengan rumah adat Kalimantan Tengah, baru kali ini bisa dikerjakan. Sebelum anda membacanya, ada baiknya kami sampaikan pentingnya menjadi pembaca yang cerdas. Apa itu pembaca cerdas? Anda jangan hanya mendapat dari satu sumber saja. Bisa saja info mengenai rumah adat Kalimantan Tengah dari kami benar, tapi sebaiknya Anda membandingkan dengan info dari yang lain.

Nama Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Keterangannya

1. Rumah Betang Muara Mea

Rumah Adat Kalimantan Tengah
Rumah Betang Muara Mea via Twitter

Rumah adat Betang Muara Mea ini letaknya tepat berada di Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Rumah tradisional ini dibangun sebagai bentuk melestarikan budaya yang ada disebelah tersebut. Kini rumah khas Kalimantan Tengah ini dijadikan sebagai sebuah destinasi wisata di Desa Muara Mea. Anda bisa menikmati keindahan rumah adat suku Dayak yang masih sangat alami. Lokasinya sangat dekat dengan Taman Nasional Gunung Lumut.

Rumah tradisionil ini awalnya memang sangat sederhana tapi nilai budaya masih sangat asri dan patut untuk dilestarikan. Rumah betang Muara Mea hanyalah satu dari sekian banyak rumah Betang yang ada di Kalimantan Tengah. Namun, itu bisa menjadikan anda mengenal dan mengetahui rumah dari masyarakat Dayak yang masih terus dipelihara.

Baca : Alat Pengaman Rumah

2. Rumah Betang Tambaba

Rumah Tradisional Kalimantan Tengah
Rumah Betang Tambaba via destinasipariwisata.com

Rumah adat ini merupakan rumah suku Dayak yang ada di wilayah Kalimantan Tengah. Bila anda berkunjung ke rumah Betang tersebut maka anda bisa merasakan seperti hidup sebagai suku Dayak. Bahan yang dipakai dalam membuat rumah betang masih alami dari kayu ulin.

Struktur dari rumah Betang yang dibuat berdasarkan atas kepercayaan masyarakat Dayak. Stuktur mulai dari tiang rumah ini masih menggunakan kayu ulin. Berbagai tempat yang ada di dalamnya masih sama seperti dahulu. Di mana mempunyai fungsi yang berbeda sesuai dengan adat istiadat dari masyarakat Dayak. Rumah Betang Tambaba menjadi salah satu cagar budaya di Kalimantan Tengah.

Baca : Rumah Adat Palembang

3. Rumah Betang Pasir Panjang

Rumah Khas Kalimantan Tengah
Rumah Betang Pasir Panjang via Blogger

Berdasarkan letak geografis, rumah adat Betang Pasir Panjang ini terletak di daerah Pangkalan Bun, yang menjadi ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat. Mudah sekali menemukan rumah Betang di wilayah tersebut, karena memang kebanyakan masyarakat daerah sekitar yang tinggal di desa tersebut merupakan masyarakat Dayak.

Tradisi dari leluhur yang masih dipegang erat dan menjadi salah satu yang terus dilestarikan bahkan sampai sekarang. Hampir 3000 orang suku Dayak yang tinggal di tempat tersebut. Akan tetapi, kalau anda mau berkunjung ke tempat tersebut anda akan disambut dengan baik. Bahkan anda akan disuguhkan dengan adat dan budaya khas dari mayarakat dayak. Mulai dari upacara adat, kesenian, bahkan sampai tari-tarian masih sering dilakukan oleh masyarakat Pasir Panjang. Jika anda melihat rumah betang yang ada di tempat tersebut, maka anda bisa menyaksikan rumah yang masih alami.

4. Rumah Betang Toyoi

Kumpulan Rumah Adat Kalimantan Tengah Yang Unik
Rumah Betang Toyoi via Youtube

Rumah Betang yang terdapat di desa tumbang malahoi yang diberi namai Toyoi karena pendiri rumah Betang bernama Toyoi Panji. Tidak tahu pastinya kapan rumah ini dibangun. Akan tetapi usai kayu ulin yang merupakan bahan pembuat rumah Betang bisa mencapai usia 150 tahun. Meskipun, rumah Betang Toyoi mengalami pemugaran akan tetapi keaslian dari rumah tersebut masih sangat dijaga. Di dalamnya masih menggunakan kayu Ulin sebagai bahan utama. Kemudian dibagikan luarnya dilapisi dengan kulit kayu.

Hal menarik yang bisa ditemukan di tempat ialah bentuk tiang yang bulat persegi. Masih menjadi pertanyaan bagiamana orang bisa membentuknya dengan alat yang sederhana. Rumah sama sekali tidak menggunakan paku dan masih bisa kokoh sampai sekarang. Sebuah tempat yang tidak boleh anda lewatkan.

Baca : Rumah Adat Sulawesi Tenggara

5. Rumah Betang Damang Batu

Nama Rumat Adat Tradisional Kalimantan Tengah
Rumah Betang Damang Batu via Blogger

Rumah Betang ini terletak di wilayah desa Tumbang Anoi. Yang mana tepat berada di kecamatan Kahayan Hulu Utara, Gunung Mas. Ada banyak sekali pilihan jalur yang bisa anda tempuh untuk sampai ke tempat tersebut. Anda bisa menggunakan mobil dari Palangkaraya dan langsung sampai ke lokasi.

Rumah Betang Damang Batu ini mempunyai karakteristik seperti halnya rumah Betang lainnya. Di mana rumah menghadap ke sungai Kahayan. Rumah ini berdasarkan beberapa sumber dibangun oleh Tamanggung Runjan yang merupakan penduduk Tewah pada 1868.

6. Rumah Betang Desa Tumbang Bukoi

Rumah Tradisi Kalimantan Tengah
via Blogger

Sangat jarang ditemukan rumah betang yang merupakan tempat tinggal asli suku Dayak yang masih asli. Banyak rumah betang yang ditemukan merupakan bangunan yang sudah dipugar atau dibangun kembali, termasuk Rumah Betang yang ada di desa Tumbang Bukoi tepat wilayah Mandau Talawang. Walaupun demikian, rumah Tumbang Bukoi masih dibangun dan disesuaikan dengan rumah betang aslinya. Di mana masih dibuat dengan menggunakan kayu ulin sebagai bahan utama. Hal ini guna memberikan pengetahuan kepada para pengunjung agar mengetahui bahwa memang rumah betang ini merupakan sebuah ciri dari suku daya yang hidup secara komunal.

Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat suku Dayak pusatnya di rumah betang ini. Sebuah tradisi yang memang menunjukan sebuah keharmonisan dalam lingkungan masyarakat yang tinggal secara berdama dengan damai.

Baca : Rumah Adat Jawa Barat

7. Rumah Betang Sei Pasah

Rumah adat terbaru Kalimantan Tengah
via Youtube

Sama seperti namanya Rumah Betang ini letaknya berada di Desa Sei Pasah, Kapuas Hilir, Kapuas, Kalimantan Tengah. Kalau anda menyempatkan untuk melihat rumah ini maka letaknya tepat di tepi Sungai Kapuas Murung, hanya kisaran 200 meter saja. Sebetulnya ini bisa dibilang merupakan rumah yang lama yang telah dibangun atau dipugar kembali. Sebab rumah yang sebelumnya sudah berada terlebih dahulu hanya menyisakan tiang.

Rumah Betang ini awalnya milik dari Talining E Toepak. Sayangnya dalam pembangunan rumah ini mengalami keterbatasan bahan baku berupa kayu ulin (kayu besi). Akan tetapi dengan segala hal tadi akhirnya rumah ini berhasil berdiri dan suasana yang diberikan dari rumah ini bisa dibilang sangatlah modern. Namun, anda masih bisa merasakan suasana Suku Dayak kala tinggal di rumah betang. Di belakang rumah juga terdapat kuburan atau sanding.

Sanding merupakan kepercayaan dari agama Kaharingan, di mana tulang dikumpulkan dan ditaruh di sadung. Terdapat pula patung penjaga yang seperti sebuah ucapan selamat datang. Kini Rumah Betang Sei Pasah telah dijadikan sebagai sebuah museum, tempat menyimpan berbagai benda adat dan bersejarah dari suku asli Kalimantan (dayak).

Demikian kami sampaikan informasi rumah adat Kalimantan Tengah disertai keterangannya. Semoga bermanfaat kepada pembaca. Sebagai bagian dari budaya Indonesia, rumah adat harus terus dijaga keberadaannya, jangan sampai punah ditelan zaman. Sifat bangga terhadap budaya sendiri harus terus ditumbuhkan dalam setiap diri warga Indonesia.

Credit: Wikipedia, Google

2 komentar

Silahkan berkomentar