Nama Rumah Adat Jawa Tengah
Rumah Joglo Jawa Tengah via Wacana.co

Rumah Adat Joglo Jawa Tengah, Gambar dan Keunikan serta Keterangannya

Diposting pada

Rumah adat Joglo Jawa Tengah (Jateng) merupakan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dari masa kemasa, sampai keanak cucu dan cicit. Rumah tradisional Jawa Tengah ini memiliki banyak keunikan yang menarik perhatian mata saat memandangnya. Banyak gambar dan keterangannya bisa Anda temukan melalui laman internet, baik rumah Joglo yang sudah di modifikasi maupun yang masih original.

Rumah adat Joglo Jawa Tengah adalah ciri khas lain selain pakaian adat Jawa Tengah. Dan sampai saat ini eksistensi rumah adat ini masih terjaga oleh masyarakat setempat. Dalah satu ciri khas dari rumah adat Joglo Jawa Tengah adalah mempunyai teras yang luas tanpa sekat. Dimana tujuan dari teras yang luas difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan acara keluarga dan hiburan. Contoh kegunaannya untuk acara pesta pernikahan pria dan wanita, Hajatan (syukuran), acara pertunjukkan Wayang serta acara-acara adat lainnya yang sudah menjadi tradisi turun temurun.

Sedang pada bagian depan, bentuk rumah tradisional Joglo Jawa Tengah berupa persegi panjang dan memiliki pintu yang terletak tepat di bagian tengah. Sejarah menyatakan rumah adat Joglo yang sedang dibahas ini hanya dipakai oleh orang yang kaya. Mereka yang membangun rumah Joglo untuk melambangkan tingkat kesejahteraan sebuah keluarga. sehingga dahulu rumah ini hanya di miliki oleh orang yang kaya raya.

Baca >> Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat Joglo Jawa Tengah juga memiliki 4 (empat) tiang utama yang posisinya di bagian tengah dan dinamakan sebagai Saka Guru.

Dampak dari keberadaan rumah adat Jawa Tengah ini adalah membedakan mana orang kaya dan miskin pada masanya. Dari sekian ribu orang, mungkin hanya sekian persen saja yang bisa membangun rumah tradisional itu. Dipastikan orang yang punya rumah Joglo memiliki banyak pembantu untuk mengurusi rumahnya yang besar.

Gambar Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Berikut ini beberapa gambar terkait rumah adat Joglo Jawa Tengah yang bisa Anda lihat. Gambar rumah adat ini kami temukan dilaman internet. Jika Anda masih butuh gambar lain, Anda bisa lihatnya pada laman Google Image.

Rumah Adat Joglo Jawa Tengah
Rumah Joglo via Blogger
Rumah Tradisional Jawa Tengah
Rumah Joglo via Blogger
Nama Rumah Adat Jawa Tengah
Rumah Joglo Jawa Tengah via Wacana.co

3 Keunikan Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

1. Teras Luas & Tanpa Sekat

Teras luas tanpa sekat pada rumah adat Joglo Jawa Tengah memberikan banyak fungsi. Salah satunya bisa menikmati kebersamaan sesama warga Jateng dalam satu teras. Apalagi teras yang luas itu tiada sekat pembatas, mirip seperti lapangan jadinya.

Baca >> Rumah Adat Aceh

Ternyata teras yang luas berfungsi menggelar berbagai acara, baik acara keluarga maupun acara bersama. Dengan begitu tidak perlu lagi menyewa tempat pada saat membuat acara. Bisa dilakukan dirumah saja.

2. Mempunyai 4 Tiang

Konon 4 tiang itu bernama Saka Guru yang mempunyai arti, saka guru adalah: tiang utama rumah. Kiasan sesuatu yang menjadi penegak sebuah bangunan yang dalam rumah adat Joglo berjumlah 4 tiang.

3. Hanya Orang Kaya

Secara langsung, eksistensi rumah adat Joglo Jawa Tengah menunjukkan perbedaan kelas sosial di masyarakat. Karena bagi mereka yang termasuk ekonomi lemah dipastikan tidak bisa membangun rumah adat tersebut. Meski begitu, keberadaan rumah adat Joglo ini dapat merekrtut tenaga kerja disebabkan banyak hal yang harus dikerjakan dan pemilik rumah tidak akan sanggup menangani sendiri. Apalagi ketika membuat sebuah pagelaran acara.

Baca >> Rumah Adat Riau Melayu

Penutup

Setiap daerah memiliki rumah adatnya masing – masing. Dengan segala bentuk dan coraknya, Rumah adat Joglo Jawa Tengah adalah bagian dari budaya asli Indonesia. Maka dari itu, warga setempat harus selalu melestarikannya. Jangan sampai hilang ditelan zaman.

Selain rumah adat Joglo, daerah Jawa Tengah juga mempunyai rumah adat lain, seperti rumah adat Panggangpe, rumah adat Tajug, rumah adat Kampung, dan rumah adat Limasan. Dilain waktu akan kita bahas satu persatu sisanya.

Credit:
Wikipedia
_https://www.maszain.com/2017/01/5-rumah-adat-jawa-tengah.html

3 komentar

Silahkan berkomentar