Alat Musik Tradisional Saluang
via pemudafm.com

Alat Musik Saluang, Gambar, Jenis dan 4 Fungsinya Yang Unik (Lengkap)

Diposting pada

Alat musik Saluang merupakan alat musik tradisional Indonesia. Lebih lanjut, Saluang dikenal sebagai alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar) yang memiliki banyak nama – nama alat musik tradisional.

Terbuat dari bambu tipis atau talang, Saluang adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia dalam bidang kesenian musik tradisional. Beberapa acara kesenian daerah masih memakainya. Bukan sekedar mengenalkan alat musik Saluang, namun lebih kepada upaya menjaga budaya lokal agar tidak pupus di telan zaman.

Alat musik Saluang ini termasuk dari golongan alat musik suling, tetapi lebih sederhana pembuatannya, yaitu dengan melubangi empat lobang saja. Dengan begitu, Saluang dimainkan oleh satu orang saja. Meski dalam pementasannya, bisa lebih dari satu orang yang memainkan, hanya saja satu orang pegang satu Saluang.

Konon, pemain alat musik Saluang ini adalah seorang pria yang bernama Idris Sutan Sati dengan penyanyinya Syamsimar.

Baca >> Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Memiliki panjang kira-kira 40-60 cm, dengan diameter 3-4 cm, Saluang diyakini oleh orang zaman dahulu (warga setempat) mempunya nilai keramat. Bahkan para pemainnya selalu membaca mantra saat hendak memainkannya. Mantra yang ada bertujuan menghipnotis para penonton yang hadir.

Adapun mantera itu dinamakan Pitunang Nabi Daud. Isi dari mantera itu kira-kira : “Aku malapehan pituang Nabi Daud, buruang tabang tatagun-tagun, aia mailia tahanti-hanti, takajuik bidodari di dalam sarugo mandanga bunyi saluang ambo, kununlah anak sidang manusia……” dan seterusnya, seperti dilansir Wikipedia.

3 Gambar Saluang dan Keterangan Singkatnya

Terkait gambar Saluang, sebenarnya banyak bisa ditemukan pada laman internet. Beribu orang yang mengupload gambar alat musik Saluang dengan berbagai macam variasi.

Gambar Saluang yang kami tampilkan ini hanyalah sebagai sample saja.

Alat Musik Saluang
Saluang via Wikipedia
Alat Musik Tradisional Saluang
via pemudafm.com
Alat Musik Daerah Khas Minang
via Kamerabudaya

Jenis Alat Musik Saluang

Terkait dengan jenisnya, Saluang dangdut, Saluang Minang, Saluang klasik. Masing – masing mempunyai ciri khas dan keunikannya sendiri. Yang populer saat ini adalah Saluang dangdut karena dengan seiring trennya musik dangdut di Indonesia.

Ketiga jenis Saluang diatas dengann udah bisa Anda temukan. Bisa ditemukan pada toko penjual alat musik atau studio band. Untuk sekedar mengetahui deskripsinya, bisa melalui media internet.

Baca >> Alat Musik Tradisional Bali

Fungsi Alat Musik Saluang

Seperti pada alat musik tradisional pada umumnya. Saluang berfungsi tidak jauh beda, yaitu untuk memberikan hiburan kepada warga setempat dalam pagelaran acara daerah. Meski beberapa orang yang memainkan alat musik Saluang hanya untuk mengisi kekosongan waktu, seperti seorang penggembala kerbau yang sedang sendirian menjaga hewannya. Atau bisa juga seperti seorang yang sedang menjaga tanaman padinya dari ancaman burung yang memakannya.

Secara garis besar, berikut 4 Fungsi Alat Musik Saluang :

  1. Untuk pengiring dendang (nyanyian), umumnya didendangkan oleh beberapa wanita.
  2. Untuk memeriahkan Acara Kesenian Daerah.
  3. Mengiringi pertunjukan, acara acara adat, upacara, dimainkan saat memanen padi, dan lain lain.
  4. Berfungsi sebagai alat musik tradisional yang di pajang pada museum. Berguna untuk jadi objek wisata.

Baca >> Alat Musik Tiup Tradisional

Jika kita kreatif, maka fungsi dari alat musik saluang bisa lebih dari empat. Mungkin bisa sampai sepuluh atau dua belas.

Penutup

Saluang menjadi sebuah identitas dari banyaknya identitas budaya dan kesenian serta adat di Indonesia. Dengan begitu, alat musik Saluang harus mendapat perhatian khsusus dari kita semua sebagai warga negara yang cinta budaya. Pemerintah Indonesia (Daerah dan Pusat) harus terus didorong untuk melestarikan khazanah budaya bangsa. Jangan sampai budaya yang sudah turun temurun jatuh atau diambil negara lain.

Demikian informasi alat musik Saluang ini kami sampaikan dan semoga memberikan manfaat untuk Indonesia raya.

4 komentar

Silahkan berkomentar