Nama Pakaian Adat Bali
Kamen via Satujam.com

11 Nama Pakaian Adat Bali Denpasar dan Keterangannya

Diposting pada

Nama pakaian adat Bali menarik untuk dikenali satu persatu. Sebagai budaya asli Indonesia, nama pakaian tradisional Bali mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan pakaian adat daerah lain yang ada di Indonesia. Keunikan nama pakaian adat Bali sebaiknya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan selain destinasi wisata Bali.

Bali adalah daerah wisata yang sudah dikenal dunia internasional. Sampai – sampai ada warga Indonesia yang merasa aneh saat ketemu dengan orang luar negeri. Saat dia memperkenalkan diri dengan sebut tinggal di Indonesia, orang asing tidak tahu, namun saat disebut Bali, baru tahu. Tapi ini hanya cerita dulu. Sekarang nama negara Indonesia Raya sudah lebih populer. Bahkan Raja Salman berliburnya ke Bali.

Bagi yang perlu kenali nama pakaian adat Bali, sebenarnya banyak media yang bisa dipakai. Anda bisa mengetahuinya melalui media internet atau media daring. Di internet dewasa ini ada banyak informasi beragam seputar adat dan budaya Bali, mulai dari rumah adat Bali, alat musik tradisional Bali sampai senjata tradisional Bali itu sendiri.

Selain internet, di perpustakaan juga banyak ditemukan buku yang mengulas mengenai budaya Bali. Hanya saja, banyak manusia sekarang lebih nyaman memakai alat komunikasi modern (baca : internet) untuk menemukan informasi yang dicari. Mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing adalah alat bantu bagi pengguna internet guna mendapatkan informasi lengkap mengenai budaya Bali.

Banyak nama pakaian adat Bali, setidaknya ada puluhan jumlahnya. Dan kabar baiknya, Anda bisa temukan semua di laman ini. Kami sudah mengarsipkannya. Bukan cuma budaya Bali saja, ada rental mobil Bali juga. Kami senang melakukannya. Ya, ini adalah wujud kecintaan kami kepada budaya Indonesia agar terus lestari dari zaman ke zaman now dan setelahnya.

Sebenarnya bagi mereka mengaku sebagai warga Indonesia belum tentu dijamin mereka kenal dengan pakaian adat dari Bali. Indonesia dengan jumlah 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010 tentu bukan hal yang mudah untuk diingat masing – masing pakaian adatnya. Oleh sebab itulah, kami rasa penting untuk membuat arsip dalam bentuk digital.

Berikut Ini Nama – Nama Pakaian Adat Bali Disertai Gambarnya

1. Kamen

Nama Pakaian Adat Bali
Kamen via Satujam.com

Nama pakaian adat ini adalah kain tradisional Bali yang berbentuk persegi. Pria dan wanita di Bali biasa memakainya.

Kain tipis adalah bahan dari pakaian adat Bali. Dan cara memakainya dengan dengan cara diikatkan atau dililitkan pada tubuh seseorang.

2. Baju Safari (Jas Berkerah)

Pakaian Adat Bali
Baju Safari Bali via Tokopedia

Nama baju safari nampaknya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Dan berikut ciri khas dari baju Safari Bali.

Nama pakaian adat Bali ini digunakan pria dengan sejenis kemeja tertutup dengan kancing dan juga berkerah. Kebanyakan baju yang dipakai adalah berwarna putih.

Bajunya kadang ada yang bersaku di sebelah kiri dada, ada juga yang tidak. Yang penting pakaiannya rapih, bersih dan sopan tentunya. Dan saat dipadukan dengan pendukung baju yang lainnya tetap terlihat selaras dan indah dipandang.

3. Udeng

Gambar Udeng Bali
Udeng Bali

Selanjutnya adalah nama pakian adat bali yang dikenal dengan sebutan Udeng. Udeng merupakan sejenis ikat atau penutup kepala yang biasa dipakai oleh para pria Bali. Tidak kalah dengan yang lain, bisa dibilang Udeng ini merupakan elemen penting dalam pemakaian pakaian adat Bali. Tanpa Udeng, rasanya tidak sempurna kelengkapan pakaian adat tradisional Bali.

4. Saput Bali

Pakaian Tradisional Daerah Bali
Saput Bali via Blogger

Kemudian yang perlu dikenali adalah nama pakaian Saput Bali.

Saput bisa dibilang sejenis kain bercorak yang biasa dikenakan di bagian lapisan atas kamen. Jadi pemakaiannya dikenakan setelah kamen terpakai dengan sempurna.

5. Saput Poleng Bali

Saput memiliki arti selimut atau kain dan poleng berarti berwarna dua. Namun saat ketika orang Bali mengatakan bahwa Saput poleng mereka tidak mengacu pada kain dua warna. Karena kain kotak-kotak hitam dan putih ini memiliki makna spiritual khusus dan hanya digunakan di lokasi tertentu dan hanya dipakai oleh orang-orang tertentu pada peristiwa tertentu.

6. Sabuk Selendang Bali

Corak Pakaian Adat Bali
Sabuk Selendang Bali via Hidupsimpel.com

Pada berikut ini kita kenali nama pakaian adat Bali yang bernama Sabuk.

Sabuk tradisional Bali yakni berupa kain yang diikatkan dengan simpul hidup di pinggang setelah kamen dan Saput.

Munurut sejarah, dari penggunaan pakaian adat ini diyakini penduduk bali bisa mengendalikan diri dari hal-hal buruk. Yang mana hal ini sangat penting kiranya bagi seorang pria warga Bali itu sendiri.

 

Bagi yang ingin mengetahui 11 nama pakaian adat Bali bisa baca artikel ini >> 11 Pakaian Adat Bali <<

Demikian informasi mengenai nama pakaian adat Bali ini kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat kepada pembaca dan negara Indonesia. Jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan berbagi kebaikan kepada sesama.

Silahkan berkomentar