Rumah Adat Sulawesi Tengah
Rumah Tambi via Lengkapkebudayaan.com

3 Rumah Adat Sulawesi Tengah Palu : Gambar, Nama dan Penjelasannya

Diposting pada

Rumah adat Sulawesi Tengah (Palu) dan gambar serta penjelasannya bisa Anda temukan pada laman ini. Beberapa jenis pakaian tradisional Sulteng merupakan ciri khas budaya lokal yang harus dilestarikan oleh kita bersama sebagai warga megara Indnesia.

Mempunyai beberapa lagu daerah, seperti : Tananggu Kaili, Tondok Kadadingku, Rano Poso dan Banggai, Sulawesi Tengah memiliki beberapa juga rumah adat yang memang harus kita kenali bersama. Karena eksistensi rumat adat Sulawesi Tengah ini termasuk objek wisata yang bisa meningkatkan jumlah wisatawan asing.

Menurut data jumlah penduduk Sulteng mencapai 2,839 juta pada tahun 2014. Ini merupakan jumlah yang banyak dan semua diharapkan bisa memberikan kontribusi guna melestarikan budaya lokal Palu kepada khususnya wisatawan yang datang.

Baca >> Rumah Adat Aceh

Bagi Anda yang saat ini sedang mecari informasi rumah adat Sulawesi Tengah, bukan kebetulan kami sudah menulis artikel terkait disertai keterangannya. Dengan ini semoga wawasan Anda seputar budaya Palu terus mendapat update terbaru.

Berikut Ini Adalah Nama – Nama Rumah Adat Sulawesi Tengah

1. Rumah Tambi

Rumah Adat Sulawesi Tengah
Rumah Tambi via Lengkapkebudayaan.com

Rumah Tambi adalah sebuah rumah adat dari warga Sulawesi Tengah (Sulteng) pada umumnya, yakni dari bebagai golongan masyarakat. Bentuk dan penampakan rumah Tambi ini ialah persegi panjang dengan memiliki ukuran rata-rata 7×5 m2. Rumah Tambi ini sengaja dibuat menghadap kearah Utara – Selatan, dan juga tidak boleh menghadap atau membelakangi arah dari matahari. Apabila dilihat dengan secara sekilas, konstruksi dari rumah ini memang seperti jamur berbentuk Prisma yang terbuat dari daun Rumbia ataupun Ijuk kelapa atau sawit.

2. Rumah Souraja

Rumah Tradisional Sulawesi Tengah
Rumah Souraja via WordPress

Jika rumah Tambi dipergunakan hanya bagi masyarakat dari semua golongan di Provinsi Sulawesi Tengah saja, beda lagi dengan rumah adat dari Souraja. Banua Mbaso atau yang juga kerap disebut juga Banua Oge atau yang sangat lebih sering dikenal dengan nama Souraja adalah rumah tradisional tempat tinggal bagi turun temurun untuk keluarga bangsawan.

Souraja ini pertama kali dibangun oleh Raja Palu, Jodjokodi, pada tahun 1892. Souraja yang saat pertama kali dibuat terebut, masih dapat dilihat pada saat ini yakni berada di tengah pusat kota Kaledo (Palu)- Sulawesi Tengah. Kata Souraja (Sou Raja) bisa diartikan rumah besar, dan merupakan pusat pemerintahan kerajaan dari masa lampau, dapat dikatakan sebagai rumah tugas dari manggan atau raja. Selama bertugas, raja beserta dengan keluarganya tinggal di sini.

Baca >> Rumah Adat Palembang

Rumah panggung ini juga adalah paduan arsitektur gaya Bugis (Sulawesi Selatan) dan Kalimantan Selatan, dimana mempunyai 36 buah tiang penyangga pada rumah bagian induk dan gandaria (Teras) termasuk 8 buah tiang bagian dapur.

3. Rumah Adat Lobo

Rumah Adat Tradisional Lobo dan Keterangannya
Rumah Lobo via Blogger

Rumah tradisional Lobo merupakan rumah adat khas Kulawi, Sulawesi Tengah. Rumah adat ini berfungsi sebagai balai rapat tetua adat, sidang adat, upacara, perayaan panen, dan rapat penentuan kapan membuka ladang. Lobo juga berfungsi sebagai rumah singgah jika ada warga desa lain yang kemalaman di Porelea, bisa bermalam di Lobo. Satu desa punya satu Lobo.

Lobo difungsikan sebagai pengadilan bagi masyarakat di daerah Kulawi. Jika sedang difungsikan sebagai pengadilan, si pesakitan duduk di tengah, dan tetua adat melingkar di tepi.

Uniknya, jika yang disidang perempuan, maka penyidangnya adalah Tinangata, yakni lembaga perempuan adat. Pertimbangannya, agar dewan adat dapat terbuka bertanya, terdakwa pun tanpa sungkan menjawab.

Demikian informasi mengenai rumah adat Sulawesi Tengah ini kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat untuk Anda. Kami sangat berharap jangan pernah sungkan untuk memberikan kritik atau saran kepada kami. Semua itu untuk kemajuan blog ini juga.

Baca >> Rumah Adat Padang

Credit:
Wikipedia
_http://lengkapkbudayaan.com/rumah-adat-sulawesi-tengah/
_https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3037296/lobo-rumah-adat-unik-di-sulteng-yang-bisa-jadi-pengadilan

1 komentar

Silahkan berkomentar