Pakaian Adat Sunda
Mojang via radarcirebon.com

9 Nama Pakaian Adat Sunda Pria, Perempuan, Anak dan Penjelasannya

Diposting pada

Informasi terkait nama pakaian adat Sunda mulai dari pakaian pria, perempuan (wanita), anak, gambar dan penjelasannya akan Anda temukan pada artikel ini. Kami membuat ulasan pakaian tradisional Sunda dengan serius dan komitmen untuk membantu pengguna internet yang membutuhkan.

Pakaian adat Sunda merupakan salah satu bagian dari budaya nusantara yang ada di negara Indonesia. Keberadaannya terus dilestarikan oleh warga setempat dan mendapat supprot dari pemerintah sehingga tetap eksis dan mendapat perhatian yang istimewa.

Macam – macam pakaian adat Sunda memiliki banyak nilai yang terkandung. Baik nilai sosial budaya maupun nilai filosofis. Semua nilai itu terangkum menjadi kekuataan jatin diri bangsa dalam menjaga warisan para leluhur. Maka dari itu, bukan cuma warga suku Sunda saja yang wajib melestarikan pakaian adat Sunda, namun semua warga Indonesia mempunyai kewajiban yang sama. Jika tidak ada kesadaran bersama, maka sangat besar kemungkinan kearifan budaya lokal akan tergerus dengan budaya asing.

Salah satu bentuk tergerusnya budaya lokal adalah lunturnya kepercayaan diri warga Indonesia memakai pakaian adat Sunda. Dampakanya tidak mau mengenal dan mensosialisaikan kepada generasi penerus. Ini adalah sinyal hancurnya budaya bangsa dan harus dilakukan pencegahan secara serius sedini mungkin.

Terkait dengan menjaga dan melestarikan secara terus menerus budaya bangsa Indonesia khsususnya pakaian adat Sunda, pada kesempatan kali ini kami sudah mengumpulkan beberapa informasi. Namun sebelumnya, kami sudah menulis banyak artikel tentang pakaian adat Indonesia, mulai dari pakaian adat Bali, pakaian adat Betawi dan pakaian adat Aceh sampai pakaian adat Papua.

Tidak cuma itu, pakaian adat Kalimantan juga sudah kami tulis pada blog ini. Semua kerja kami dalam rangka untuk melestarikan budaya bangsa dalam bentuk arsip digital.

Baiklah, langsung saja kita simak, satu persatu pakaian adat Sunda.

Inilah Nama – nama Pakaian Adat Sunda dan Keterangannya

1. Pakaian Adat Mojang

Pakaian Adat Sunda
Mojang via radarcirebon.com

Pakaian Mojang atau gadis yaitu berupa kebaya polos yang dihiasi sulaman atau manik – manik, kain kebat dilepe, kutang atatu kamisol. beubeur atau ikat pinggang, alas kaki memakai selop yang warnanya sama dengan kebaya, karrembong atau selendang sebagai pemanis. Sebagai pelengkap, rambut disanggul rapi memakai hiasan bunga dan tusuk konde, perhiasan berupa gelang. kalung, cincin dan bros.

2. Pakaian Bangsawan Wanita

Pakaian Adat Wanita Sunda
Bludru via iprice

Sementara pakaian adat yang dikenakan kaum bangsawan wanita yaitu berupa kebaya Bludru yang dihiasi dengan selaman benang emas, kain kebat motif rereng, serta alas kaki berupa sepatu selop beludru yang dihiasi manik – manik atau sulaman emas. Sebagai aksesoris atau pelengkap biasanya menggunakan perhiasan dari emas yang bertahtakan berlian berupa giwang, gelang, cincin, kalung, tusuk konde, dan sebagainya.

3. Pakaian Kaum Menengah Pria

Pakaian Adat Sunda Pria via Satujam.com

Pakaian kaum menengah pria terdiri dari baju bedahan putih, kain kebat batik sabuk, iket atau bendo, beralas kaki berupa sandal tarumpah, serta arloji berantai emas yang digantung disaku baju sebagai hiasan.

4. Pakaian Kaum Menengah Wanita

Pakaian Tradisional Sunda
via Blogger

Untuk pakaian kaum menengah wanita biasanya menggunakan kain kebat batik sebatas mata kaki, beubeur atau ikat pinggang, kebaya berwarna, selendang berwarna, dan alas kaki berupa selop atau kelom geulis. Dan sebagai wanita biasanya menggunakan perhiasan sebagai pelengkap berupa kalung, giwang, gelang, dan cincin yang terbuat dari emas.

5. Pakaian adat Rakyat Biasa Pria

Celana Komprang Sunda
via Tokopedia

Pakaian adat pria dari golongan rakyat biasa umumnya mengenakan celana komprang atau pangsi yang dilengkapi dengan beubeur atau sabuk, baju kurung, iket atau bendo, dan biasanya memakai kain sarung yang diselempangkan dari bahu kanan kearah pinggang sebelah kiri atau sebaliknya dan alas kaki berupa sandal tarumpah.

6. Pakaian Adat Rakyat Untuk Wanita

Pakaian adat untuk wanita dari golongan rakyat biasa menggunakan kain batik panjang, ikat pinggang, kutang atau kamisol, baju kebaya dan selendang batik. Sebagai hiasannya berupa gelang akar bahar, suweng pelenis, cincin polos dari perak yang disepuh emas dan alas kaki berupa sandal keteplek atau sadal jepit.

7. Pakaian Jajaka

Pakaian Adat Tradisional Sunda
via budayajawa.id

Pakaian jajaka atau pria Jawa Barat berupa jas tutup atau jas takwa dengan warna bebas, celana panjang, kain dodot bermotif bebas, iket atau bendo, alas kaki berupa sepatu selop dan rantai kuku macan serta jam rantai sebagai hiasan.

8. Pakaian Bangsawan Pria

Pakaian yang dikenakan oleh kaum bangsawan pria terdiri dari jas berbahan beludru dan celana panjang bahan beludru berwarna hitam yang dihiasi sulaman benang emas, kain dodot motif rereng parang rusak sabuk, iket atau bendodengan motif yang sama dengan dodot sebagai penutup kepala dan alas kaki berupa sepatu selop hitam. Bisa juga mengenakan jas tutup warna hitam, kain kebat batikmotif rereng, tutup kepala motif rereng, sabuk, jam rantai sebagai hiasan pakaian.

9. Pakaian Pengantin Sunda Siger

Pakaian Adat Zaman Dahulu Sunda
via kamalaputri.com

Busana pengantin Sunda yang dikenal dengan Sunda Siger ini terinspirasi dari busana para putri-putri di Kerajaan Sunda di masa lampau. Tata rias pengantin sunda siger Dalam Kamus Basa Sunda RA Danadibrata, siger diartikan sebagai sejenis mahkota untuk perhiasan kepala pengantin atau wayang wong, yang berarti meletakkan kearifan, kehormatan, dan sikap bijak sebagai hal pokok yang harus dijunjung tinggi. Tak lupa daun sirih berbentuk wajik yang dikenakan di kening pengantin wanita sebagai simbol penolak bala.

Busana pengantin pria mengenakan Jas buka Prangwedana berwarna senada dengan pengantin wanita beserta bendohiasan permata, Boro Sarangka dan Kewer. Demikian pula dengan kain batik yang dikenakan pengantin pria, harus sama dengan pengantin wanita, yaitu kain batik corak Lereng-eneng atau Sido Mukti. Pengantin pria juga memakai Bendo hiasan permata, Boro Sarangka (tempat menyimpan keris), dan keris sebagai pelengkap.

Bagaiama sobat? Apakah Anda sudah menemukan informasi yang Anda cari pada artikel ini? Jika belum, kamu bisa terus berselancar di internet. Jika sudah temukan, kami sangat bersyukur kepada Allah Swt karena kerja keras kami memberikan manfaat.

Demikianlah informasi pakaian adat Sunda ini kami sampaikan. Segala kritik dan saran bisa disampaikan melalui kolom komentar.

Tetap Semangat & Selalu Bahagia!

Credit :
Wikipedia
_http://baraya-pasundan.blogspot.com/2016/06/pakaian-adat-sunda-jawa-barat.html
_http://gebyarpernikahanindonesia.com/3778/makna-dibalik-keanggunan-pengantin-sunda-siger/

Silahkan berkomentar