Keunikan Baju Adat Bali
Baju adat Bali yang warna putih via baabun.com

5 Keunikan Pakaian Adat Bali dan Faktanya Yang Mengejutkan

Diposting pada

Keunikan pakaian adat Bali menarik untuk diketahui oleh semua warga Indonesia. Dari mulai pakaian adat Bali untuk wanita dan juga untuk pria serta anak – anak. Bahkan sampai penasaran, banyak turis asing yang menemukan keunikan dari budaya dari provinsi Bali ini. Jika orang asing saja ‘kepo’ dengan budaya Indonesia, kenapa kita yang warga Indonesia tidak? Harusnya jusru lebih ‘kepo’ ya.

Keunikan yang terkandung di dalam pakaian adat Bali sebenarnya dimiliki oleh pakaian adat lain, seperti pakaian adat Aceh dan pakaian adat Betawi. Hal ini bisa disebabkan nilai filosofi, sosial dan budaya sebagai faktor yang melatarbelakanginya. Keunikan pakaian adat Indonesia bisa saja sama dan bisa juga berbeda. Semua itu tidak mengurangi keunikannya, bukan?

Keunikan pakaian adat Bali sejatinya menjadi penambah destinasi wisata tersendiri bagi turis asing. Selain menikmati panorama alam yang menggoda, biasa para turis juga melihat budaya Bali dalam bentuk pakaian. Tak jarang mereka malah mengenakan pakaian daerah Bali dengan membelinya di toko pakaian.

Keunikan Pakaian Adat Bali
Bule mengenakan pakaian adat Bali via IDNTime

Dari keunikan pakaian adat Bali menimbulkan banyak dampak positif bagi Indonesia. Salah satunya, wisata Bali terus terkenal di kancah dunia internasional. Data terbaru menyebutkan jumlah turis asing yang datang ke Bali terus mengalami peningkatan. Menurut laman Okezone yang memuat judul : Wisatawan Bali Naik 15,62% Sepanjang 2017.

Berikut kutipan isi beritanya :

“Total kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali meningkat 779.802 orang atau 15,62% dibanding tahun 2016 yang tercatat 4,92 juta orang.”

Anda bisa browsing di internet guna mendapatkan data lebih lengkap tentang statistik pengunjung ke Bali. Dan Anda bisa juga mendapatkannya melalui lembaga Badan Pusat Statistik (BPS) dengan mendatangi kantornya atau lihat pada laman websitenya.

Semakin meningkatnya pengunjung ke daerah Bali, maka akan semakin meningkatkan devisa negara Indonesia dari industri wisata. Tapi yang harus diingat, budaya lokal Bali jangan sampai tergerus dengan budaya asing yang datang dari luar. Harus terus dipertahankan apapun ceritanya. Pemerintah dan masyarakat Bali harus sama – sama melestarikannya.

Untuk kamu yang ingin merasakan keunikan pakaian adat Bali bisa dengan mudah mendapatkannya melalui internet. Sekarang sudang banyak toko online yang menjualnya. Jadi Anda tidak harus datang ke Bali untuk mempunyai pakaian adat dari Bali. Namun jika Anda punya waktu dan dana untuk datang ke Bali, alangkah lebih baiknya melakukan hal itu.

Baiklah, berikut kita akan membahas mengenai keunikan pakaian adat Bali yang berhasil dihimpun dalam beberapa waktu (hari). Memang biasanya, kami menyiapkan tulisan membutuhkan waktu 3 sampai 5 hari. Mulai dari riset sampai publikasi.

Baca >> Alat Musik Tradisional Bali

Apa Saja Keunikan Pakaian Adat Bali?

1. Keunikan pada Warna

Keunikan Baju Adat Bali
Baju adat Bali yang warna putih via baabun.com

Kebanyakan pakaian adat bali baik untuk pria ataupun wanita berwarna putih, Bagi masyarakat bali warna putih memiliki filosofi yang melekat yaitu konon katanya melambangkan kesucian.

2. Biji atau Mebija

Bija sebuah keunikan pakaian adat Bali
Bija via jarhindo.com

Menggunakan Bija atau Mebija yang diletakan di kening. Meletakkan Biji atau Mebija saat upacara adat bagi kaum pria dan wanita adalah salah satu dari intrumen adat yang ada dalam budaya masyarakat Bali.

Bija konon adalah budaya dari agama Hindu yang dilestarikan secara turun temurun oleh warga Bali.

3. Bunga

Bunga Bagian Keunikan Pakaian Adat Bali
Bunga via tokopedia

Salah satu pelengkap pakaian adat dari bali adalah bunga. Bunga ini biasanya diselipkan ditelinga baik pada pria ataupun wanita. Bunga yang digunakan bukanlah sembarang bunga diantara yang bisa digunakan adalah, bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih atau bunga kamboja.

Baca >> Pakaian Adat Bali

4. Tidak Menggunakan Penutup Bahu

Dalam acara-acara resmi, pakaian adat pria dan wanita biasanya tidak memiliki penutup bahu dan lengan.

5. Melambangkan Filosofi

Seluruh komponen pakaian adat Bali melambangkan filosofi keagamaan, seperti pakaian adat Bali yang berwarna putih (melambangkan kesucian), Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan darma), Pemakaian selendang pada wanita (bermakna wanita Bali haruslah ingat akan ajaran darma dan siap mendidik putra putrinya kelak agar patuh terhadap orang tua), dan lain sebagainya.

Keunikan pada pakaian adat Bali harusnya terus ditambah jumlahnya. Semakin banyak jumlahnya, maka akan menjadi nilai jual untuk mendongkrak wisata di Bali. Kalau Anda mau menambahkan silahkan tulis pada kolom komentar ya.

Disekolah juga harus selalu diajarkan para guru kepada murid supaya terus menggali keunikan budaya Bali. Sedang pada tingkat mahasiswa harus melakukan penelitian.

Demikian informasi mengenai keunikan pakaian adat Bali ini kami sampaikan untuk Anda. Semoga memberikan manfaat dan jangan ragu atau sungkan memberikan masukan, kritik atau saran untuk kemajuan blog ini dalam melestarikan budaya Indonesia melalui laman internet.

Baca >> Pakaian Adat Jawa Tengah

Salam Sukses & Bahagia!

1 komentar

Silahkan berkomentar