Kerudung Betawi
Kerudung Betawi via satujam.com

10 Pakaian Adat Betawi tuk Pria dan Wanita, Gambar serta Keterangannya

Diposting pada

Pakaian adat Betawi untuk pria (laki – laki), anak dan wanita disertai gambar dan keterangannya bisa Anda baca pada artikel ini. Mulai dari pengenalan namanya sampai keunikan serta jenis – jenisnya. Selain itu, Anda diharapkan bisa membedakan mana pakaian adat Betawi asli dan mana yang palsu.

Menjadi bagian dari budaya Jawa, pakaian adat Betawi sampai sekarang masih eksis ditengah gempuran budaya asing yang terus menjadi – jadi. Peranan pemerintah dari masa ke masa menjadi salah satu faktor penentu ditambah dengan kesadaran warga Jawa untuk melestarikannya sampai ke anak cucu.

Bicara pakaian adat, tentu kita bicara apa yang melekat atau dipakai oleh tubuh. Jika diklasifikasikan, pakaian terdiri dari : baju, celana, topi, syal, rompi, rok dan lain sebagainya. Khususnya pakaian adat Betawi, dibawah nanti Anda akan mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang pakaian adat Betawi.

Untuk menjaga dan melestarikan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, blog ini sudah banyak menuliskan artikel sebagai bentuk kepedulian. Beberapa waktu lalu menulis pakaian adat Jawa Tengah, pakaian adat Jawa Barat dan pakaian adat Papua serta masih banyak lagi.

Terkait dengan pakaian adat khas Betawi ini, sudah seharusnya terus mendapat perhatian lebih dengan mamakainya dalam setiap acara apapun, formil maupun non formil. Supaya tampak flexibel rasanya tidak salah jika dilakukan mordenisasi terhadap pakaian adat Betawi ini. Tapi perlu diingat, jangan sampai pakaian adat Betawi modern kehilangan jati dirinya. Harus tetap ada unsur kearifan lokal.

Berikut Adalah Pakaian Adat Betawi Penting Untuk Dikenali

1. Baju koko atau Sadariah

Pakaian Adat Betawi
Sadariah via Sumber.com

Baju koko adat Betawi yang biasa dikenakan bernama juga Sadariah. Bentuknya mirip sekali dengan baju Koko pada umumnya, hanya saja baju koko adat betawi ini berwarna polos.

Ada yang sebut baju Koko adalah ciri khas budaya Cina, apa iya ya? Berikan komentar dibawah ya :).

2. Celana Batik Betawi

Celana Batik Betawi
Celana Batik via Tokopedia

Celana batik yang dipakai oleh orang Betawi adalah celana kolor batik yang panjang. Dengan warna tidak terlalu ramai, umumnya hanya berwarna putih, coklat, dan hitam.

Berbahan kain ringan, celana batik ini bisa dipakai untuk sehari – hari. Bahkan pantas menjadi pakaian tidur.

3. Sorban/Selendang

Selendang Betawi Pakaian Adat
Selendang Betawi via Blogger

Adalah kain yang menyerupai selendang ditempatkan pada pundak/di kalungkan pada leher.

4. Kopiah/Peci

Kopiah Merah
Kopiah via Tokopedia

Kopiah bisa juga disebut peci yang dikenakan pada umumnya berwarna hitam dan merah berbahan Beludru yang menjadi ciri khas adat masyarakat Betawi.

Indonesia memang terkenal dengan budaya peci, mulai dari Presiden Soekarno sampai SBY tetap mengenakan peci. Uniknya peci budaya Betawi mempunyai warna merah.

5. Baju kurung berlengan pendek

Baju kurung yang digukanakan mempunyai lengan pendek, tak jarang ditambahkan saku pada bagian depannya dengan warna-warna yang mencolok.

6. Kain Sarung Batik Betawi

Sarung Batik Betawi
Kain Sarung Batik Betawi via Tokopedia

Kain sarung batik yang biasa dipakai di kepala para wanita betawi umumnya bercorak geometri dengan warna-warna yang cerah untuk dipadupadankan dengan baju kurung yang sedang dipakai.

7. Kerudung

Kerudung Betawi
Kerudung Betawi via satujam.com

Kerudung yang dikenakan wanita betawi yaitu selendang yang di pakai pada kepala para wanita betawi. Untuk warnanya biasanya diserasikan dengan baju kurung yang sedang/akan mereka kenakan.

8. Pakaian Resmi/Bangsawan

Pakaian Khas Betawi
via wacana.co

Pakaian bangsawan sebenarnya adalah pakaian resmi yang dulunya hanya dikenakan oleh para demang. Pada saat ini pakaian yang bernama baju ujung serong ini telah resmi digunakan sebagai pakaian PNS pemda DKI jakarta untuk dikenakan pada hari-hari tertentu.

Pakaian ujung serong hanya dikenakan oleh para bangsawan laki-laki, sementara untuk wanita digunakan varian pakaian yang sama dengan pakaian keseharian yakni baju kurung, kain batik, selendang, dan kerudung, dan dilengkapi dengan perhiasan emas mulai dari kalung, gelang, cincin dan giwang.

9. Pakaian Pengantin Pria Betawi

Pakaian Pengantin Pria Betawi
via Rumahulin.com

Di dalam upacara pernikahan, orang betawi yang masing memegang erat nilai kebudayaan hingga kini masih menggunakan pakaian khusus pengantin adat betawi. Pakaian ini disebut juga merupakan bentuk akulturasi dai beberapa kebudayaan, yakni budaya Melayu, budaya Tionghoa dan Budaya Arab.

Bagi para pengantin Pria, pakaian adat betawi yang dikenakan bernama Dandanan Care Haji. Pakaian pengantin laki-laki ini meliputi jubah panjang serta berwarna merah serta tutup kepala.

Jubah yang dikenakan baju pengantin adat betawi terbuat dari bahan beludru yang berwarna cerah. sedangkan jubah untuk bagian dalam terbuat dari kain berwarna putih yang halus.

Untuk tutup kepala, terbuat dari sorban desbut juga dengan nama Alpie. sebagai pelengkap dipergunakan selendang bermotif dengan bahan benang emas dan manik-manik berwarna cerah.

10. Pakaian Pengantin Wanita

Pengantin wanita dalam pernikahan adat Betawi menggunakan baju adat Betawi yang bernama Rias besar Dandanan care none pengantin cine. Pakaian yang dikenakan blus bergaya China dengan bahan utama satin berwarna cerah. Untuk bawahannya menggunakan rok atau bernama Kun yang berwarna gelap dengan model duyung. Warna yang sering dipakai adalah hitam dan merah.

Pakaian Adat Wanita Betawi
Pakaian Pengantin Wanita Betawi via BudayaJawa.id

Sebagai pelengkap bagian kepala dipakaikan kembang goyang bermotif burung hong dengan sanggul palsu, dilengkapi dengan cadar di bagian wajahnya. Pada bagian sunggul dihiasi dengan bunga melati yang dibentuk sedemikian rupa seperti ronjee dan sisir.

Perhiasan lain yang dipakai adalah kalung lebar, gelang listing serta hiasan teratai manik-manik yang dikalungkan di bagian dada, serta selop dengan model perahu sebagai alas kaki.

Pada baju pengantin wanita yang menggunakan syangko (penutup muka), pakaian model encim dan rok panjang menunjukkan adanya pengaruh kebudayaan China. Uniknya, terompah (alas kaki) yang dipakai oleh pengantin pria dan wanita banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Arab.

Nah, yang merasa ada yang kurang tepat dengan informasi diatas, silahkan berikan komentarnya.

Mengenali budaya asli Indonesia memang menjadi pekerjaan wajib setiap warga Indonesia. Jangan pernah lelah. Karena jika bukan kita, siapa lagi?

Demikian informasi mengenai pakaian adat Betawi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Tetap Semangat & Selalu Tersenyum Untuk Indonesia Raya!

Silahkan berkomentar