Pakaian Khas Jawa Barat
via Wordpress

7 Nama Pakaian Adat Jawa Barat, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Banyak nama pakaian adat Jawa Barat (Jabar) yang harus diketahui. Mulai dari yang masih ada sampai yang menjadi koleksi sejarah saja. Meski begitu, gambar dan penjelasannya masih bisa ditemukan pada berbagai sumber, melalui buku, museum atau yang kini populer adalah alat komunikasi modern bernama internet.

Pakaian adat Jawa Barat masih dikenakan pada acara tertentu oleh warga Jabar. Misalnya pada acara peringatan hari kemerdekaan RI yang jatu pada 17 Agustus, biasanya ada barisan yang mengenakannya. Berarti cuma setahun sekali dipakai? Tentu tidak, dalam keseharian dan dinas kerja dalam sehari biasanya masih ada yang menggunakan pakaian budaya Jabar itu.

Rasa kebanggaan memakai pakaian adat Jawa Barat harus terus ada. Jangan sampai hilang. Pasalnya saat ini banyak budaya pakaian dari luar negeri (asing) yang mampu membuat para pemuda selera memakainya. Untuk hal ini harus ada filterisasi dari pihak pemerintah Indonesia demi lestarinya kearifan lokal.

Kelebihan pakaian khas Jawa Barat adalah dari model dan bentuk serta cara pembuatannya. Sebagian ada yang dibuat dengan cara modern memakai alat mesin. Namun ada yang mau tidak mau diproduksi menggunakan tangan (hand made).

Pada sebelumnya, kami sudah mengulas artikel tentang nama pakaian adat Jawa Tengah dan rasanya tidak lengkap jika tidak menulis tentang pakaian adat Jawa Barat. Atas dasar itulah artikel ini hadir untuk Anda. Tidak cuma pakaian saja, budaya lain seperti lagu daerah Jawa Barat dan rumah adat Jawa Barat pun sudah terpublikasi di blog yang keren ini. Semua itu dilakukan untuk Indonesia.

Baiklah, tanpa perpanjang kata pengantar lagi, langsung saja sama – sama kita mengenal satu persatu pakaian adat Jawa Barat yang berhasil kami himpun berikut ini.

Berikut Adalah Pakaian Adat Jawa Barat dan Keunikannya

Ada keunikan tersendiri dari pakaian adat Jawa Barat yang harus jadi kebanggan bersama anak bangsa Indonesia. Unik dan jika dipoles dengan nuansa modern, akan melahirkan kreasi yang menarik di dunia fashion. Tentunya, para desainer Indonesia harus mau melakukan itu.

Yuk, kita kenali satu persatu nama pakaian adat Jawa Barat.

1. Pakaian Adat Sunda Laki- Laki Untuk Rakyat Jelata

Ilustrasi

Pakaian adat Jawa Barat khususnya pakaian adat Sunda bisa di katakan terlalu istimewa. Kaum lelaki memakai celana panjang sampai betis dan ikat menggunakan kain ataupun kulit. Untuk bagian atas megenakan baju Selontreng dan Sarung Poleng di tata menyilang di gunakan selama kegiatan keseharian.

Pakaian adat Sunda menggunakan ikat logen untuk menutup kepala yang berbentuk barangbang samplak serta untuk alas kaki cukup menggunakan sandal terumpah.

2. Pakaian Adat Sunda Perempuan Untuk Rakyat Jelata

Bagi pakaian adat Sunda bagi kaum wanita menggunakan kain batik untuk bawahan, beuber untuk ikat pinggang, dan kamisol untuk bra. Untuk memperindah tampilan untuk wanita biasa menggunakan rambut hiasan dalam jucung bun, gelang akar bahar, dan cincin polos tapi untukalas kaki cukup menggunakan sandal jepit atau sandal keteplek.

3. Pakaian Adat Sunda Untuk Laki-Laki Kaum Menengah

Pakaian adat Jawa Barat satu ini lebih identik pada seorang pedagang atau saudagar. Yang tentu strata sosial lebih tinggi dari pada rakyat jelata.

Pakaian adat Sunda yang digunakan oleh kaum pria mengenakan baju bedahan putih, kain batik, alas kaki dengan tarumpah serta ikat kepala, biasanya ia menanambahkan aksesoris lain yang di gantungkan pada saku baju berupa arloji rantai emas.

4. Pakaian Adat Sunda Wanita Kaum Menengah

via Blogger

Sedangkan pakaian adat Jawa barat atau pakaian adat sunda untuk wanita menggunakan kain kebat batik sebagai atasan, beuber, selendang sreta perlengkapan hiasan yang lain.

5. Pakaian Adat Sunda Untuk Bangsawan Laki-Laki

via mantenhouse.com

Untuk pakaian adat kaum bangsawan pria yang digunakan adalah jas tutup yang bahan dasar beludru hitam dengan hiasan sulaman benang emas di ujung dan tepi lengan, kain dodot dengan motif rengreng, sabuk emas, celana panjang, bendo, sabuk emasa dan selop hitam.

6. Pakaian Adat Sunda Untuk Bangsawan Wanita

via Bajutradisionals.com

Sedangkan pada kaum bangsawan wanita mengenakan kebaya berbahan dasar seperti kaum pria, kain kebat, alas kaki yang harus di hiasi dengan manik-manik. Untuk mempercantik tampilan bagi kaum wanita menambahkan tusuk konde pada rambut yang disanggul, peniti rantai, dan Bros.

7. Pakaian adat Sunda untuk acara resmi

via WordPress

Di dalam kekayaan budaya wilayah indonesia khususnya di Jawa Barat, kita sering melihat dalam ucara pemilihan mojang dan jajaka di jawa barat menggenakan pakaian adat tersendiri. Untuk Jajaka mengenakan jas tutup dengan warna hitam, celana panjang kain yang di ikat di pinggang, serta sandal selop.

Dan untuk para mojang memakai pakaian dari kebaya yang dihiasi dengan sulam, kain kebat, beuber, kamisol, dan karembong. Juga untuk perlengkapan menghias agar lebih menarik para mojang memakai tususk konde cincin, giwang kalung peniti rantai dan bros.

Demikian info tentang pakaian adat Jawa Barat kami sampaikan. Semoga bermanfaat kepada pembaca dan sama – sama kita melestarikan budaya asli Indonesia sampai kapan pun.

Tetap Semangat & Selalu Tersenyum!