Senjata Khas Sumatera Utara Piso Gading
Piso Gading via asyraafahmadi.com

14 Senjata Tradisional Sumatera Utara, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Senjata tradisional Sumatera Utara (Sumut) dan gambar serta penjelasan atau keterangannya disampaikan dengan lengkap pada laman ini. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka yang sedang membutuhkan informasi terkait budaya di Indonesia. Dan senjata tradisional adalah bagian dari budaya nusantara.

Selain destinasi wisata, Propinsi sumatera utara merupakan daerah yang kaya dengan ragam budaya. Ada rumah adat Sumatera Utara, pakaian adat Sumatera Utara, alat musik tradisional Sumatera Utara dan lain – lain. Kesemua itu merupakan khazanah yang harus dilestarikan sampai ke generasi masa depan. Jangan sampai generasi anak cucu tidak mengetahui budaya asli Indonesia.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan mengenai senjata tradisional yang ada di Sumatera Utara. Sebagian senjata klasik Sumut mungkin sudah tidak lagi dipakai. Yaitu hanya menjadi peninggalan sejarah saja. Dan itu pun cuma bisa disaksikan pada museum. Kejadian tersebut sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Dimana telah hadir senjata yang modern.

Pertanyaannya, apa saja senjata tradisional Sumatera Utara yang wajib kita kertahui sebagai warga Indonesia? Apakah sudah banyak budaya asli Indonesia di Sumut yang punah? Kita harus kritis karena itu adalah bentuk perhatian dan kecintaan kepada warisan para pendahulu bangsa.

Perlu diketahui bersama, meski bukan warga Sumut, kita tetap harus mengetahui budaya Indonesia. Kan tidak lucu malah warga asing yang lebih kenal dengan budaya Indonesia. Dan beberapa waktu yang lalu, kami sudah tulis artikel tentang senjata tradisional Jawa Tengah dan senjata tradisional Papua serta senjata tradisional Riau.

Terkait dengan senjata tradisional Sumut, kita bahas satu persatu. Simak terus ya…

Inilah Senjata Tradisional Sumatera Utara Yang Wajib Diketahui

Infomasi dan gambar serta keterangan senjata tradisional Sumut ini berhasil kami kumpulkan kurang lebih 3 (tiga) hari. Dari mulai riset kata kunci, nulis artikel sampai mempublikasikannya.

1. Tongkat Tunggal Panaluan

Ulasan terkait dengan Senjata Tradisional Sumatera Utara yang bernama Tongkat Tunggal Panaluan
Tongkat Tunggal Panaluan via Blogger

Ini merupakan salah satu senjata tradisional dari Sumatera Utara yang sakti dan hanya dimiliki oleh Raja Batak. Saat ini, tombak tersebut disimpan di Museum Gereja Katolik di Kabupaten Samosir.

2. Hujur Siringis

Info terkait dengan Senjata Tradisional Sumatera Utara yang unik
Hujur Siringis via asyraafahmadi.com

Senjata tradisional selanjutnya yaitu hujur siringis, bentuknya yang serupa dengan tombak, digunakan oleh masyarakat Batak dalam berperang. Hujur siringis yang berbentuk kayu ini ujungnya terbuat dari bahan logam yang runcing.

Baca: Rumah Makan Lesehan Medan

3. Piso Gaja Dompak

Review singkat mengenai Senjata Tradisional Sumatera Utara yang bernama Piso Gaja Dompak
Senjata Tradisional Piso Gaja Dompak via Google Image

Piso gaja dompak yaitu senjata tradisional dari Sumatera Utara yang bentuknya seperti pisau dan berfungsi sebagaimana pisau yaitu untuk memotong dan menusuk. Disebut piso gaja dompak dikarenakan gagang yang terdapat dalam senjata tersebut terdapat ukiran yang berbentuk gajah.

Menurut masyarakat Sumatera Utara, piso gaja dompak ini dipercaya sebagai senjata pusaka warisan kerajaan Batak pada masa Raja Sisingamangaraja I. Karena dianggap sebagai senjata pusaka, senjata tradisional ini tidak diperuntukan untuk membunuh, masyarakat juga percaya bahwa piso gaja ini mempunyai kekuatan supranatural.

Baca: Tempat Nongkrong Di Medan

4. Piso Silima Sarung

Uraian yang berhubungan dengan Senjata Tradisional Sumatera Utara  Piso Silima Sarung
Piso Silima Sarung via Blogger

Termasuk kedalam senjata tradisional dari Sumatera Utara. Yang mana arti dari Piso Silima Sarung itu adalah di dalam satu sarung tersebut terdapat lima buat mata pisau.

5. Piso Sanalenggam

Senjata Piso Sanalenggam
via pisopodang.com

Piso yaitu senjata tradisional Sumatera Utara yang mempunyai gagang pisau yang menggambarkan sosok pria yang matanya dihiasi oleh kepala tertunduk. Dalam motifnya digunakan motif melilit dan melingkar leher.

Baca: Jasa Pembuatan Website Medan

6. Piso Toba

 Senjata Tradisional Piso Toba
Piso Toba via Lenterahidup.net

Merupakan senjata tradisional dari Sumatera yang terbuat dari bahan kayu, kuningan dan besi. Diperkirakan dibuat pada abad 19.

7. Tumbuk Lada

Tumbuk Lada via Blogger

Adalah senjata tradisional karo yang digunakan digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Ia boleh dipegang dengan dua jenis genggaman yaitu dengan mata keatas ataupun mata ke bawah tetapi sekarang pada umumnya jadi perhiasan atau pusaka yg dipakai di acara adat, atau untuk keperluan pengobatan, maka diadakan upacara Ngelegi Besi Mersik kepada Kalibumbu. Sejauh pengetahuan saya senjata ini bisa juga diisi jimat atau bisa juga diisi racun.

Baca: Jasa Pasang Plafon Medan

8. Piso Sitolu Sasarung

Senjata tradisional selanjutnya masih sebuah pisau yang mana arti dari piso sitolu sasarung itu adalah di dalam sarung terdapat tolu atau tiga buah mata pisau. Pisau-pisau ini melambangkan kehidupan bagi orang batak yang menyatu dengan 3 benua. Benua atas, benua bawah dan benua tonga.

9. Piso Karo

Senjata Tradisional Piso Karo
Piso Karo via WordPress

Adalah senjata tradisional dari Sumatera Utara yang diperkirakan dibuat pada abad ke-19 dengan mempunyai panjang sekitar 31-55 cm. Serta pegangannya terbuat dari kayu, gading, rotan, dan sarungnya ditutupi dengan perak dan suasa.

10. Piso Gading

Senjata Khas Sumatera Utara Piso Gading
Piso Gading via asyraafahmadi.com

Merupakan salah satu senjata tradisional Sumatera Utara yang berasal dari Toba dan dibuat sekitar pada abad ke-19. Piso gading terbuat dari bahan kayu, gading dan rotan yang memiliki panjang sekitar 66 cm.

Baca: Kata Buat Diri Sendiri Yang Tak Tampan

11. Meriam Puntung

Anda bisa menemukan senjata ini di Istana Maimun yang terletak di jalan Bridgen Katamso, dekat dengan Masjid Raya Al Mashum Medan.

Senjata ini dipakai untuk berperang melawan musuh ketika itu. Dan kini menjadi destinasi wisata bagi turis dalam negeri dan luar negeri. Warga Malaysia termasuk turis yang banyak datang kemari. Mungkin karena ada kesamaan suku, yaitu rumpun Melayu.

12. Parang

Nama lain dari Parang adalah pisau besar yang kini banyak dipakai manusia untuk memotong daging dan kayu serta digunakan untuk keperluan berkebun.

Ternyata parang termasuk senjata adat Sumatera Utara dari zaman dahulu sudak di pakai dan eksis sampai sekarang.

Beda dengan yang lain, Parang sangat mudah ditemukan dipasar dan semua warga Sumut memilikinya.

13. Tunggal Panaluan

Masuk dalam kategori tongkat, senjata yang bernama Tunggal Panaluan diyakini mempunyai kesaktian khusus. Bahkan yang empunya adalah cuma Raja Batak sendiri.

Kegunaan dari senjata ini di pakai juga dalam acara upacara adat untuk mengusir bencana atau juga mendatangkannya.

Tongkat ini dibuat dari kayu pohon trengguli wanggang yang memiliki daya mistis bagi orang Batak.

14. Piso Halasan

Asalnya dari daerah Tapanuli Utara, Piso Halasan biasanya dimiliki seorang pemimpin suku Batak yang diberi amanah khusus berdasarkan adat.

Menurut bahasa Indonesia Piso Halasan biasa disebut dengan nama lain yaitu Parang atau pedang. Manfaatnya selain untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari – hari, juga di fungsikan untuk menegakkan keadilan serta memberi jalan bagi masyarakat setempat.

Bahan untuk membuat senjata ini adalah bahan dari besi, dan gagangnya dari tanduk Rusa sedangkan serangkanya terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kulit ekor Kerbau.

Piso Halasan dipakai sebagai lambang kebesaran bahwa yang punya sudah mengadakan pesta besar yang dikenal dengan nama Mangalahat Horbo diiringi Gondang Sabangunan. Umumnya, penggunaan senjata tradisional biasanya disandang dan dikepit di lengan kiri dalam pakaian adat Sumatera Utara yang lengkap.

Baca: Rental Mobil Medan

Demikian ulasan info tentang senjata tradisional Sumatera Utara kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Jangan sungkan untuk memberikan komentar, kritik dan saran.

Silahkan berkomentar