Pengertian Pencemaran Lingkungan
Ilustrasi: koranjakarta.com

Pengertian Pencemaran Lingkungan, Macam – Macam dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian pencemaran lingkungan dan macam – macam serta contoh dari pencemaran lingkungan menjadi informasi yang wajib Anda ketahui. Kabar baiknya, kami akan sampaikan dengan lengkap untuk Anda. Hal ini mengingat bahwa tujuan kami membuat blog ini untuk membantu pengguna internet yang membutuhkan informasi.

Memerlukan lebih dari sehari untuk membuat tulisan ini. Lingkungan yang tercemar sangat memberikan efek negatif terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat. Maka dari itu apa pun itu, yang namanya pencemaran harus segera di cegah sedini mungkin. Berdasarkan aturan, sudah ada semua diatur dalam hukum lingkungan yang didalamnya memuat Analisa Dampak Lingkungan (Amdal).

Selain aturan, peran serta masyarakat sangat diperlukan. Jika melihat sebuah perusahaan yang memberikan dampak negatif terhadap lingkungan, hendaknya bisa dilaporkan kepada pihak berwenang agar mendapat peringatan.

Ilustrasi: koranjakarta.com

Baiklah, kita masuk kedalam poin pembahasan.

Beberapa Pengertian Pencemaran Lingkungan

Berdasarkan penelusuran, kami telah temukan paling tidak 2 (dua) pengertian pencemaran lingkungan.

1. Menurut Undang – undang Lingkungan Hidup

Pengertian pencemaran lingkungan menurut Undang – undang Lingkungan Hidup (UU LH) di Indonesia menyebutkan bahwa pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup, energi, zat, atau komponen lainnya kedalam lingkungan akibat kegiatan manusia baik itu dilakukan secara sengaja atupun tidak sengaja sehingga kualitas lingkungan hidup akan turun sampai ke tingkat tertentu hingga menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sebagaimana fungsinya.

2. Menurut Munn

Dalam bukunya berjudul “A System View of Accounting for Waste” pengertian pencemaran lingkungan adalah bentuk pencampuran senyawa asing pada senyawa alami di lingkungan tertentu sehingga mengakibatkan terbentuknya senyawa baru yang berbeda sama sekali terhadap senyawa sebelumnya.

3 Macam-macam Pencemaran Lingkungan

Bentuk dari pencemaran begitu bermacam-macam karena semua lingkungan beresiko untuk tercemar. Misalnya peruntukan sungai bisa digunakan sebagai sumber air atau drainase alami, tetapi apabila tercemar maka tidak bisa lagi difungsikan, begitupula tanah serta udara.

Secara garis besar macam-macam pencemaran lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dapat dibagi berdasarkan tempat kejadiannya :

  1. Pencemaran Udara
  2. Pencemaran Air
  3. Pencemaran Tanah

Dampak Pencemaran Lingkungan

Lingkungan tercemar membawa dampak besar bagi kehidupan makhluk hidup di sekitarnya. Dampak pencemaran lingkungan akan bervariatif tergantung pada kadar konsentrasi bahan/zat pencemar (polutan). Apabila kadar zat pengkontaminasi melewati ambang batas normal, maka dapat dipastikan akan sangat berdampak pada kelangsungan ekosistem disekitarnya.

Contoh Pencemaran Lingkungan

Salah satu contoh, dampak pencemaran lingkungan akibat penggunaan bahan bakar fosil berlebihan bisa menyebabkan naiknya konsentrasi kadar CO2 di udara. Tidak normalnya kadar CO2 di udara akan berdampak pada sitem pernapasan manusia atau penipisan lapisan ozon di atmosfer (efek rumah kaca). Kita bisa menebak sendiri bagaimana jika sistem pernapasan terganggu, juga bagaimana sekiranya jika lapisan ozon bocor? hasilnya sudah pasti mengerikan.

Bagian besar dari dampak pencemaran lingkungan dimaksudkan disini diantaranya adalah dapat menyebabkan punahnya spesies, cepatnya perkembangan hama, gangguan keseimbangan ekosistem, kesuburan tanah berkurang, keracunan, penyakit, pemekatan hayati, terbentuknya lobang ozon, ataupun masih banyak lagi dampak membahayakan lainnya bagi kehidupan manusia.

Bagaimana sobat? Apakah Anda sudah merasa terbantu dengan informasi dari kami? Semoga saja dapat membantu ya.

Demikian dulu informasi mengenai pengertian pencemaran lingkungan dan macam – macam serta contohnya kami sampaikan. Jika Anda temukan ada yang salah, jangan sungkan untuk memberikan masukan kepada kami melalui kolom komentar dibawah.

Salam Sukses & Teruslah Bahagia!