Pengertian Guru
Ilustrasi (Blogger)

20 Pengertian Guru Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian guru menurut ahli penting untuk diketahui oleh mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Kita tahu bahwa guru adalah ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’ di Indonesia. Dengan mengetahui arti dari guru, dengan mudah kita akan paham apa peran dan fungsinya dalam membangun moral Indonesia.

Definisi guru akan sangat mudah ditemukan dari berbagai sumber. Seperti melalui baca buku, baca informasi dari internet dan diskusi dengan teman kuliah di kampus. Mau tidak mau, orang yang mengambil jurusan FKIP harus mengetahui pengertian guru. Lucu saja jika mau jadi guru tetapi tidak mengetahui apa makna guru. Betul tidak?

Pengertian Guru
Ilustrasi (Blogger)

Karena banyaknya pengguna internet yang cari pengertian tentang guru melalui mesin pencari, kami pun melakukan update pada blog ini dengan cara posting artikel terkait guru. Meski sebelumnya kami sudah banyak menulis beberapa artikel yang terkait dunia pendidikan, seperti pengertian fisafat pendidikan, pengertian pendidikan dan pengertian teknologi pendidikan.

Dan artikel terkait arti dari guru bertujuan untuk memperkaya informasi tentang dunia pendidikan melalui blog ini.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli dan Sarjana

Kali ini kami rasa cukup 20 pengertian guru saja yang disampaikan. Untuk kedepan akan ditambah lagi sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan kami melakukan pembaharuan.

Simak informasinya berikut.

1. Ahmadi

Ahmadi mengemukakan pengertian guru adalah pendidikan berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menyediakan keadaan-keadaan yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dan yakin bahwa kecakapan dan prestasi yang dicapai akan mendapat penghargaan dan perhatian sehingaa dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didiknya.

2. Mulyasa

Mulyasa mengemukakan pengertian guru adalah guru atau pendidik haruslah memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

3. Surya (2002:5)

Surya mengemukakan pengertian guru adalah pendidik profesional selayaknya mempunyai citra baik di masyarakat, guru itu ditiru atau diturut dan di contoh.

4. Poerwadarminta (1996)

Poerwadarminta mengemukakan pengertian guru adalah orang yng kerjanya mengajar. Dengan definisi ini, guru disamakan dengan pengajar.

5. Zamroni (2001:60)

Zamroni mengemukakan pengertian guru adalah orang yang memegang peran penting dalam merancang strategi pembelajaran yang akan dilakukan.

6. Purwanto

Purwanto mengemukakan pengertian guru adalah orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di dalam lingkungan sekolah.

7. Hadari Nawawi

Hadari Nawawi mengemukakan pengertian guru adalah diartikan kedalam dua sisi. Yaitu pengertian guru secara sempit adalah ia yang berkewajiban mewujudkan program kelas, dengan mengajar dan memberikan pelajaran di dalam kelas. Sedangkan dalam arti luas, guru merupakan orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran dan ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaannya.

8. Ngalim Purwanto

Ngalim Purwanto mengemukakan pengertian guru adalah orang yang pernah memberikan suatu ilmu atau kepandaian kepada seseorang maupun kepada sekelompok orang.

9. Dri Atmaka

Dri Atmaka mengemukakan pengertian guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawaba dalam memberikan pertolongan dalam perkembangan anak didik, baik jasmani maupun rohaninya. Agar dapat mencapai tingkat kedewasaannya yakni mampu berdiri sendiri dalam memenuhi tugasnya sebagai makhlk Tuhan, makhluk sosial dan makhluk individu yang mandiri.

10. Husnul Khotimah

Husnul Khotimah mengemukakan pengertian guru adalah orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik (muridnya).

11. Drs. Moh. Uzer Usman

Drs. Moh. Uzer Usman mengemukakan pengertian guru adalah setiap orang yang memiliki tugas dan wewenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal.

12. Noor Jamaluddin

Noor Jamaluddin mengemukakan pengertian guru adalah seorang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar dapat mencapai kedewasaannya. Kedewasaan tersebut berarti mampu berdiri sendiri dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khalifah di bumi, sebagai makhluk sosial dan makhluk sosial yang mampu berdiri sendiri.

13. Sudarwan Danim (2011:5)

Sudarwan Danim mengemukakan pengertian guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya.

14. N.A Ametembun dalam Sayaiful Bahri Djamarah (2009:32)

N.A Ametembun mengemukakan pengertian guru adalah semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid-murid, baik secara individual atau klasikal, di sekolah maupun di luar sekolah.

15. Hamid Darmadi (2010:59)

Hamid Darmadi mengemukakan pengertian guru adalah kondisi yang diposisikan sebagai garda terdepan dan posisi sentral di dalam proses pembelajaran.

16. Dr. Ahmad Tafsir

Adalah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Tugas guru dalam pandangan Islam adalah mendidik. Mendidik merupakan tugas yang amat luas. Sebagian dilakukan dengan cara mengajar, sebagian ada yang dilakukan dengan memberingan dorongan, memberi contoh (suri tauladan), menghukum, dan lain-lain.

17. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Adalah orang yagn pekerjaan, mata pencaharian, dan profesinya adalah mengajar.

18. UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru

UU. No. 14 Tahun 2005 mengemukakan pengertian guru adalah seorang pendidikan profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

19. Zakiah Darajat

Adalah pendidik profesional karena secara implisit ia telah merelakan dirinya menerima dan memikul sebagian tanggung jawabnya pendidikan yang telah dipikul dipundak para orang tua.

20. Sardiman

Ialah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan.

Yes! Akhirnya selesai juga. Bagaiamana? Apakah Anda sudah terbantu dengan informasi dari kami? Jika sudah kami ucapkan Alhamdulillah. Kami rasa cukup sudah penyampaian tentang pengertian guru. Lebih dan kurangnya kami mohon maaf. Sudi kiranya para pembaca untuk memberikan komentar pada kolom dibawah.

Silahkan berkomentar