Pengertian Filsafat Pancasila
Ilustrasi: Google Image

6 Pengertian Filsafat Pancasila Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Diposting pada

Pengertian filsafat Pancasila menurut para ahli dan secara umum akan diuriakan pada artikel berikut ini dengan lengkap. Pentingnya informasi ini dihadirkan karena banyak mahasiswa yang mencarinya pada laman internet.

Definisi filsafat Pancasila banyak dipelajari oleh mahasiswa di kampus. Salah satu materi yang wajib dipelajari adalah mengenai arti dari filsafat Pancasila itu sendiri. Dengan mengetahuinya, mereka akan merasa lebih mudah untuk mempelajari mata kuliah terkait selanjutnya.

Sebenarnya, banyak cara untuk mengetahui pengertian filsafat Pancasila, yaitu bisa dengan membaca buku di perpustakaan atau diskusi dengan teman dikampus. Ada juga mahasiswa yang langsung bertanya kepada dosen yang sendang mengajar. Saat ini, dengan adanya internet, banyak mahasiswa yang langsung ketik kata kunci di mesin pencari memakai alat komunikasi seperti laptop dan komputer. Informasi apa yang diinginkan langsung dijumpai.

Informasi pengertian filsafat Pancasila yang didapat dari internet hendaknya jangan langsung ditelan mentah – mentah. Selayaknya dilakukan proses verifikasi dengan baik. Karena tidak semua informasi yang beredar di internet adalah sebuah kebenaran. Kami sangat menganjurkan Anda untuk menjadi pembaca yang cerdas.

Pentingya mengetahui pengertian filsafat Pancasila membuat kami sebelumnya juga menulis pengertian filsafat, pengertian filsafat hukum dan pengertian filsafat ilmu di blog ini. Usai selesai membaca artikel ini, Anda bisa membaca artikel terkait lainnya mengenai filsafat.

Pengertian Filsafat Pancasila
Ilustrasi: Google Image

Baiklah, tanpa perpanjang pengantar lagi, kami langsung saja sajikan kumpulan pengertian filsafat Pancasila untuk Anda.

Beberapa Pengertian Filsafat Pancasila Yang Wajib Dipahami

Kumpulan pengertian di bawah ini masih berjumlah 6 (enam). Di kemudian hari akan dilakukan pembaharuan jika dibutuhkan.

1. Soekarno

Soekarno manyatakan bahwa pancasila merupakan filsafat asli Indonesia yang diambil dari budaya dan tradisi Indonesia dan akulturasi budaya india (Hindu-Budha), Barat (Kristen) dan Arab (Islam).

Beliau berpendapat bahwa (Ketuhanan) ialah asli berasal dari Indonesia (keadilan sosial) terinpirasi dari konsep ratu adil, Soekarno tidak pernah menyinggung atau memprogandakan (persatuan).

2. Soeharto

Sedangkan oleh Presiden ke Bapak Soeharto filsafat pancasila mengalami perubahan, melalui filsuf-filsuf yang disponsori Depdikbud semua elemen Barat disingkirkan dan diganti interpretasinya dalam budaya Indonesia sehingga menghasilkan (Pancasila truly Indonesia).

Semua sila dalam pancasila ialah asli Indonesia dan pancasila dijabarkan menjadi lebih rinci yakni dalam butir-butir pancasila.

3. Ruslan Abdulgani

Ruslan Abdulgani berpendapat bahwa Pancasila adalah filsafat negara yang lahir sebagai ideologi kolektif (cita-cita bersama) seluruh bangsa Indonesia.

4. Notonagoro

Notonagoro mengartikan bahwa Filsafat Pancasila ini memberikan pengetahuan dan pengertian ilmiah yaitu tentang hakikat pancasila.

Secara ontologi, kajian pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar sila-sila pancasila.

5. Kajian Ontologis

Secara ontologis, dari kajian pancasila merupakan sebagai filsafata yang dimaksudkan sebagai upaya untuk dapat mengetahui pada hakekat dasar dari sila-sila panacasila. Bahwa pada hakekatnya dasar ontologism pancasila ialah manusia, sebab pancasila merupakan subjek hukum pokok dari pancasila itu sendiri. Kemudian pada hakekatnya manusia itu ialah semua kompleksitas makhluk hidup baik sebagai makhluk indivindu sekaligus juga sebagai makhluk sosial.

6. Pengertian Filsafat Pancasila Secara Umum

Filsafat Pancasila secara umum adalah hasil berpikir atau pemikiran yang sedalam-dalamnya dari bangsa Indonesia yang dianggap, dipercaya dan diyakini sebagai kenyataan, norma-norma dan nilai-nilai yang benar, adil, bijaksana, dan paling sesuai dengan kehidupan dan kepribadian bangsa Indonesia.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah merasa terbantu dengan informasi dari kami? Jika sudah tentunya kami sangat bersyukur kepada Allah Swt karena kerja kami tidak sia – sia.

Demikian dulu kami cukupkan penulisan artikel pengertian filsafat Pancasila disampaikan. Saran dan kritik tulis pada kolom komentar.

Tetap Semangat & Selalu Tebar Kebaikan!

Silahkan berkomentar