Pengertian Akuntasi
Ilustrasi: Akun.biz

20 Pengertian Akuntansi Menurut Beberapa Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Akuntansi menurut para ahli dalam dan luar negeri menjadi referensi untuk lebih jauh belajar mengenai ilmu Akuntansi. Bisa dibilang orang yang belum mengetahui arti dari akuntansi belum ‘afdhol’ untuk melangkah kepada pelajaran selanjutnya.

Selain untu dipejari, kegunaan akuntansi dalam dunia keuangan sangat penting sekali. Keuangan dan Akuntansi seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling terkait dan saling melengkapi.

Mencari informasi mengetahu akuntansi bisa dilakukan pada media internet. Dengan cepat Anda akan temukan pengertian Akuntasi. Internet memang menjadi alat komunikasi modern yang sangat membantu manusia dalam menemukan informasi.

Definisi Akuntansi juga dapat dijumpai pada buku wajib mahasiswa ekonomi yang ada di perpustakaan maupun di toko buku. Ada juga mahasiswa yang tidak mau membeli buku, tetapi mem-copy bukunya. Apakah ini termasuk kedalam pembajakan ya?

Oke, kali ini kita tidak sedang membahas bajak membajak. Namun yang kita bahas adalah apa yang dimaksud oleh Akuntansi menurut para ahli.

Pengertian Akuntansi
Ilustrasi: Akun.biz

Sebelumnya, pada blog ini ada banyak artikel yang kami tulis. Ada pengertian seni rupa dan pengertian matematika serta usaha sampingan untuk karyawan.

Lanjut..

Kumpulan Pengertian Akuntansi Menurut Beberapa Para Ahli

Dari kerja beberapa hari ini, akhirnya kami dapat mengumpulkan beberapa pendapat dari ahli tentang pengertian akuntansi. Bisa jadi yang kami lakukan ini jauh dari sempurna dan lengkap. Namun kami sudah melakukan semampunya dan semaksimal mungkin.

Baiklah, silahkan disimak ya.

1. Sophar Lumbantoruan

Akuntansi ialah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti.

2. Dr. M. Gede

Akuntansi merupakan suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya dan analisis catatan tersebut sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap kinerjanya.

3. Kohler’s Dictionary

Akuntansi merupakan suatu seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.

4. West Churman

Mengemukakan bahwa akuntansi ialah pengalaman tertulis yang gunanya untuk mengambil suatu keputusan yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

5. Rudianto

Akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak terkait yang berkepentingan dengan kegiatan ekonomi dan keadaan suatu badan usaha tertentu.

6. Abu Bakar A. dan Wibowo

Akuntansi adalah sebagai prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi. Maksudnya, akuntansi adalah sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan kemudian disajikan dalam laporan keuangan

7. Warren dkk

Menjelaskan bahwa akuntansi secara umum adalah sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak yang terkait atau berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan.

8. Arnold

Menjelaskan akuntansi yang dipandang sebagai sistem untuk menyediakan sebuah informasi khususnya keuangan kepada siapa saja yang membuat keputusan dan yang mengendalikannya.

9. Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison

Akuntansi adalah sebagai suatu sistem informasi yang mengukur aktifitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan

10. Littleton

Akuntansi adalah perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi sebagai sebuah usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan prestasi atas usaha tersebut.

11. Mulyadi

Akuntansi difungsikan sebagai alat mencatat dan menyajikan laporan keuangan untuk mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan

12. Paul Grady

Akuntansi adalah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik, dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterpretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

13. Suparwoto L

Akuntansi adalah sebagai suatu teknik atau sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal meliputi investor, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.

14. Zaki Baridwan (2000)

Akuntansi adalah adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah menyiapkan data-data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memiliki alternatif-alhternatif dalam suatu keadaan

15. Sofyan Harahap (2005)

Akuntansi diartikan sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil kesimpulan oleh para pemakainya.

16. Henry Simamora (2005)

Akuntansi (accounting) adalah proses pengukuran aktifitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan

17. Frederick D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Akuntansi didefinisikan sebagai suatu proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

18. S. Munawir (2005)

Akuntansi adalah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagian bersifat keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.

19. Soemarso S.R. (2004)

Akuntansi sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

20. American Accounting Association

Akuntansi merupakan sebuah proses pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran, dan laporan transaksi keuangan dari suatu organisasi yang dijadikan sebagai informasi dalam pengambilan keputusan ekonomi oleh pihak yang membutuhkan.

Gimana? Apakan informasi diatas sudah membantu Anda? Anda bisa jawab pada kolom komentar ya. Jangan sungkan sampaikan jika ada kesalahan yang Anda temukan.

Demikian dulu kami sampaikan info tentang pengertian akuntansi dan kedepan akan kami update secara berkala sesuai dengan rencana.

Tetap Semangat & Selau Belajar!

Silahkan berkomentar