Pengertian Filsafat Hukum
Ilustrasi: Hidayatullah

11 Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Diposting pada

Pengertian Filsafat Hukum menurut beberapa ahli (pakar) dan secara umum akan disampaikan pada kesempatan ini. Filsafat dan hukum adalah dua disiplin ilmu yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan hukum selama menjalani perkuliahan di kampus. Dengan mengetahui filsafat dan hukum maka dengan mudah Anda mengetahui lanjutan ilmu berikutnya.

Apa yang dimaksud dengan filsafat hukum diurai dengan beberapa pendapat ahli supaya pembaca dengan mudah menemukan benang merah perbedaan. Perlu diingat perbedaan yang terjadi jangan dijadikan sebuah hal yang mengerikan, tapi jadikan sebagai kekayaan dalam dunia ilmu pengetahuan.

Definisi filsafat hukum sangat terkait dengan pengertian filsafat dan pengertian filsafat ilmu serta pengertian filsafat pendidikan yang sudah kami sampaikan sebelumnya dalam blog ini. Bagi Anda yang ingin membacanya silahkan cari pada menu pencaharian ya.

Ada yang bilang dengan belajar filsafat hukum akan membuat kita jadi orang yang bijaksana untuk mengerti hukum itu sendiri. Benar tidak ya? (Tulis dikomentar ya).

Alasan kami menulis artikel pengertian filsafat hukum adalah karena banyaknya orang yang mencari di mesin pencari, baik Google, Yahoo dan Bing. Dengan begitu kami pun menyimpulkan untuk mengabil peran. Ada kebutuhan disana dan harus dipenuhi kebutuhan itu. Kami pun menulis artikel ini dan anda membacanya.

Perlu diketahui, beberapa waktu yang lalu kami juga menuliskan banyak pengertian – pengertian dalam blog ini. Ada pengertian hukum dan pengertian hukum lingkungan serta pengertian hukum internasional. Sebenarnya tidak cuma ini, karena hampir setiap hari kami melakukan posting terbaru di blog ini.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kita kepada topik artikel ya. Dan memang inilah yang Anda tunggu – tunggu dari tadi, bukan?

Pengertian Filsafat Hukum
Ilustrasi: Hidayatullah

Kumpulan Pengertian Filsafat Hukum Menurut Beberapa Para Ahli

Butuh lebih dari sehari membuat list pengertian ini. Mulai dari riset kata kunci sampai penulisan dan mempublikasikannya.

Bagi yang sudah tidak sabar, silahkan simak ya.

1. Satjipto Raharjo

Filsafat hukum mempelajari pertanyaan-pertanyaan dasar dari hukum. Pertanyaan tentang hakikat hukum, tentang dasar bagi kekuatan mengikat dari hukum, merupakan contoh-contoh pertanyaan yang bersifat mendasar itu. Atas dasar yang demikian itu, filsafat hukum bisa menggarap bahan hukum, tetapi masing-masing mengambil sudut pemahaman yang berbeda sama sekali. Ilmu hukum positif hanya berurusan dengan suatu tata hukum tertentu dan mempertanyakan konsistensi logis asa, peraturan, bidang serta system hukumnya sendiri.

2. William Zevenbergen

Menurut William Zevenbergen , Filsafat hukum ialah cabang ilmu hukum yang menyelidiki ukuran –ukuran apa yang dapat dipergunakan untuk menilai isi hukum agar dapat memenuhi hukum yang baik. Ia juga mengatakan, filsafat hukum ialah filsafat yang diterapkan dalam hukum.

3. Purnadi Purbacaraka dan Soerjono Soekanto

Filsafat hukum adalah perenungan dan perumusan nilai-nilai, kecuali itu filsafat hukum juga mencakup penyerasian nilai-nilai, misalnya penyelesaian antara ketertiban dengan ketenteraman, antara kebendaan dan keakhlakan, dan antara kelanggengan atau konservatisme dengan pembaruan.

4. Langemeyer

Menurut Langemeyer , Filsafat Hukum ialah ilmu yang membahas secara filosofis tentang hukum.

5. J. H. Bellefroid

Menurut J.H.P. Bellefroid, filsafat hukum ialah filsafat dalam bidang hukum , bukan ilmu hukum tetapi ilmu pembantu dalam mempelajari ilmu hukum.

6. Lili Rasjidi

Filsafat hukum berusaha membuat “dunia etis yang menjadi latar belakang yang tidak dapat diraba oleh panca indera” sehingga filsafat hukum menjadi ilmu normative, seperti halnya dengan ilmu politik hukum. Filsafat hukum berusaha mencari suatu cita hukum yang dapat menjadi “dasar hukum” dan “etis” bagi berlakunya system hukum positif suatu masyarakat.

7. Gustav Radbruch

Menurut Gustav Radbruch , Filsafat Hukum ialah cabang filsafat yang mempelajari hukum yang benar.

8. L. Bender. O.P

Filsafat Hukum ialah suatu ilmu yang merupakan bagian dari filsafat yaitu tentang filsafat moral /etika.

9. E. Utrecht

Menurut E. Utrecht , Filsafat Hukum memberikan jawaban atas pertanyaan – pertanyaan seperti : Apakah hukum itu sebenarnya ? (Persoalan adanya tujuan hukum). Apakah sebabnya kita mentaati hukum ? (persoalan berlakunya hukum). Apakah keadilan yang menjadi ukuran untuk baik buruknya hukum itu ? (persoalan keadilan hukum). Inilah pertanyaan – pertanyaan yang sebetulnya juga dijawab oleh ilmu hukum . Tetapi bagi benyak orang jawaban ilmu hukum tidak memuaskan .

10. Kusumadi Pudjosewojo

Menurut Kusumadi , Filsafat Hukum ialah bagian ilmu filsafat yang mempelajari apakah tujuan hukum itu ? Apakah aturan hukum sudah memenuhi syarat keadilan ? Apakah keadilan itu? Bagaimana hubungan hukum dan keadilan.

11. Filsafat Hukum Secara Umum

Filsafat hukum adalah cabang filsafat yang membicarakan apa hakikat hukum itu, apa tujuannya, mengapa dia ada dan mengapa orang harus tunduk kepada hukum.

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah temukan apa yang dicari? Bagi yang tidak menemukan, silahkan tulis pada laman komentar ya.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga artikel pengertian filsafat hukum ini memberikan menfaat kepada pembaca.

Tetap Semangat dan Selalu Berikan Yang Terbaik!

3 komentar

Silahkan berkomentar