Pengertian Filsafat
Ilustrasi via satujam.com

22 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli dan Secara Umum serta Etimologi

Diposting pada

Pengertian filsafat menurut para ahli (pakar dalam dan luar negeri) dan secara umum serta etimologi akan disampaikan lengkap di pembahasan kali ini. Banyak sekali mahasiswa yang mencari arti dari kata filsafat guna membantu mereka menyelesaikan tugas kuliah dalam bentuk makalah, paper atau skripsi.

Definisi filsafat menjadi ilmu wajib yang harus dipelajari oleh setiap mahasiswa. Contohnya adalah mahasiswa fakultas hukum. Karena banyaknya mahasiswa yang butuh informasi ini, maka kami dengan senang hati menulisnya di blog ini.

Jadi, bagi anda yang sedang cari infomasi apa yang dimaksud dengan filsafat sangat cocok berada di lama ini. Pengertian filsafat kami sampaikan dari 3 aspek, yaitu menurut para ahli, secara umum dan etimologi. Lengkap bukan?

Meski begitu, kami tetap menyarankan Anda untuk selalu melakukan verifikasi dalam menerima atau mendapat informasi via internet. Dengan cara apa verifikasinya? Anda bisa langsung merujuk kepada buku, bertanya kepada dosen atau senior, dan bisa juga melakukan diskusi dengan teman kuliah. Istilah umumnya adalah jadilah pembaca yang cerdas.

Oh iya, perlu juga diingat bahwa dalam blog ini sudah banyak ditulis seputar pengertian – pengertian. Mulai dari pengertian hukum, pengertian ilmu politik dan pengertian pemilu. Kamu bisa dapatkan dengan mengetik kata kunci pada tombol pencaharian.

Pengertian Filsafat
Ilustrasi via satujam.com

Baik, kita langsung saja pada informasi terkait judul artikel.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli Yang Penting Diketahui

Mau tidak mau, sebagai mahasiswa harus mau belajar ilmu filsafat. Minimal artinya Anda mengetahuinya. Dan untuk mengetahui makna dari filsafat, silahkan Anda baca yang berikut ini:

1. Al Farabi

Filsafat yakni ilmu atau pengetahuan tentang sifat bagaimana sifat sesungguhnya dari kebenaran.

2. Aristoteles

Filsafat ialah ilmu atau pengetahuan yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik dan estetika atau filsafat keindahan.

3. Immanuel Kant

Filsafat merupakan ilmu atau pengetahuan yang merupakan dasar dari semua pengetahuan dalam meliput isu-isu epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab pertanyaan mengerai apa yang dapat kita ketahui.

4. Plato

Filsafat merupakan ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

5. Langeveld

Filsafat ialah berpikir tentang masalah final dan menentukan, yakni tentang masalah makna keadaan, Tuhan, kebebasan dan keabadian.

6. Hasbullah Bakry

Filsafat ialah ilmu yang meneliti secara mendalam mengenai ketuhanan, manusia dan alam semesta untuk menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana alam dapat dicapai sejauh pikiran manusia dan bagaimana perilaku manusia yang seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

7. Notonegoro

Menurutnya, Filosofi yang meneliti hal-hal yang menjadi objek inti dari sudut mutlak (di), yang tetap serta tidak berubah, yang juga disebut dengan alami.

8. Rene Descartes

Filsafat ialah kumpulan semua pengetahuan bahwa Allah, manusia dan alam menjadi pokok dari penyelidikan.

9. Johann Gotlich Fickte

Filsafat sebagai Wissenschaftslehre atau ilmu dari ilmu-ilmu , yaitu ilmu umum, yang menjadi dasar segala ilmu. Ilmu yang membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu dengan mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

10. N. Driyarkara

Filsafat ialah refleksi yang mendalam tentang penyebab ‘di sana dan melakukan’, refleksi dari realitas atau reality jauh ke dalam ‘mengapa’ penghabisan itu.

11. Prof. Dr. Ismaun, M.Pd

Filsafat merupakan usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya dengan sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yg hakiki yakni pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yg sejati.

12. Harold H. Titus

Filsafat merupakan sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yg biasanya diterima dengan tidak kritis. Filsafat merupakan suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yg dijunjung tinggi.

13. Marcus Tullius Cicero (106 SM – 43SM) politikus dan ahli pidato Romawi

Beliau merumuskan Filsafat ialah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha-usaha untuk mencapainya.

14. Menurut Ir. Proedjawijatna

Filsafat merupakan ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebabnya deras untuk segala sesuatu dengan pikiran belaka.

15. Paul Nartorp

Menurut Paul Nartorp Filsafat sebagai Grunwissenschat atau ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .

16. Prof. Dr. Fuad Hasan, guru besar psikologi UI

Beliau menyimpulkan: Filsafat ialah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal, itu artinya mulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang akan dimasalahkan. Dan dengan jalan penjajakan yang radikal itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal.

17. Prof. Mr. Muhammad Yamin

Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan

18. Bertrand Russel

Filsafat ialah sesuatu yg berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana dengan teologi, filsafat berisikan tentang pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah pengetahuan definitif tentangnya, sampai sangat jauh, tidak bisa dipastikan, akan tetapi seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.

19. Sidi Gazalba

Filsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.

20. Fichte

Fichte menyebut filsafat sebagai Wissenschafslehre : ilmu dari ilmu-ilmu, yakni ilmu yang umum, yang menjadi dasar segala ilmu.

21. Pengertian Filsafat Menurut Etimologi

21.a. Kata falsafah atau filsafat dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Arab فلسفة,

21.b. Kata FIlsafat juga diambil dari bahasa Yunani; Φιλοσοφία philosophia. Dalam bahasa ini, kata ini merupakan kata majemuk, dan berasal dari kata-kata (philia = persahabatan, cinta dsb.) dan (sophia = “kebijaksanaan”). Sehingga arti harafiahnya adalah seorang “pencinta kebijaksanaan”.

Kata filosofi yang dipungut dari bahasa Belanda juga dikenal di Indonesia.

Bentuk terakhir ini lebih mirip dengan aslinya. Dalam bahasa Indonesia seseorang yang mendalami bidang falsafah disebut “filsuf”.

22. Filsafat Secara Umum

  1. a. Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio.

22.b. Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan.

Apakah Anda sudah terbantu dengan informasi diatas? Syukurlah kalau sudah. Kerja yang kami lakukan tidak sia – sia, dari mulai mengumpukan sampai mempublikasi. Paling tidak butuh 3 hari untuk menyiapkan artikel terkait filsafat ini.

Akhirnya, sampai disini dulu kami sampaikan pengertian filsafat untuk Anda. Lain waktu akan kami update banyak dan banyak lagi artikel yang tidak kalah pentingnya dari yang sudah ada.

Tetap Semangat & Selalu Tebar Manfaat ya…

Credit: Wikipedia, Google

4 komentar

Silahkan berkomentar