Pengertian Filsafat Pendidikan
Ilustrasi: Blogger

5 Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian filsafat pendidikan menurut para ahli dalam dan luar negeri sangat penting untuk diketahui oleh Anda. Di internet sangat banyak pengguna yang mencari informasi mengenai arti kata dari filsafat pendidikan. Kami punya keyakinan, sebagian besar mereka yang mencari adalah mahasiswa yang sedang kuliah dijurusan terkait, yaitu Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP). Betul atau betul?

Mungkin pengertian filsafat pendidikan juga dicari oleh mereka yang diluar jurusan FKIP, sangat – sangat mungkin. Maka dari itu, kami dengan senang hati jika informasi ini bermanfaat bagi mereka. Kerja lelah membuahkan hasilnya yang luar biasa untuk mahasiswa pendidikan dan non pendidikan.

Mencari definisi filsafat pendidikan belakangan ini sangat mudah untuk dilakukan. Hadirnya revolusi informasi membuat semua manusia mempunyai akses yang sama untuk mendapatkan informasi melalui media internet. Perangkat yang digunakan pun ada banyak, bisa melalui komputer, laptop, tablet dan smartphone.

Meski sebagai pengetahun dasar, pengertian filsafat pendidikan harus kamu ketahui dengan baik. Tidak cukup hanya dari satu pendapat saja, butuh beberapa pendapat agar Anda bisa melakukan perbandingan dengan objektif.

Pengertian Filsafat Pendidikan
Ilustrasi: Blogger

Bagi yang ingin tahu pengertian filsafat umum kami juga sudah menulisnya pada artikel sebelumnya. Ada juga pengertian pendidikan rupanya lho!

Dan kami juga harus memberi tahu Anda, dalam laman ini terjadi terus menerus update seputar topik pengertian yang banyak dicari. Ada pengertian hukum, pengertian partai politik, pengertian seni rupa dan masih banyak lagi. Kami meyakini dengan sebenar – benarnya, artikel yang ada masih kurang dan harus terus ditambah.

Oke, kita sekrang langsung kepada pokok pembahasan pengertian filsafat pendidikan.

Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Para Ahli Dari Sarjana Dalam & Luar Negeri

Jangan cuma mengandalkan pendapat ahli dari luar negeri saja. Karena pendapat ahli dalam negeri tidak kalah kok dengan mereka. Hanya saja terkadang kurang populer. Maka dari itu mari sama – sama kita mempopulerkannya.

1. Prof. Dr. Hasan Langgulung

Filsafat pendidikan adalah teori atau ideologi pendidikan yang muncul dari sifat filsafat seorang pendidik, dari pengalaman-pengalamnnya dalam pendidikan dan kehidupan dari kajiannya tentang berbagai ilmu yang berhubungan dengan pendidikan, dan berdasar itu pendidik dapat mengetahui sekolah berkembang.

2. Al-Syaibany

Filsafat pendidikan adalah aktivitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat menjadi sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan. Artinya Filsafat pendidikan dapat menjelaskan nilai-nilai dan maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya.

3. John Dewey

Filsafat pendidikan merupakan suatu pembentukan kemampuan dasar yang fundamental baik yang menyangkut daya pikir intelektual maupun daya perasaan emosional menuju tabiat manusia.

4. Imam Barnabid

Filsafat pendidikan merupakan ilmu yang pada hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Baginnya filsafat pendidikan merupakan aplikasi suatu analisis filosofis terhadap bidang pendidikan.

5. Zanti Arbi

Filsafat pendidikan juga bisa didefenisikan sebagai kaidah filosofis dalam bidang pendidikan yang menggambarkan aspek-aspek pelaksanaan falsafah umum dan menitikberatkan pada pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan secara praktis.

Nah, bagaimana bro? Sudah ketemu apa yang kamu carikan?

Kalau begitu, kami pun sudah menyelesaikan tugas terkait artikel pengertian filsafat pendidikan. Ingat, jangan sungkan untuk terus melakukan koreksi terhadapa kami jika menemukan kesalahan informasi di blog ini.

Salam Sukses & Tetap Semangat!

2 komentar

Silahkan berkomentar