Informasi terkait dengan pengertian sistem politik dibahas dari berbagai aspek
Ilustrasi (Kosngosan)

17 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli, Bahasa dan Secara Umum

Diposting pada

Pengertian sistem politik menurut para ahli, bahasa dan secara umum serta teori berkaitan lainnya akan dibahas secara lengkap pada kesempatan ini. Kami mengetahui, bagi mereka yang sedang menempuh kuliah di bidang ilmu politik, juga harus belajar tentang sistem politik. Dan syarat untuk mempelajari sistem politik, salah satunya dengan mengetahui pengertiannya.

Artikel definisi sistem politik ini adalah lanjutan dari artikel yang kami tulis sebelumnya, yaitu pengertian ilmu politik dan pengertian sosial budaya. Jadi, informasi masih ini bertujuan untuk melengkapi referensi tentang ilmu-ilmu sosial yang dipelajari pada bangku kuliah.

Meski mencari informasi saat ini sudah menjadi lebih mudah, namun jangan sampai para mahassiwa malas membaca buku cetak. Sebab, informasi yang beredar di dunia maya memang harus di verifikasi validitasnya. Dan pekerjaan memverifikasi kebenaran sebuah informasi memang kerjanya seorang mahasiswa. Jauh sebelumnya, para ilmuwan dahulu juga selalu memverifikasi kebenarannya sebuah informasi dengan merujuk pada sumber utama.

Informasi terkait dengan pengertian sistem politik dibahas dari berbagai aspek
Ilustrasi (Kosngosan)

Dari hasil ‘kerja keras’ yang kami lakukan dalam menulis artikel ini, terkumpullah macam-macam pendapat ahli tentang apa yang dimaksud dengan sistem politik. Ada pendapat ahli dalam negeri (Indonesia) dan ada juga pendapat ahli dari luar negeri.

Ok, tanpa berlama-lama dan memperpanjang kata pengantar lagi, selanjutnya kita bahas satu persatu ya.

Kumpulan Pengertian Sistem Politik

Informasi yang kami kumpulkan ini sangat membantu Anda guna menyelesaikan tugas disekolah atau di kampus. Jika Anda seorang mahasiswa, biasanya informasi seperti ini adalah untuk menyelesaikan tugas makalah. Namun jika Anda seorang dosen, informasi seperti ini membantu Anda dalam membuat bahan ajar mata kuliah dibidang disiplin ilmu politik.

1. Sukarna

Sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengolah bagaimana memperoleh suatu kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan dengan, atau negara dengan rakyatnya.

2. Drh. Wiku Adisasmito

Sistem politik adalah suatu dugaan abstrak dari kekuatan-kekuatan yang berbenturan antara negara dan pemerintah.

3. Rusadi Kantaprawira

Sistem politik adalah mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dengan berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang langgeng.

4. Mohamad Bahrudin Podomi

Sistem politik adalah rangkaian metode yang bersifat sistematis, terstruktur, dan fleksibel terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal.

5. Rober A. Dahl

Sistem politik adalah pola yang tetap dari hubungan-hubungan antara manusia yang melibatkan sampai dengan tingkat tertentu, kontrol, pengaruh, kekuasan, ataupun wewenang.

6. Drs. Abdul Kadir

Sistem politik adalah suatu sitem yang legitimate, sistem yang memelihara ketertiban (order-manitaining) atau sistem yang mentransformasi (transforming system) dalam suatu masyarakat. Sistem politik pada hakikatnya adalah suatu pola interaksi yang tetap, legitimate, yang mengikat dan bersifat otoritatif, yang melibatkan kekuasaan, aturan yang luas dan signifikan.

7. David Easton

Sistem politik adalah interaksi yang diabstrasikan dari seluruh tingkah laku sosial sehingga nilai-nilai dialokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.

8. Fredrick W. Frey

Sistem politik adalah sistem interaksi dalam suatu masyarakat melalui mana alokasi-alokasi nilai-nilai yang mengikat dan bersifat otoritatif dibuat dan diimplementasikan.

9. Prof. Sri Sumantri

Sistem politik adalah kelembagaan dari hubungan antara manusia yang berupa hubungan antara suprastruktur dan infrastruktur politik.

10. Prayetno

Sistem politik adalah sejumlah lembaga atau aktivitas politik dimasyarakat yang berfungsi mengubah input (demand, support dan resources) menjadi kebijakan yang otoritatif bagi masyarakat (out-put).

11. Menurut Samuel P. Huntington

Sistem politik sebagai Budaya (kultur) , yaitu nilai-nilai (values), sikap sikap (attitudes), orientasi (orientation), mitos (myths) dan kepercayaan (beliefs) yang relevan terhadap poltik dan yang berpengaruh dalam masyarakat.

12. Menurut Gambriel Almond

Pengertian sistem politik Menurut Gambriel Almond bahwa sistem politik adalah sebuah sistem interaksi yang dapat ditemukan dalam masyarakat merdeka (The political system is a system of interaction that can be found in a free society), yang menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Fungsi integrasi yang dijalankan oleh sistem politik untuk mencapai kesatuan dan persatuan dalam masyarakat yang bersangkutan. sedangkan fungsi adaptasi adalah sebuah fungsi penyesuaian terhadap lingkungan.

13. Menurut Rusadi Sumintapura

Pengertian Sistem politik menurut Rusadi Sumintapura bahwa sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yang menunjukkan suatu proses yang langgeng.

14. Menurut Drs. Sukarno

Pengertian sistem politik adalah sekumpulan pendapat, prinsip yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara.

15. Pengertian Sistem Politik Secara Bahasa

Untuk memperluas wawasan kita bersama, berikut adalah definisi sistem politik dikaji dari sudut bahasa setelah diatas dibahas berdasarkan pendapat para ahli.

a. Pengertian Sistem

Sistem adalah suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur (elemen). Unsur, Komponen, Atau bagian yang banyak ini satu sama lain berada dalam keterkaitan yang saling kait mengait dan fungsional. Sistem dapat diartikan pula sebagai suatu yang lebih tinggi dari pada sekedar merupakan cara, tata, rencana, skema, prosedur atau metode.

b. Pengertian Politik

Politik berasal dari kata “ polis” (negara kota), yang kemudian berkembang menjadi kata dan pengertian dalam barbagai bahasa. Aristoteles dalam Politics mengatakan bahwa “pengamatan pertama – tama menunjukan kepada kita bahwa setiap polis atau negara tidak lain adalah semacam asosiasi.
Istilah politik dalam ketatanegaraan berkaitan dengan tata cara pemerintahan, dasar dasar pemerintahan, ataupun dalam hal kekuasaan Negara. Politik pada dasarnya menyangkut tujuan-tujuan masyarakat, bukan tujuan pribadi. Politik biasanya menyangkut kegiatan partai politik, tentara dan organisasi kemasyarakatan.

c. Kesimpulan

Sistem politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan kebijakan dan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

16. Pengertian Sistem Politik Secara Umum

Sistem Politik adalah berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur dan fungsi yang bekerja dalam suatu unit atau kesatuan (masyarakat/negara).

17. Wikipedia

Sistem politik adalah subsistem dari sistem sosial.

Finally, selesai sudah penulisan artikel ini. Semoga informasi tentang pengertian sistem politik pada kesempatan kali ini memberikan manfaat kepada pembaca. Mohon dengan kerendahan hati, para pembaca berkenan melakukan koreksi atas kesalahan jika ada terjadi.

Jangan lupa, Tepat Fokus & Terus Semangat!

Credit:
Wikipedia
_https://estuputri.wordpress.com/2010/05/26/pengertian-sistem-politik/

Silahkan berkomentar