17 Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli, Secara Umum & Contohnya

Diposting pada

Pengertian ilmu politik menurut para ahli Indonesia dan luar negeri merupakan ilmu dasar dibidang politik untuk mempelajari teori-teori selanjutnya.

Terkait dengan pengertian ilmu politik, bisa ditinjau dari berbagai aspek – selain menurut para ahli – misalnya pengertian ilmu politik secara umum dan contohnya.

Mereka yang sedang mencari arti dari ilmu politik adalah para mahasiswa yang secara umum kuliah mengambil jurusan ilmu politik, baik tingkat dasar maupun lanjutan. Selain mahasiswa, dosen dan para politisi juga menjadi pihak yang harus mehamami terori ini.

Ilustrasi (Google Image)

Wawasan terkait definisi Ilmu politik, dapat ditemukan melalui baca buku yang ada diperpustakaan dan di toko buku terdekat. Dan saat ini, semuanya sudah dengan mudah didapat via internet dengan mengetik kata kunci dimesin pencari Google, Yahoo dan Bing.

Bukan cuma itu saja, buku dalam bentuk digital sudah lama hadir untuk membantu mereka yang tidak mau berat-berat membawa buku cetak kemana-mana. Semuanya dikembalikan kepada pembaca, mau baca buku cetak atau buku digital.

Sebelumnya, blog ini sudah banyak membahas mengenai disipilin ilmu untuk di sekolah dan dikampus (Universitas). Ada artikel tentang pengertian hukum Internasional, pengertian hukum lingkungan dan pengertian hukum adat. Semua ditulis dengan semangat berbagi. Satu lagi yang tidak lupa adalah pengertian sosial budaya.

Dan kali ini dengan senang hati bisa menulis mengenai apa yang dimasksud dengan ilmu politik. Dari hasil pencarian yang kami lakukan, ditemukan ada belasan pendapat ahli tentang ilmu politik, tepatnya 17 terori.

Macam-Macam Pengertian Ilmu Politik Yang Penting Diketahui

Jumlah ini akan ditambah sesuai dengan perkemabangan dan kebutuhan informasi ini. Karena yang namanya teori sosial selalu dinamis dalam perjalannya. Untuk sementara, menurut hemat kami, 17 arti dari ilmu politik ini bisa membantu pembaca.

Baiklah, kita bahas satu persatu ya.

1. Deliar Noer

Pengertian ilmu politik menurut Deliar Noer yang dalam buku pengantar pemikiran politik, ilmu politik memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat.

2. Miriam Budiardjo

Menurut Miriam Budiardjo, bahwa pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti plato dan aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik).

3. Socrates (469-399 SM)

Menurut socrates ilmu politik adalah ilmu yang membahas masalah Public good (kebaikan bersama) yakni struktur ideal serta tentang keadilan.

4. Sri Sumantri:

Pengertian ilmu politik menurut Sri Sumantri bahwa ilmu politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.

5. Plato (429-347 SM)

Menurut Socrates ilmu politik adalah ilmu yang membahas tentang siapa yang memerintah dan kedudukan individu dalam lingkup kekuasaan yang dipegang.

6. Aristoteles (384 – 322 SM)

Ilmu politik adalah ilmu yang membahas tentang asal dan tujuan terbentuknya negara.

7. Harolod Laswell :

Ilmu Politik memepelajari masalah siapa mendapat apa, kapan dan Bagaimana

8. Johan Kaspar Bluntschli

Dalam buku The Teory of the State: “Ilmu Politik adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya, dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.

9. Ramlan Surbakti

Pengertian ilmu politik menurut Ramlan Surbakti adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

10. Kosasih Djahiri

Pengertian ilmu politik menurut Kosasih Djahiri bahwa ilmu politik melihat kekuasaan sebagai inti dari politik melahirkan sejumlah teori mengenai cara memperoleh dan melaksanakan kekuasaan. Sebenarnya setiap individu tidak dapat lepas dari kekuasaan, sebab memengaruhi seseorang atau sekelompok orang yang dapat menampilkan laku seperti yang diinginkan oleh seseorang atau pihak yang memengaruhi.

11. Idrus Affandi

Menurut Idrus Affandi, pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara.

12. Harold D. Laswell dan A. Kaplan

Dalam buku Power Society: “Ilmu Politik mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan”, dan dalam buku Who gets What, When and How, Laswell menegaskan bahwa “Politik adalah masalah siapa, mendapat apa, kapan dan bagaimana.”

13. W.A. Robson

Dalam buku The University Teaching of Social Sciences: “Ilmu Politik mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, … yaitu sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil. Fokus perhatian seorang sarjana ilmu politik … tertuju pada perjuangan untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan, melaksanakan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain, atau menentang pelaksanaan kekuasaan itu.

14. David Easton

Dalam buku The Political System: “Ilmu politik adalah studi mengenai terbentuknya kebijakan umum.” Menurutnya “Kehidupan politik mencakup bermacam-macam kegiatan yang memengaruhi kebijakan dari pihak yang berwenang yang diterima oleh suatu masyarakat dan yang memengaruhi cara untuk melaksanakan kebijakan itu. Kita berpartisipasi dalam kehidupan politik jika aktivitas kita ada hubungannya dengan pembuatan dan pelaksanaan kebijakan untuk suatu masyarakat.

15. Wirjono Projodikoro

Menyatakan bahwa “Sifat terpenting dari bidang politik adalah penggunaan kekuasaan oleh suatu golongan anggota masyarakat terhadap golongan lain. Dalam ilmu politik selalu ada kekuasaan atau kekuatan.”

16. Wikipedia

Ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

17. Pengertian Ilmu Politik Secara Umum

Pengertian Ilmu Politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas mengenai teori dan praktik politik serta gambaran dan analisis mengenai sistem politik dan perilaku politik.

Nah, selesai juga informasi tentang pengertian ilmu politik kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat ya. Dan jika ada kesalahan jangan khawatir untuk menuliskannya di kolom komentar.

Tetap Semangat & Terus Belajar!