Baju Adat Dayak Kalimantan Bulang Burai King
Gambar Baju Adat Dayak Kalimantan Bulang Burai King via Salinganamah.com

7 Pakaian Adat Dayak Kalimantan Barat, Tengah,Timur dan Selatan serta Gambar

Diposting pada

Informasi tentang pakaian adat dayak Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan beserta gambar merupakan sajian budaya Indonesia kepada pembaca. Pengenalam budaya pakaian adat harus terus berjalan jangan sampai berhenti.

Pakaian adat dayak Kalimantan mempunyai keunikan tersendiri di mata dunia. Dengan bahan apa adanya dan bisa di desain untuk di gunakan oleh masyarakat dayak. Sampai kini, pakaian itu masih dipakai oleh mereka ditengah gempuran masuknya jenis pakaian modern dari luar negeri.

Pakaian tradisional di Kalimantan itu kini menjadi legenda dunia. Banyak museum yang mengabadikannya. Selain itu, para wartawan terus menjadikan berita di berbagai media sehingga secara langsung budaya dayak mempunyai daya tarik menjadi destinasi wisata.

Baca >> Pakaian Adat Jawa Tengah

Nah, apakah Anda sudah mengenai pakaian adat dayak Kalimantan? Jika mbelum, Anda tidak salah berada di blog ini. Karena kita akan membahas satu persatu tentang apa saja pakaian dayak yang dimaksud.

Sebelumnya, ada baiknya kita sama-sama mengetahui arti dari kata ‘Dayak’. Berdasarkan laman Wikipedia, Dayak mempunyai pengertian sebagai berikut:

“Suku Dayak (Ejaan Lama: Dajak atau Dyak) adalah nama yang oleh penjajah diberi kepada penghuni pedalaman pulau Borneo yang mendiami Pulau Kalimantan (Brunei, Malaysia yang terdiri dari Sabah dan Sarawak, serta Indonesia yang terdiri dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan)”

Beberapa Pakaian Adat Dayak Kalimantan yang perlu diketahui

Menghabiskan waktu sekitar 2 hari, akhirnya terkumpul juga informasi pakaian suku dayak di blog ini.

Silahkan di simak.

1. Pakaian adat Sangkarut (Baju Sangkarut)

Baju Adat Tradisional Kalimantan Baju Sangkarut
Gambar Baju Adat Tradisional Kalimantan Baju Sangkarut

Pakaian adat Sangkarut adalah pakaian adat suku Dayak Kalimantan Tengah (Kalteng) yang disebut juga dengan Baju Basulau, karena memang baju ini dilapisi Sulau – sejenis kerang. Baju Sangkarut dibuat dari serat serat daun nenas, serat daun lemba, serat tengang atau serat nyamu. Kemudian pada serat daun tersebut digantungkanlah sulau (kulit kerang).

Baju Sangkarut yang merupakan baju adat Kalteng ini sudah jarang bisa ditemukan. Pada zaman dahulu, baju sangkarut ini digunakan sebagai baju perang atau baju kebesaran untuk acara pernikahan.

2. Pakaian Adat Upak Nyamu (Baju Upak nyamu)

Pakaian Adat Upak Nyamu
Gambar tentang Pakaian Adat Upak Nyamu

Pakaian upak nyamu ialah pakaian adat tradisional yang bahannya terbuat dari kulit kayu nyamu yang dipipihkan sehingga bisa digunakan sebagai bahan pembuat pakaian dan ewah (cawat).

Baju yang terbuat dari kulit nyamu ini kadang dibentuk seperti rompi kadang juga dibentuk seperti baju tanpa lengan.

3. Pakaian Tenunan (Baju Tenunan)

Uniknya, suku dayak ngaju juga memiliki tradisi tenun, dan ini terbukti dengan adanya beberapa baju tenun. Baju Tenunan ini digunakan juga sebagai pakaian perang dan juga pakaian sehari-hari.

Sangat disayangkan, baju tenunan ini sudah sangat jarang ditemui. Bahan tenunan yang digunakan ialah serat tumbuh-tumbuhan seperti serat nyamu, serat nenas, dan beberap jenis tumbuhan lainnya.

4. Pakaian Adat Anyaman Tikar (Baju Anyaman Tikar)

Pakaian Adat Anyaman Tikar Kalimantan
Gambar Pakaian Adat Anyaman Tikar Kalimantan

Poin yang ke 4 ini, pakaian adat dari suku dayak ngaju yang merupakan baju anyaman tikar. Pada bagian luar dari pakaian adat ini biasanya ditempel hiasan tulang, kerang atau ukiran kayu. Baju adat Kalimantan Tengah ini pada zaman dahulu biasanya digunakan sebagai baju perang.

5. Pakaian Adat Kustin

 Pakaian Adat Kustin Kalimantan
Gambar Pakaian Adat Kustin Kalimantan via Bukubiru

Dikenal juga baju adat Kustin, pakaian adat dayak kenyah digunakan oleh suku Dayak Kutai. Baju adat Dayak Kutai yang disebut Baju adat Kustin atau Kutai Hitam adalah pakaian adat Kalimantan Timur (Kaltim) yang sering dikenakan oleh suku Kutai. Baju ini umumnya dipakai oleh golongan menengah ke atas sebagai pakaian resmi upacara pernikahan di masa silam.

Baju adat Kustin milik suku Kutai ini, umumnya terbuat dari bahan beludru warna hitam. Lengan baju ini panjang dan kerahnya tinggi dengan bagian kerah dan dada biasanya dihiasi oleh pasmen.

6. Pakaian Adat Bulang Kuurung

Pakaian Adat Bulang Kuurung Kalimantan
Gambar Pakaian Adat Bulang Kuurung Kalimantan via Holobis.Net

Suku Dayak selalu mengenakan pakaian ini khusus pada jenis upacara dan acara tradisional yang sedang dilaksanakan. Salah satu pakaian adat Suku Dayak Misalnya adalah bulang kuurung.

Diberi nama Bulang Kuurung karena memang baju ini pada tangannya tidak ada lengan. Bulan kuurung terbagi-bagi menjadi pakaian tanpa lengan, dokot tangan (pakaian dengan lengan pendek) serta lengke (baju dengan lengan panjang). Biasanya pakaian seperti ini digunakan oleh para dukun.

7. Pakaian Adat Bulang Burai King

Baju Adat Dayak Kalimantan Bulang Burai King
Gambar Baju Adat Dayak Kalimantan Bulang Burai King via Salinganamah.com

Dan yang terakhir, ini pakaian adat yang sangat – sangat terkenal dan Hampir semua keluarga Suku Dayak pasti memilikinya adalah pakaian adat Bulang burai king. Banyak upacara tradisional yang mengharuskan orang Dayak untuk mengenakan pakaian ini. Yang istimewa dari bulang ini adalah banyak manik-manik yang dipasang untuk hiasan. Sebagai pelengkap dan pemanis, di kepala dan ujung tangan orang yang memakai bulang burai ini mengenakan semacam hiasan yang terbuat dari bulu burung enggang yang indah dan ditata dengan berjuntai-juntai.

Baca >> Rumah Adat Aceh

Demikianlah informasi mengenai pakaian adat dayak Kalimantan. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Jika ada saran dan kriitk jangan sungkan untuk menuliskanya di kolom komentar. Terima kasih.

Silahkan berkomentar