Rumah Adat Jawa Barat Jolopong
Gambar Rumah Adat Jawa Barat Jolopong via edesainrumahminimalis.com

7 Rumah Adat Jawa Barat, Gambar dan Keterangannya

Diposting pada

Inilah informasi mengenai rumah adat Jawa Barat (Jabar) terkait gambar dan keterangannya (penjelasan). Rumah adat tradisional Jawa Barat juga dikenal dengan rumah ada suku Sunda dan beberapa suku lainnya yang tinggal di Jawa dan membangun rumah itu.

Rumah adat Jawa Barat penuh dengan nilai dan makna yang terkandung disetiap bentuk bangunannya. Warna yang ditampilkan tidak sekedar corak warna saja, namun ada unsur estetika disana.

Setiap desain rumah adat Jawa Barat sangat dipengaruhi dari mana asal daerahnya. Berbeda asal, maka akan ditemukan perbedaan model rumahnya. Yang pasti perbedaan rumah adat di Jawa Barat menjadi corak budaya Indonesia. Semua ini menyatakan bahwa Indonesia kaya akan budaya. Beberapa suku yang ada di Jabar yaitu: Sunda, Betawi, Baduy, Jawa dan suku Cirebon. Kesemua suku ini memberikan kontribusi terhadap bentuk rumah ada di Jawa Barat.

Kini, tidak semua warga di Jabar mau membangun rumah berdasarkan model dan desain rumah para leluhurnya. Jika pun ada sudah terjadi modernisasi. Hal ini bisa dibilang lumrah terjadi. Yang perlu diingat adalah: warisan budaya dari nenek moyang di Jawa Barat berupa rumah harus tetap dilestasikan sampai generasi dimasa depan.

Kenapa rumah Adat Jawa Barat Penting Untuk Dilestarikan?

Ini pertanyaan yang sangat penting untuk kami jelaskan kepada pembaca. Akibat tidak bisanya kita menjaga budaya lokal, beberapa waktu lalu salah budaya Indonesia diklaim oleh negara tentagga dan banyak rakyat Indonesia marah.

Hikmah dari kejadian tersebut, hendaknya kita sebagai rakyat Indonesia mari sama-sama merawat budaya bangsa Indonesia jangan sampai punah. Kalau bukan kita siapa lagi.

Baca >> Senjata Tradisional Jawa Barat

Pertanyaan muncul kemudian, dengan cara apa kita menjaga budaya Indonesia? Banyak cara. Salah satunya dengan cara kita mencintainya. Karena jika sudah rasa cinta muncul, maka kita akan sayang dan terus menjaganya. Simple-kan?

Lantas, apa saja rumah adat di Jawa Barat?

Berdasarkan usaha yang kami lakukan, akhirnya kami menemukan beberapa rumah Adat Jabar dari sumber-sumber yang ada.

Baik, kita bahasa satu persatu ya.

1. Imah Badak Heuay

Rumah Adat Jawa Barat Imah Badak Heuay
Gambar Rumah Adat Jawa Barat Imah Badak Heuay via alimustikasari.com

Rumah adat Badak heuay, yaitu bentuk bangunan seperti Saung tidak memakai wuwung sambungan atap (hateup) depan dengan belakang seperti badak sedang membuka mulutnya (menguap, arti sunda heuay).

2. Tagog Anjing (Anjing Nagog)

Rumah Adat Jawa Barat Tagog Anjing
Gambar Rumah Adat Jawa Barat Tagog Anjing via Blogger

Sedangkan rumah ada Jawa Barat ini yaitu bentuk bangunan mirip dengan bentuk badak heuay, tetapi ada sambungan kebagian depan dan sedikit turun. Jadi bangunannya tekuk (ngeluk) seperti anjng jongkok.

Baca >> Alat Musik Tradisional Jawa Barat

3. Parahu Kureb

Rumah Adat Jawa Barat Parahu Kureb
Rumah Adat Jawa Barat Parahu Kureb via wordpress

Dan poin yang ketiga, yaitu bentuk bangunan rumah yang atapnya (suhunan) membentuk perahu terbalik (telungkup).

4. Jolopong

Rumah Adat Jawa Barat Jolopong
Gambar Rumah Adat Jawa Barat Jolopong via edesainrumahminimalis.com

Rumah adat ciri khas provinsi jawa barat ke 4 ini Jolopong, design ini sangat familiar diseluruh tatar priangan timur. karena designya yang hemat material dan cenderung kokoh menjadi alasan kenapa warga pada memakainya. Jika ingin melihat bangunan seperti ini ada di kampung duku, rumah kasepuhan (rumah adat provinsi jawa barat) Garut.

5. Julang Ngapak

Rumah Adat Jawa Barat Julang Ngapak
Gambar Rumah Adat Jawa Barat Julang Ngapak via Pinterest

Rumah adat ini nampak seperti burung yang sedang mengepakan sayapnya. Atap yang digunakan biasanya dari ijuk, rumbia, dan alang-alang. Untuk menopang bahan ini digunakan bambu yang sudah di sirih empat. Diantara wilayah yang menggunakan rumah ini adalah kampung Naga, Tasikmlaya,
Anda tahu kampus ITB? Ya, Gedung Institut Teknologi Bandung juga menggunakan design atap seperti ini.

Baca >> Lagu Daerah Jawa Barat

6. Imah Parahu Kumureb

Imah Parahu Kumureb atau biasa disebut dengan istilah perahu tengkurep. Desain rumah ini memiliki 4 bagian utama yaitu bagian depan dan belakang berbentuk trapesium.

Selain itu dua bagian disisi kanan kiri berbentuk segitiga sama sisi. Persid dengan namanya, rumah adat ini tampak seperti sebuah perahu yang terbalik.

7. Capit Gunting

Rumah Adat Jawa Barat Capit Gunting
Gambar Rumah Adat Jawa Barat Capit Gunting via Wikipedia

Rumah adat Jawa Barat yang terakhir ini bernama Capit gunting, yakni bentuk bangunan rumah yang atap (suhunan) bagian ujung belakang atas dan depan atas menggunakan kayu atau bambu yang bentuknya menyilang dibagian atasnya seperti gunting.

Silahkan berkomentar