Kumpulan Pengertian Rumah Sakit
Gambar Kumpulan Pengertian Rumah Sakit via sehat.link

5 Pengertian Rumah Sakit Menurut Para Ahli Terbaru, UU dan Permenkes

Diposting pada

Pengertian rumah sakit menurut para ahli yang terbaru, undang -undang (UU) dan peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) disampaikan secara lengkap. Tujuan dari definisi ini dibuat adalah untuk membantu mahasiswa, guru atau pun dosen dalam menyelesaikan tugasnya.

Bukan cuma mahasiswa kedokteran, mahasiswa lain pun butuh informasi tentang arti dari rumah sakit. Karena informasi ini bersifat umum.

Untuk mereka yang mau mengetahui lebih jauh tentang rumah sakit, sudah diwajibkan mengetahui apa yang dimaksud dengan rumah sakit. Hal ini berguna untuk ketahapan pengetahuan selanjutnya, seperti manajemen rumah sakit, rumah sakit Islam dan lainnya.

Kumpulan Pengertian Rumah Sakit
Gambar Kumpulan Pengertian Rumah Sakit via sehat.link

Baiklah, tanpa perpanjang pengantar lagi, berikut kita bahas satu persatu mengenai pengerrtian dari rumah Sakit.

Pengertian Rumah Sakit Menurut Para Ahli

Terdapat dua pendapat mengenai arti rumah sakit menueut para ahli yang berhasil kami temukan. Jika Anda merasa kurang, silahkan cari di buku-buku terkait sebagai referensi.

Menurut Muninjaya:

“Rumah sakit merupakan bagian dari sistem pelayanan publik kesehatan yang harus memenuhi kriteria availability, appropriateness, continuity sustainability, acceptability, affordable, dan quality.”

Sedangkan menurut Siregar:

“Rumah sakit adalah suatu organisasi yang kompleks, menggunakan gabungan ilmiah khusus dan rumit, dan difungsikan oleh berbagai kesatuan personil terlatih dan terdidik dalam menghadapi dan menangani masalah medik modern,yang semuanya terkait bersama-sama dalam maksud yang sama, untuk pemulihan dan pemliharaan kesehatan yang baik.”

Pengertian Rumah Sakit Menurut UU

Selain pendapat para ahli, ternyata di dalam peraturan perundang-undangan sudah ada informasi mengenai pengertian rumah sakit. Hal itu diatur dalam Undang-Undang No. 44 tahun 2009.

Menurut UU No. 44/2009: “Rumah sakit adalah instutusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.”

Pengertian Rumah Sakit Permenkes

Tidak cukup menurut pendapat para ahli dan UU, ternyata definisi atau arti rumah sakit sudah juga di atur oleh Menteri Kesehatan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/MENKES/PER/III/2010.

Pada keputusan menteri kesehtan itu berbunyi: “Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat”.

Dan pada tahun 2004, pengertian rumah sakit juga sudah ada menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

Permenkes 2004 itu menyatakan bahwa: “Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan, tempat berkumpulnya orang sakit maupun orang sehat, atau dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan”.

Kesimpulan

Dari pengertian dan definisi mengenai rumah sakit diatas, dampat disimpulkan bahwa rumah sakit berfungsi sebagai pemberi pelayanan.

Jenis pelayanan yang diberikan rumah sakit adalah pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, pelayanan perawatan, pelayanan rehabilitasi, pencegahan dan peningkatan kesehatan, sebagai tempat pendidikan dan atau pelatihan medik dan para medik, sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan serta untuk menghindari risiko dan gangguan kesehatan sebagaimana yang dimaksud, sehingga perlu adanya penyelenggaan kesehatan lingkungan rumah sakit sesuai dengan persyaratan kesehatan.

Ok, demikian informasi mengenai pengertian rumah sakit menurut para ahli, UU dan Permenkes ini kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat.

Credit: smartplusconsulting.com, repository.usu.ac.id

Silahkan berkomentar