Kumpulan mengenai pengertian rumah adat
Rumah Adat via Blogger

Pengertian Rumah Adat serta Arti dari Rumah dan Adat

Diposting pada

Pengertian Rumah Adat ini disampaikan dengan referensi yang lengkap berguna untuk membantu Anda yang membutuhkan, baik untuk kepentingan akademis atau yang lain.

Jika selama ini kita mempelajari tentang rumah adat Aceh dan rumah Adat Jawa Barat serta rumah Adat Sumatera Utara.  Beberapa dari rumah adat yang ada di Indonesia tidak semuanya masih eksis. Ada yang sudah punah dan ada yang masih ada cuma dalam berbentuk replika saja. Muncul pertanyaan, sudahkah kita pelajari mengenai arti dari Rumah Adat? Jika sudah, ya alhamdulillah, tetapi jika belum, maka Anda beruntung berada di blog ini.

Simak terus…

Kumpulan mengenai pengertian rumah adat
Rumah Adat via Blogger

Menemukan arti dari Rumah Adat, terlebih dahulu kita akan membagi menjadi pemenggalan kalimat jadi 2 kata, yaitu “Rumah” dan “Adat”. Sebelum memberikan arti dari Rumah Adat, ada baiknya kami memberikan pengertian dari kedua akta itu.

Oke, kita ambil definisi rumah sebagai berikut.

Pengertian Rumah:

“Rumah adalah aktualisasi diri yang diejawantahkan dalam bentuk kreativitas dan pemberian makna bagi kehidupan penghuninya.” Budihardjo (1994:57).

Selanjutnya, adalah informasi mengenai adat yang kami ambil dua pengertian.

Pengertian Adat:

“Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang lazim dilakukan di suatu daerah. Apabila adat ini tidak dilaksanakan akan terjadi kerancuan yang menimbulkan sanksi tak tertulis oleh masyarakat setempat terhadap pelaku yang dianggap menyimpang.”

dan..

“Adat berasal dari bahasa Arab yang berarti “kebiasaan”, jadi secara etimologi adat dapat didefinisikan sebagai perbuatan yang dilakukan berulang-ulang lalu menjadi suatu kebiasaan yang tetap dan dihormati orang, maka kebiasaan itu menjadi hukum tidak tertulis.”

Setelah kita mendapatkan pengertian dari “Rumah” dan “Adat”, maka selanjutnya dengan mudah kita memberikan pengertian terhadap kalimat pengertian Rumah Adat.

Simak informasinya berikut ini.

Pengertian Rumah Adat

Kemudian, kita akan sama-sama mengetahui tentang definisinya secara lengkap.

“Rumah Adat adalah bangunan yang memiliki cirikhas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu.Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat.”

Begitulah cara kami menyampaikan pengertian dari rumah adat kepada pembaca. Semoga menambah wawasan pembaca.

Credit: Wikipedia, Gurupendidikan.co

1 komentar

Silahkan berkomentar