Alat musik daerah
Alat musik daerah vai Vebma

Inilah 57 Alat Musik Daerah dan Asalnya beserta Gambarnya

Diposting pada

Budaya Indonesia dibidang alat musik sangat banyak dan menjadi warisan yang terus dijaga keutuhannya sampai kini. Meski ada beberapa alat musik daerah yang susah untuk dijumpai lagi.

Setiap alat musik daerah memiliki asalnya yang berbeda – beda. Ada asal alat musik dari daerah Aceh, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. Ya, Indonesia memang kaya akan budaya dan semoga generasi bangsa mampu merawatnya dengan baik.

Melahirkan karya dibidang seni alat musik, nenek moyang kita dahulu adalah manusia yang mempunyai peradaban. Selain berfungsi untuk menghibur, musik merupakan indikator dari sebuah peradaban manusia. Musik dan manusia sangat sulit untuk dipisahkan.

Alat musik daerah
Gambar Alat musik daerah vai Vebma

Seni alat musik sampai kini terus ada di Indonesia dan dihadirkan pada acara-acara tertentu. Ada alat musik daerah yang dimainkan dengan cara petik seperti Gitar dan Gambus. Dan ada pula yang dimainkan dengan dipukul serta alat musik tiup.

Kebutuhan akan musik terus ada dan tidak akan pernah berhenti (meski ini adalah kebutuhan yang sifatnya sekunder). Kemudian hadirlah alat musik modern sebagai kompetitor alat musik tradisional di Indonesia. Perlahan eksistensi alat musik tradisional mulai pudar. Banyak musisi yang lebih suka menggunakan alat musik modern.

Baca >> Pengertian Alat Musik Tradisional dan Modern

Arus perkembangan teknologi informasi pun tidak bisa dibendung oleh banyak negara, termasuk negara Indonesia. Dampaknya ada yang positif dan ada yang negatif. Positif karena bisa membantu kerja-kerja manusia menjadi lebih efektif. Sedang efek negatifnya, manusia lebih suka yang instan dan kurang menghargai yang namanya proses.

Ini berlaku pada alat musik juga. Kini Smartphone bisa berfungsi menjadi semua alat musik. Jadi sebenarnya tidak perlu menghadirkan alat musik lagi jika grup musik ingin bernyanyi, cukup hadirkan Laptop, Smartphone dan Tablet. Kalau pun ada alat musik, cukup Pianika kecil saja. Kolaborasi semua alat musik pun terjadi dengan sempurna.

Saksikan video berikut ini:

Dimanakah Informasi 57 Alat Musik Daerah dan Asalnya beserta Gambarnya?

Nah, untuk informasi mengenai judul: “Alat Musik Daerah dan Asalnya beserta Gambarnya” ini, Anda sebenarnya bisa dengan mudah mendapatkan. Karena pada blog ini sudah banyak diulas mengenai informasi alat musik tradisional dari berbagai sisi.

Baca >> 57 Alat Musik Indonesia dan asal daerahnya

Anda juga bisa membaca artikel alat musik tradisional Jepang dan alat musik Bali serta alat musik tradisional Nias. Tidak cuma itu, pengertian musik tradisional dan modern pun ada pada blog ini. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh, ada juga ulasan mengenai alat musik ritmis.

Dengan membaca artikel semua itu, Anda dimungkinkan cepat mengetahui tentang alat musik daerah dan asalnya beserta gambarnya. Semoga Sukses!

Silahkan berkomentar