Pengertian musik tradisional dan modern
Gambar alat alat musik via Google

5 Pengertian Musik Tradisional dan Modern serta Perbedaannya

Diposting pada

Pengertian musik tradisional dan modern kali ini akan dibahas dengan lengkap pada artikel ini. Kepada seniman atau guru yang ingin mengetahui defisini musik tradisional dan arti musik modern rasanya tidak salah mengalokasikan waktu berkunjung ke blog ini.

Baik sekarang kiat bicarakan dahulu mengenai arti dari musik. Musik merupakan “sebuah karya seni yang tercipta dari kumpulan nada yang tersusun dalam sebuah irama”.

Baca >> Alat Musik Tradisional

Berdasarkan fungsinya, musik juga dapat menjadi sarana hiburan bagi mereka yang sedang berduka. Kemudian musik juga dapat digunakan sebagai ungkapan perasaan bagi orang yang menciptakan musik.

Lebih jauh, musik juga salah satu instrumen budaya yang dimiliki setiap bangsa. Jadi, secara garis besar musik dibagi kedalam dua bagian yaitu musik tradisional dan musik modern.

Pengertian musik tradisional dan modern
Gambar alat alat musik via Google

Apa Arti Musik Tradisional dan Musik Modern?

Oke! Untuk menjawab pertanyaan diatas. Berikut kami sajikan apa artinya. Dan tidak cuma itu, perbedaan dari musik tradisional dan musik modern pun akan ditemukan benang merahnya setelan Anda membaca informasi dibawah ini.

1. Pengertian pertama

Musik tradisional

Musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah- daerah di seluruh Indonesia. Ciri khas pada jenis musik ini teletak pada isi lagu dan instrumen (alat musiknya). Musik tradisi memiliki karakteristik khas, yakni syair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat.

Musik modern

Musik Modern adalah sebuah karya seni yang tercipta dari adanya pengaruh perkembangan jaman dan dengan alat musik yang modern pula. musik modern tidak terikat dengan satu budaya ataupun tradisi dari mereka yang menciptakannya.

2. Pengertian kedua

Musik tradisional

Musik tradisional adalah sebuah karya seni yang menjadi cerminan kebudayaan yang berkembang diwilayah tertentu , inilah definisi yang melekat pada pengertian musik tradisional, musik tradisional Indonesia lahir dan berkembang di daerah-daerah yang terdapat di Indonesia.

Musik Modern

Musik Modern adalah musik yang sudah mendapat sentuhan-sentuhan teknologi baik dari segi instrumen maupun penyajian, musik modern selalu berkembang dan mengalami pembaharuan seiring berkembangnya zaman. musik modern bersifat universal serta menyeluruh sehingga semua orang bisa saja mengerti, memahami, dan menikmati musik modern tersebut.

3. Pengertian ketiga

Musik Tradisional

Musik Tradisional adalah bagian dari instrumen budaya yang menggambarkan ciri dan adat istiadat suatu wilayah. musik tradisional selalu melekat dengan keberadaan suatu budaya tertentu dengan nada dan irama yang khas menggambarkan buadaya tersebut. biasanya musik tradisional ini menunjukkan ekspresi sebuah budaya dalam menghadapi suatu kondisi tertentu.

Musik Modern

Musik Modern adalah karya seni yang tercipta dari imajinasi dari orang yang menciptakan musik tersebut. musik modern tidak terpengaruh oleh kebudayaan suatu masyarakat tertentu dan penciptaan musik ini juga dilakukan dengan menggunakan alat-alat musik yang modern pula.

4. Pengertian musik tradisional dan modern menurut ahli

Musik Tradisional

Menurut Sedyawati (1992 : 23) pengertian musik tradisional adalah musik yang digunakan sebagai perwujudan dan nilai budaya yang sesuai dengan tradisi.

Menurut Tumbijo (1977 : 13) adalah seni budaya yang sejak lama turun temurun telah hidup dan berkembang pada daerah tertentu. Maka dapat dijelaskan bahwa musik tradisional adalah musik masyarakat yang diwariskan secara turun – temurun dan berkelanjutan pada masyarakat suatu daerah.

Musik Modern

menurut camus (1988) pengertian musik modern adalah musik yang terlahir dari adanya budaya modern contohnya band. Marching band, orkestra simponi dan konser yang pada umumnya berorientasi pada kebudayaan populer.

Menurut Subiyakto (2006) pengertian musik modern adalah musik yang sudah mengunakan instrumen yang berkembang atau telah terkena sentuhan teknologi.

5. Pengertian secara umum

Musik Tradisional

Musik Tradisional merupakan musik yang terpengaruhi oleh adat, tradisi, serta budaya masyarakat tertentu. Pada umunya musik tradisional serta instrumennya menjadi milik bersama, dikarenakan musik tradisi banyak tidak diketahui penciptanya serta tahun terciptanya musik tersebut.
Musik tradisional dengan kesederhanaannya adalah warisan seni budaya para leluhur yang memiliki nilai luhur, diakui kebenarannya karena mampu mengadaptasi lingkungan tempat karya musik tersebut hidup serta berkembang.

Musik Modern

Musik Modern adalah musik yang dikenal dengan sebutan musik kreasi baru, Musik ini bersumber dari musik tradisional serta musik klasik, yang dikemas dalam suatu hasil proses kreasi musik mencerminkan sikap dinamis yang menjadi tuntunan masyarakat. Musik modern secara prinsip dapat memberikan nuansa baru meskipun materinya lama.

Bagaimana? Apakah Anda sudah terbantu dengan informasi diatas? Jika sudah kami ucapkan terima kasih. Artinya informasi yang kami sampaikan efektif. Namun apabila informasi diatas masih jauh dari yang Anda harapkan, maka kami mohon maaf. Silahkan tulis komentar Anda di kolom komentar ya.

Baca >> Pengertian Alat Musik Tradisional dan Modern

1 komentar

Silahkan berkomentar