Alat musik Gambus
Gambar Alat musik Gambus via Youtube

Alat Musik Gambus, Fungsi dan Cara Memainkannya

Diposting pada

Alat musik gambus terkait fungsi dan cara memainkannya menjadi pelengkap pada artikel alat musik tradsional Indonesia yang sudah kami tulis beberapa waktu yang lalu diolah dari berbagai sumber.

Konon, Gambus adalah alat musik petik berasal dari Timur Tengah (Timteng) yang kemudian terjadi adaptasi dengan budaya Indonesia. Kemudian ada dikenal Gambus dari daerah di wilayah Indonesia seperti Jambi dan Riau. Sekarang, Gambus menjadi bagian dari budaya musik yang tidak bisa dipisahkan dari Indonesia.

Karena dimainkan dengan petik, alat musik Gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar.

Sampai saat ini, beberapa pagelaran musik di daerah tertentu masih memakai Gambus sebagai instrumen musik. Kita berharap, eksistensi Gambus terus ada dinamikanya ditengah arus musik dari luar negeri. Kejadian anak muda malu belajar cara memainkan alat musik Gambus harus disadarkan. Karena jika bukan pemuda, maka siapa lagi yang mau kenal dengan musik kearifan lokal.

Tak bisa di pungkiri, banyak generasi muda yang senang belajar alat musik modern dari pada alat musik kuno. Tidak tahu pasti apa alasannya. Mungkin ini masalah tren dan kesadaran berbangsa dan bernegara. Tugas pemerintah harus bisa mengarahkan fenomena ini. Jangan sampai negara Indonesia cuma cita rasa negara asing terjadi pada bidang seni dan budaya.

Baiklah, tidak melebar kemana – mana, untuk mengetahui alat musik tradisional yang di mainkan dengan cara dipetik, Anda bisa lihat disini.

Gambar Alat musik Gambus via Youtube

Pengertian alat musik Gambus

Musik adalah salah satu hiburan yang menyenangkan, hampir setiap orang menyukai musik. Musik mempunyai banyak sekali manfaat. Musik dapat mewakili perasaan seseorang, musik juga dapat memperbaiki mood seseorang. Mendengarkan musik terkadang dapat menjadi solusi yang tepat saat merasa lelah. Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak dahulu kala.

Gambus adalah salah satu alat musik yang sudah sejak lama digunakan oleh manusia untuk menciptakan musik. gambus merupakan alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus.

Fungsi Alat Musik Gambus

Gambus merupakan instrumen musik tradisional suku melayu yang tersebar di pulau Sumatera dan semenanjung Malaysia. Gambus sering dikaitkan dengan kebudayaan Islam. Sebenarnya gambus berasal dari peradaban Timur-Tengah yang digunakan dalam taqsim, tahmila, bashraf dan doulab.

Penyebaran gambus di pulau Sumatera diperkirakan sudah mulai terjadi pada masa pendudukan Portugis di Malaka, karena pada saat itu pusat aktivitas perdagangan Timur-Tengah yang sekaligus membawa ajaran Islam dipindahkan ke pulau Sumatera. Dalam tradisi musik suku Melayu, gambus digunakan dalam pertunjukan musik zapin dan ghazal.

Adapun fungsi alat musik Gambus adalah :

  1. Memberikan nilai kultur yang dominan bernuansa Islami
  2. Gambus memberikan warna baru terhadap musik Melayu
  3. Menambah pengetahuan tentang budaya Melayu yang berasimilasi terhadap seni musik dengan adanya gambus
  4. Menjadi referensi untuk peneliti-peneliti berikutnya

Gambus, Bagaimana Cara Memainkannya?

Alat musik tradisional gambus merupakan jenis alat musik petik yang berasal dari Timur tengah. Selain musik gambus, alat musik petik lainnya yang berasal dari Timur Tengah adalah Mandolin. Alat musik Gambus biasanya menjadi pengiring tarian zapin dan nyanyian pada waktu diselenggarakan pesta pernikahan atau acara syukuran.

Alat musik ini identik dengan nyanyian yang bernafaskan Islam. Dalam mengiringi penyanyi, alat musik ini juga diiringi dengan alat musik lain, seperti marwas untuk memperindah irama nyanyian. Bentuknya yang unik seperti bentuk buah labu siam atau labu air menjadikannya mudah dikenal.

Alat musik gambus juga dianggap penting dalam nyanyian Ghazal yang berasal dari Timur Tengah pada masa kesultanan Malaka. Kedatangan pedagang-pedagang Timur Tengah pada zaman Kesultanan Melayu Melaka telah membawa budaya masyarakat mereka dan memperkenalkannya kepada masyarakat di Tanah Melayu.

Demikian uraian mengenai alat musik Gambus, fungsi dan cara memainkannya. Semoga memberikan manfaat kepada pembaca.