Gambar Nama Pakaian Adat Jawa Tengah Jarik via Alimustafid

5 Nama Pakaian Adat dari Jawa Tengah, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Nama pakaian adat Jawa Tengah, gambar dan penjelasannya disampaikan lengkap pada artikel ini. Karena kami tidak mau informasi mengenal baju tradisional Jawa Tengah itu terjadi ketimpangan atau absurd. Makanya berbagai cara dilakukan guna terciptanya artikel yang berkualitas dalam menyampaikan di dunia internet.

Banyak dari masyarakat Indonesia belum begitu kenal dengan pakaian di Jawa Tengah. Padahal pakaian tersebut merupakan warisan nenek moyang yang harus terus dirawat budayanya. Jika nama atau simbolnya tidak tahu, bagaimana mau merawatnya? #mikir

Baca >> Senjata Tradisional Jawa Tengah

Inilah yang terjadi pada budaya bangsa Indonesia ditengah arus revolusi teknologi informasi. Pakaian asing yang merupakan bukan budaya lokal masuk tak terbendung. Dan sebagian dari masyarakat Indonesia tidak punya filter untuk mempertahankan eksistensi budaya sebagai kearifan lokal. Dampaknya, banyak generasi muda yang lebih kenal gaya rambut boy band dari pada Blangkon.

Tidak ada kata terlambat. Pengenalan tentang pakaian tradisional Jawa Tengah harus terus disosialisasikan kepada generasi muda. Salah satu medotenya adalah melalui internet via blog Silontong. Simak berikut kumpulan nama – namanya.

1. Batik

Image terkait dengan nama pakaian adat Jawa Tengah yang unik
Gambar Nama Pakaian Adat Jawa Tengah Batik via Elegantria

Untuk mengkampanyekan batik di Indonesia, sampai-sampai ada Hari Batik Nasional yang selalu diingat setiap tahun. Rakyat Indonesia memperingatinya setiap tahun pada tanggal 2 Oktober.

Batik hadir dengan corak beragam dan memiliki keunikan dan sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Bahkan Boy Band manca negara yang bernama West Life dikabarkan pernah memakai batik. Artinya, Batik sebagai budaya asli Indonesia sudah mendunia.

Jika orang bule saja sudah pakai baju Batik, kenapa kita sebagai warga Indonesia enggan memakainya? #mikir

2. Jarik

Ini adalah gambar pakaian adat Jawa Tengah
Gambar Nama Pakaian Adat Jawa Tengah Jarik via Alimustafid

Menggambarkan status sosial, Jarik biasa digunakan oleh sesepuh orang Jawa untuk keseharian. makna yang terkandung pada Jarik adalah sebagai gambaran tingkat hidup. Namun dengan bergulirnya waktu, pemakaian Jarik saat ini lebih kepada gaya hidup saja. Modelnya pun sudah makin beragam.

3. Surjan

Gambar Nama Pakaian Adat Jawa Tengah Surjan via Budayajawa.id

Surjan (Hanacaraka: ꦱꦸꦂꦗꦤ꧀) adalah busana atas resmi adat Jawa untuk pria. Konon, penggunaan Surjan terbatas untuk wilayah Yogyakarta. Apakah demikian sampai sekarang?

Sepertinya tidak, banyak orang Jawa sudah mengenakan Surjan tidak hanya di Jogjakarta saja. Untuk mendapatkan pakaian adat Jawa ini, dengan mudah kita membelinya melalui toko online yang banyak di internet.

4. Kebaya

Gambar Nama Pakaian Adat Jawa Tengah Kebaya via Google

Kebaya adalah pakaian yang khusus dikenakan oleh wanita di daerah Jawa Tengah. Biasa dipakai dalam rangkan acara pesta pengantin atau acara adat lainnya. Motif Kebaya pun beraneka ragam. Dari yang tradisional sampai motif modern.

5. Jawi Jangkep

Gambar Nama Pakaian Adat Jawa Tengah Jawi Jangkep via Pintaram

Jika Kebaya dipakai khusus wanita, Jawi Jangkep dipakai oleh pria. Pakaian tradisional ini merupakan seperangkat pakaian pria Jawa yang terdiri dari baju Beskap dengan motif kembang-kembang, destar atau blankon yang digunakan di kepala.

Demikianlah artikel ini kami tulis. Ingat, jangan sampai di kita saja pengenalan nama pakaian adat yang kami sampaikan diatas. Sampaikan juga kepada mereka (teman dan saudara) melalui komunikasi dalam Jaringan atau yang bisa dikenal dengan internet. Ada banyak saat ini sarana menyampaikan informasi, bisa melalui Facebook, Twitter dan Instagram.

1 komentar

Silahkan berkomentar