Gambar Papan perontok Padi via Blogger

5 Alat Pemotong Padi Tradisional dan 4 Modern, Dilengkapi Alat Pemanen Canggih

Diposting pada

Alat pemotong padi tradisional dan pemanen padi modern merupakan informasi yang penting untuk petani yang ingin mengembangkan usaha pertaniannya. Alat pertanian yang sederhana sampai saat ini masih dipakai oleh beberapa petani Indonesia. Sedang alat pemotong/pemanen modern belum juga merata penggunaannya.

Antara alat pemotong padi yang tradisional dengan yang modern mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sudah pasti alat pertanian tradisional penggunaannya lebih lambat (makan waktu) dan cendrung melibatkan banyak orang. Sedangkan alat pertanian yang modern bisa lebih hemat waktu dan sumber daya manusia (SDM).

Dibalik kelebihan alat pertanian modern, ada harga yang harus dikeluarkan oleh para petani untuk membeli alat. Bisa dibilang harganya cukup mahal disamping ketidakpastian nasib petani karena di timpa beras impor yang tidak terbendung dari negara luar. Bagi petani kaya, membeli alat pemanen padi modern mungkin tidaklah sulit.

Pengadaan alat pertanian modern dengan bantuan pemerintah kepada petani miskin harus jadi perhatian. Beberapa daerah mungkin sudah dilakukan. Tetapi apa dampak postifnya?

Untuk melakukan perbandingan dari kedua alat pertanian tradisional dan modern, ada baiknya kita bahas satu persatu alat-alatnya.

5 Alat Pemotong Padi Tradisional yang pernah digunakan Petani

Sebelum terjadi revolusi industri dibidang pertanian, alat pertanian berikut inilah yang petani Indonesia gunakan untuk memotong padi dikala panen.

1. Ani-Ani

Gambar Ani ani padi via Wikipedia

Ani-ani merupakan sebuah alat memanen atau pemotong batang padi yang terbuat dari kayu, pegangannya terbuat dari selongsong bambu kecil dan sebilah pisau kecil yang ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan. Masyarakat Jawa dahulu selalu memakai Ani-ani saat panen padi telah tiba.

2. Sabit Padi

Gambar Sabit Padi via Blogger

Sabit Padi adalah alat yang biasa digunakan petani untuk memanen padi. Seperti halnya ani-ani dan arit babatan, alat ini mempunyai peran penting saat proses pemanenan padi yang sudah siap panen. Alat ini sangatlah ringan dan mudah sekali untuk digunakan.

3. Papan Gebyok

Gambar Papan perontok Padi via Blogger

Usai batang padi telah dibabat, kemudian memisahkan bulir padi dari tangkainya dengan cara merontokkannya menggunakan alat sederhana yakni Papan Gebyok yang terbuat dari kayu. Prosesnya dengan cara manual yakni dengan memukulkan batang padi pada papan kayu.

4. Erek

Erek Padi via Youtube

Erek awalnya manual, perlahan menjadi Mesin Erek meski belum begitu canggih. Sehingga fungsinya belum begitu sistematis untuk membantu petani dikala panen.

5. Ketam

Ketam adalah pisau kecil tidak berhulu, melainkan berlandas kayu yang berfungsi untuk menuai padi.

Terbuat dari kayu seukuran tangan yang dilobangi pada bagian tengah agar bisa dijepit di antara jari telunjuk dan ibu jari.

Itulah beberapa alat pemotong dan pemanen padi tradisional (kuno,sederhana, klasik). Dan berikut ini akan disampaikan tentang alat pertanian yang modern.

4 Alat Pemotong Padi Modern yang sudah digunakan beberapa Petani

Seiring bergulirnya waktu, petani mulai bergeser dari menggunakan alat pertanian tradisional kepada alat pertanian yang modern. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil maksimal dan waktu efisien.

Yuk, kita kenali satu persatu.

1. Combine Harvesters (Perontok Pemanen Gabungan)

Combine Harvesters yaitu alat pertanian modern pemotong dan pemanen padi otomatis, modern, dan canggih yang dirancang untuk memanen perontok, memisahkan, membersihkan dan mengumpulkan biji-bijian sambil bergerak melalui tanaman berdiri.

Fungsi utama dari gabungan adalah:

  • Memotong tanaman yang sudah berdiri
    Menyalurkan tanaman yang telah terpotong potong ke unit perontok
    Perontok hasil panen
    Membersihkan butiran dari jerami.
    Mengumpulkan butiran dalam wadah.

2. Mini Combine Harvester

Mesin Combine Harvester merupakan kombinasi dari tiga fungsi yang berbeda, memotong, merontokan, dan menampi padi dalam satu rangkaian operasi.

Berdasarkan hasil dilapangan, penggunaan alat Combine Harvester bisa sangat menghemat waktu kerja petani.

3. Mesin Panen Kubota

Gambar Alat Pertanian Modern via Kubota

Alat ini buatan Jepang yang berfungsi memadukan pemanen dan penanam padi, membantu proses mekanisasi penanaman dan pemanenan padi, proses yang paling padat karya dalam penanaman padi, sehingga mengurangi jumlah tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi.

4. Mesin Pemanen Padi Mini Serbaguna

Gambar Alat pemanen padi serbaguna via alatmesin.com

Mesin ini bisa digunakan untuk memanen padi, memotong rumput atau tanaman, memanen tebu, memotong ranting, dan sebagainya.

Sekilas tentang alat pemotong dan pemanen padi modern lebih praktis dan menghemat waktu karena semua kerja petani bisa dilakukan dengan mesin.

Berharap jika petani memakai alat pertanian yang canggih hasilnya bisa meningkat berkali-kali lipat. Asal jangan, disaat petani mau panen raya, disitulah pemerintah mengeluarkan kebijakan impor beras.

Demikianlah informasi mengenai alat pemotong atau pemanen padi tradisional dan yang modern. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan.

Credit: brainly.co.id, alatmesin.com, kubota.com

2 komentar

Silahkan berkomentar