Gambar Alat Musik Gesek Keso Keso via Berita-Sulsel.com

12 Alat Musik Gesek Tradisional, Gambar dan Penjelasannya

Diposting pada
Inilah informasi mengenai alat musik gesek tradisional disertai dengan gambar dan penjelasannya. Juga terkait sejarah dan cara memainkannya. Semua itu guna memberikan pengetahuan yang lengkap kepada pembaca yang budiman.
Alat musik gesek adalah instrumen musik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini akan menghasilkan suatu bunyi melodis jika terjadi gesekan antara dawai dan busurnya.
Berdasarkan sejarah Indonesia sangat banyak ditemukan alat musik tradisional itu, jumlahnya sampai puluhan. Meski tradisional, namun beberapa daerah masih menggunakannya dalam beberapa acara kesenian. Sementara itu, sebagian lain sudah masuk dalam museum yang hanya dikenal sebagai warisan sejarah.
Bagi Anda yang ingin mengetahuinya bisa dengan mengunjungi museum daerah. Tapi kali ini Anda tidak perlu ke museum. Karena pada kesempatan ini, kami sudah mengumpulkan puluhan alat musik gesek tradisional. Kekurangannya, Anda cuma bisa melihat saja. Padahal kalau Anda menuju ke museum, Anda mungkin bisa menyentuhnya.

Berikut beberapa alat musik gesek tradisional yang harus kamu ketahui.

1. Arbab

Gambar via Google

Alat musik tradisional gesek bernama Arbab ini berasal dari daerah Aceh. Alat musik Arbab ini kerap dimainkan saat pagelaran hiburan rakyat. Arbab pernah populer dan berkembang di daerah Aceh Barat, Aceh Tengah dan wilayah piddie. Arbab sendiri dibuat dari bagian kelapa, yakni tempurungnya, sedangkan dawai geseknya dibuat dari serat rotan atau kayu. Meskipun terlihat mudah, namun dibutuhkan keahlian khusus untuk dapat menghasilkan nada yang sesuai dengan keinginan.

2. Rebab

Gambar via kamera budaya

Rebab adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek, Rebab berasal dari daerah jazirah Arab. Rebab biasanya ada dalam pagelaran seni musik dari Betawi, Rebab juga sering dimainkan bersama gambang kromong.

3. Tarawangsa

Gambar via Google

Tarawangsa merupakan alat musik Gesek tradisional dari wilayah Jawa Barat. Tarawangsa mempunyai dua dawai yang biasanya dibuat dari kawat besi atau baja. Cara memainkan alat musik Tarawangsa terbilang mudah yakni dengan menggesekkan dawai yang ada di tubuh tarawangsa dengan menggunakan senar yang ada di busur.

4. Tehyan

Gambar via Google

Alat Musik Tehyan adalah alat musik gesek tradisional dari wilayah Jakarta. Alat musik gesek ini kerap dimainkan dalam pagelaran hiburan rakyat.

5. Arababu

Gambar via Google
Arababu adalah alat musik tradisioal Maluku yang dimainkan lewat cara digesek. Alat musik ini cuma mempunyai satu senar, tak seperti Rebab yang biasanya mempunyai 2 senar. Diluar itu, alat musik ini mempunyai batang pegang dari bambu serta tabung resonansi dari 1/2 sisi tempurung kelapa. Untuk nada, tentu tak kalah merdu dengan rebab, cuma saja dalam ukuran bentuk alat musik ini terlihat lebih kecil. Alat gesek pada intinya sama juga dengan Rebab yang berupa busur serta bersenar 1, cuma untuk besarnya sesuaikan ukuran Arababu yang lebih kecil.

6. Keso Keso

Gambar Alat Musik Gesek Keso Keso via Berita-Sulsel.com

Alat musik ini berasal dari wilayah sulawesi selatan. Dawai yang digunakan untuk menggesek keso keso biasanya terbuat dari rambut kuda. Meski terbilang memiliki cara main yang sama dengan alat musik gesek lainnya, tapi dibutuhkan keahlian khusus untuk menggesek keso keso agar dapat menghasilkan nada – nada yang indah.

7. Sukong

Gambar Alat Musik Gesek Sukong via Blogger

Alat musik sukong memiliki kesamaan bentuk dengan rebab, namun suara yang dihasilkan jauh berbeda. Sukong memiliki dua buah senar dan mempunyai nada dasar G. Dalam pagelaran gambang kromong, sukong diposisikan sebagai nada bass karena suara yang dihasilkan terbilang rendah.

8. Haegeum

Gambar Alat musik Gesek Haegeum via Kompasiana

Haegeum adalah jenis alat musik gesek tradisional yang berasal dari Korea. Haegeum adalah jenis rebab yang diadaptasikan dari rebab Cina. Dengan bentuk yang unik, sebuah silinder di bagian bawah dengan bagian leher yang jenjang, haegeum memiliki dua buah senar yang dimainkan dengan cara menggeseknya menggunakan busur. Karena bentuknya yang seperti ini, haegeum dimainkan dengan meletakkannya di pangkuan si pemain, berbeda dengan biola atau viola yang dimainkan dengan seolah-olah memanggul alat musik tersebut. Dimainkan dengan cara digesek, haegeum menghasilkan nada yang sambung menyambung, memberikan kombinasi yang apik dengan instrumen petik seperti gayageum dan geomungo.

9. Erhu

Gambar Alat musik Gesek Erhu via Thomann.de
Erhu adalah salah satu alat musik gesek tradisional Tiongkok. Asal usulnya dapat dilacak sampai zaman Dinasti Tang pada abad ke-7 sampai abad ke-10 Masehi. Pada masa itu, erhu populer di antara rakyat etnis-etnis minoritas yang bermukim di bagian  barat laut Tiongkok. Dalam perkembangannya selama seribu tahun yang lalu, erhu selalu merupakan alat musik utama dalam pertunjukan opera tradisional Tiongkok.
Erhu berstruktur yang sederhana dengan panjangnya hanya 80 sentimeter, mempunyai dua dawai. Dalam pertunjukan, pemusik memegang erhu dengan tangan kiri, sedang tangan kanannya memegang penggesek. Musik yang dimainkan erhu sangat ekspresif, dan sering dijuluki sebagai “biola ala Tiongkok”

10. Yanggin

Gambar Alat Musik Gesek Yangqin via Youtube
Yangqin adalah alat musik gesek dan pukul Tiongkok. Suaranya nyaring dan mempunyai daya ekspresif yang kuat, sehingga mempunyai kedudukan penting dalam  pertunjukan musik tradisional. Menurut catatan kitab sejarah, sebelum abad menengah, di sejumlah negara Arab di kawasan Timur Tengah terdapat semacam alat musik yang dimainkan dengan pukul dawainya.

11. Rabab

Gambar Alat Musik Gesek Rabab via Youtube
Alat Musik ini merupakan alat musik tradisional gesek dari wilayah sumatera barat. Cara memainkannya juga tidak jauh berbeda dengan alat musik gesek lainnya.Alat musik rabab biasanya dimainkan dalam pagelaran hiburan rakyat untuk menghibur dan memeriahkan suasana. Meskipun merupakan alat musik adaptasi namun Rabab dapat diterima di Sumatera Barat.

12. Lagia

Gambar Alat Musik Gesek Lagia via Museum-nias.org

Lagia adalah nama salah satu alat musik tradisional nias walaupun namanya sama dengan benda langit atau asteroid tapi bentuk atau pembuatan alat musik lagia tidak berhubungan dengan asteroid, alat musik lagia hampir sama dengan rebab atau biola bedanya lagia di mainkan dengan cara meletakkan nya diatas permukaan tanah atau apasaja lalu di mainkan dengan cara di gesek.

Demikian ulasan mengenai alat musik gesek tradisional ini kami sampaikan. Semoga isi artikel ini memberikan manfaat kepada pembaca. Jangan sungkan untuk mengajukan kritik dan saran kepada kami.

Credit: 
artikelmateri.com
alatmusikindonesia.com

1 komentar

Silahkan berkomentar