Orang Papua via Locita.co

4 Senjata Tradisional Papua, Gambar serta Penjelasannya

Diposting pada

Senjata Tradisional Papua ini disampaikan lengkap karena disertai dengan gambar dan penjelasannya. Hal ini dilakukan demi kepuasan pembaca untuk menguasai informasi yang kami sajikan terkait budaya di tanah Papua.

Memiliki ciri khas dan keunikan sendiri jika kita belajar untuk mengetahui senjata di Papua, ada yang sama dengan daerah lain, seperti senjata di Bali dan juga senjata di Jawa Barat. Namun jika diteliti lebih dalam, terdapat perbedaan yang sangat mendasar.

Tidak tahu pasti sampai kapan senjata tradisional Indonesia bisa bertahan ditengah masifnya senjata modern yang hadir. Pelan tapi pasti senjata tradisional akan mulai ditinggalkan. Hanya saja, bagi yang ingin tahu bisa menemukannya pada museum yang dikelola oleh pemerintah.

Karena itu, sebaiknya lembaga pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi harus terus memasukkan materi pengenalan budaya bangsa Indonesia dalam materi pelajaran.

Selain itu, informasi tentang senjata tradisional pun bisa di akses melalui internet dari smartphone, tablet, laptop atau komputer yang terkoneksi secara online. Ada banyak media online yang konsisten mengarsipnya di dunia maya, seperti Wikipedia, dan juga sudah pasti termasuk blog yang sedang kamu baca ini.

Untuk sekedar Anda ketahui, didalam blog ini, ada banyak informasi yang bersifat edukatif berguna bagi pelajar atau dunia pendidikan. Blog ini pernah menulis artikel tentang alat komuniasi tradisional dan alat transportasi tradisional serta alat musik tradisional Indonesia. Semua dilakukan sebagai bentuk kepedulian kami kepada budaya Indonesia.

Orang Papua via Locita.co

Dan untuk kali ini, pilihan tema yang disampaikan adalah senjata tradisional Papua.

Berikut informasinya yang dimulai dari nomor urut empat ya :).

4. Busur dan Panah


Ternyata, Busur dan Panah adalah senjata yang paling populer digunakan oleh masyarakat Papua. Senjata ini termasuk yang sering mereka gunakan. Biasanya dipakai untuk berburu hewan babi ataupun hewan liar lainnya. Selain itu, seringnya konflik diantara kelompok yang terjadi membuat senjata ini juga selalu digunakan dalam berperang.

Bahan apan yang diperlukan untuk membuat busur dan panah?

Pada busur terbuat dari kayu rumi dengan seutas tali yang terbuat dari rotan. Sementara itu anak panahnya terbuat dari kayu dengan mata panahnya yang terbuat dari tulang hewan yang sudah diruncingkan. Mata panah ini umumnya akan dibubuhi cairan racun yang berasal dari getah tumbuhan hutan guna menambah efek luka.

3. Tombak

via gpswisataindonesia.info

Bukan cuma senjata di Daerah Bali saja, Tombak juga merupakan senjata tradisional Papua yang sering dipakai untuk serangan jarak jauh. Senjata ini dipakai dalam berburu ataupun perang.

Pada pegangan tombak terbuat dari kayu, sedangkan pada matanya terbuat dari batu atau tulang tajam.

Waktu berlalu, dan dengan perkembangan zaman, pada era kekinian mata tombak kerap juga ditemukan terbuat dari bahan logam. Dibeberapa tempat, modifikasi mata tombak juga tak jarang dijumpai oleh kita.

2. Pisau Belati

Pisau Belati Papua via papuaerfgoed.org

Pisau belati dari Papua ini sangatlah jauh berbeda dengan pisau belati pada umumnya yang terdapat di daerah-daerah lain di Indonesia.

Dimana letak perbedaanya?

Jika belati pada umumnya terbuat dari bilah logam, bilah belati dari Papua ini justru cuma terbuat dari tulang kaki burung kasuari, yaitu burung endemik Papua.

Selanjutnya, Tulang kaki burung Kasuari ini dipilih dikarenakan mudah untuk dibentuk dan juga ditajamkan, namun tetap mempunyai struktur yang kuat. Pada gagang atau pegangan pisau belati Papua ini umumnya juga dilengkapi dengan hiasan bulu dari burung kasuari atau serat alam.

1. Kapak Batu

Gambar Kapak Batu Papua via Blogspot

Masyarakat pedalaman Papua di masa lampau memanfaatkan bebatuan tajam sebagai mata kapaknya untuk bertani. Batuan ini diikat dengan rotan dibagian pegangannya yang terbuat dari sepotong tongkat kayu.

Sangat disayangkan, jenis senjata tradisional satu ini sudah mulai punah dengan seiring perkembangan zaman. Hanya kelompok terisolir di dalam hutan sajalah yang masih menggunakan senjata ini.

Akhirnya…

Semoga kita yang sudah membaca dan mengetahui senjata tradisional Papua diatas bisa terus menghargai budaya Indonesia. Lebih baiknya, jika kita juga melakukan gerakan penyadaran budaya Indonesia kepada lingkungan terkecil kita yang bernama keluarga di rumah. Karena sangat miris jika kita saksikan banyak kelurga yang lebih kenal budaya asing dari luar negeri.

Oke, demikianlah informasi senjata tradisional Papua kami sampaikan. Semoga bisa menmabha wawasan bagi pembaca. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar ya.