Transportasi via Blogger

4 Pengertian Transportasi Online, Laut, Darat dan Udara

Diposting pada

Berikut ini pengertian transportasi online, laut, darat dan udara untuk menambah wawasan Anda didunia pengetahuan transportasi.

Sekarang ini sudah terjadi transformasi dari tranportasi konvensional (tradisional) kepada transportasi online. Terkait dengan transportasi online, sangat perlu dicari artinya. Tujuannya untuk bisa membedakannya dengan transportasi manual.

Yang lebih lagi, Anda juga akan mengetahui tentang yang dimaksud dengan transportasi darat, laut dan udara. Transportasi darat seperti bus mempunyai definisi berbeda dengan kapal laut dan pesawat terbang.

Kami jamin Anda bisa dengan mudah memahaminya dengan baik tentang apa arti dari pengertian transportasi. Jika Anda memahami dari sudut pandang yang terbatas, maka pemahaman Anda tidak akan utuh dan objektif.

Baiklah, kita akan bahas satu persatu.

Transportasi via Blogger

1. PENGERTIAN TRANSPORTASI DARAT

Pengertian Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat adalah menggunakan kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Roda kemudian ditemukan.

Sejarah perkembangan teknologi transportasi darat di tanah air, sumber yang kami dapatkan menyebutkan bahwa hal ini berkaitan langsung dengan situasi politik yang sedang berjalan di masa itu. Bila sebelumnya masyarakat kita akrab sekali dengan kendaraan tradisional seperti kuda, pedati, gerobak, andong serta becak sebagai angkutan pribadi, angkutan barang maupun massal, lambat laun kendaraan seperti ini mulai tergantikan. Pergerakan zaman dengan laju teknologi dan tentunya tak lepas dari campur tangan rezim penguasa menjadi kekuatan yang tak terbendung.

Kendaraan-kendaraan seperti sepeda kayuh, sepeda motor, mobil serta kereta api hadir memenuhi jalan-jalan diseluruh tanah air. Perlu diketahui bahwa kedatangan bangsa Belanda yang telah menjajah rakyat Indonesia sedikit banyak turut memelopori perkembangan teknologi transportasi darat kita. Sebutlah jalur Daendels yang membentang di pulau Jawa serta hadirnya kereta api sebagai angkutan massal modern berikut infrastruktur pendukung lainnya.

Perlu diketahui, transportasi darat adalah moda transportasi yang paling dominan di Indonesia dibandingkan moda tranportasi lainnya seperti transportasi udara dan transportasi laut.

2. PENGERTIAN TRANSPORTASI LAUT

Pengertian Transportasi Laut yaitu suatu sistem pemindahan manusia atau barang yang beroperasi dilaut dengan menggunakan alat sebagai kendaraan dengan bantuan tenaga manusia atau mesin.

Pada Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI) mendefinisikan kapal sebagai kendaraan pengangkut penumpanng dan barang di laut (sungai, perairan). Sedang didalam Undang-undang tentang pelayaran, kapal didefinisikan kendaraan air dengan bentuk dan jenis tertentu, yang digerakkan dengan tenaga angin, tenaga mekanik, energi lainnya, ditarik atau ditunda, termasuk kendaraan yang berdaya dukung dinamis, kendaraan dibawah permukaan air dan bangunan terapung yang tidak berpindah-pindah.

Sebagai wilayah yang kaya akan pulau, dimana pulau-pulau di Indonesia hanya bisa tersambung melalui laut-laut di antara pulau-pulaunya. Laut bukan pemisah, tetapi pemersatu berbagai pulau, daerah dan kawasan Indonesia. Hanya melalui perhubungan antar pulau , antar pantai, kesatuan Indonesia dapat terwujud. Pelayaran yang menghubungkan pulau-pulau, adalah urat nadi kehidupan sekaligus pemersatu bangsa dan Negara Indonesia. Untuk menghubungkan semua itu dibutuhkan moda transportasi laut.

3. PENGERTIAN TRANSPORTASI UDARA

Transpostasi Udara adalah setiap kegiatan dengan menggunakan pesawat udara untuk mengangkut penumpang, kargo, dan/atau pos untuk satu perjalanan atau lebih dari satu bandar udara ke bandar udara yang lain atau beberapa bandar udara.

Sejarah transportasi udara di Indonesia terkait dengan sejarah kemerdekaan. Untuk kemudahan transportasi, pada 1948, mantan presiden Soekarno membeli dua pesawat tipe DC-3 dari Singapura. Pembelian pesawat tersebut didanai para pengusaha asal Aceh. Wilayah Aceh kala itu merupakan bagian Indonesia yang belum tersentuh Belanda.

Sebagai bentuk penghargaan kepada Aceh, dua pesawat tersebut dinamai RI-001 Seulawah Agam dan RI-002 Seulawah Inong. Pesawat tersebut melakukan penerbangan pertama pada 26 Januari 1949 dengan rute penerbangan Calcutta-Rangoon. Kedua pesawat tersebut menjadi cikal bakal perusahaan penerbangan pertama tanah air yaitu Garuda Indonesia.

Kini transportasi udara sudah beraneka ragam jenisnya. Terjadi inovasi teknologi dari waktu ke waktu.

4. PENGERTIAN TRANSPORTASI ONLINE

Pengertian transportasi online adalah salah satu penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang mengandalkan dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Transportasi online sudah menyentuh transportasi darat, laut dan udara. Dimana konsumen dapat dengan mudah melakukan pemesanan melalui internet, baik pakai perangkat komputer atau smartphone.

Saat ini, ada beberapa tranportasi online yang sudah hadir ditengah-tengah masyarakat, seperti Gojek, Grab, Uber dan sejenisnya. Moda tranportasi tersebut memanfaatkan teknologi dalam transaksinya. Jika jumpa di pinggir jalan, tidak bisa langsung di stop. Tapi harus memanggilnya dengan Aplikasi.

Jika dulu manusia pesan hanya memakai alat komunikasi melalui via telephone, sekarang tidak langi perlu memakai suara, cukup dengan sentuh (touch).

Kehadiran transportasi berbasis online ini memberikan dampak positif dan negatif. Tergantung dari sudut pandang mana melihatnya.

Penutup

Artikel pengertian transportasi yang disampaikan ini tentu masihlah belum cukup untuk bahan Anda. Maka tidak salah jika Anda juga mau meluangkan waktu untuk mencari dari sumber lain, bisa buku, makalah, atau jurnal.

Untuk pengertian bisa saja Anda mewawancari mereka yang disiplin ilmunya di tranportasi. Atau Anda bisa membaca artikel ini.

Demikian pengertian transportasi online dan pengertian transportasi darat, laut dan udara ini kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar.