Gambar via Google

10 Tempat Wisata di Aceh

Diposting pada

Tempat wisata di Aceh memang menjadi incaran para wisatawan domestik maupun internasional. Aceh di create menjadi destinasi wisata syariah yang bikin banyak orang penasaran. Beda dengan wisata di Bali yang lebih menampilkan ke-vulgaran. Disamping punya sejarah yang kelam akibat gempa dan tsunami 2014 lalu, Aceh kini jadi tempat wisata yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) (2001-2009) adalah sebuah Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra. Aceh memiliki otonomi yang diatur tersendiri, berbeda dengan provinsi lain di Indonesia, karena alasan sejarah. Di sebelah utara, Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia di sebelah barat, Sumatera Utara (Sumut), di sebelah Tenggara dan juga Selatan, Selat Malaka di sebelah Timur.

Tempat wisata di Aceh adalah salah satu tempat wisata dalam negeri yang sering menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Meski pernah dihantam gelombang tsunami beberapa tahun silam namun Aceh kembali bangkit untuk menata kembali tata kota nya dan kehidupan di dalamnya. Terbukti kini Aceh mampu bangkit bahkan dari sektor wisatanya justru meningkat dibandingkan dengan sebelum terjadinya tsunami. Pariwisata di Aceh disejajarkan dengan pariwisata di kota Bandung, Bogor, Yogyakarta dan beberapa kota besar lainnya.

Jangan pernah takut untuk berwisata di Aceh dikarenakan Aceh sekarang sudah aman, bahkan  setelah tsunami datang kini muncul berbagai tempat wisata yang bisa membuat anda selalu mengingat dan mengambil hikmah atas terjadinya tsunami tersebut.

Sebelum berkunjung ke sana, ada baiknya anda mengetahui apa saja tempat wisata yang menarik di sana. Dengan begitu anda sudah memiliki tujuan tempat wisata yang pasti. Hal tersebut bisa menghemat waktu perjalanan anda dan tentunya menghemat cost yang harus anda keluarkan. Bila perlu konsultasii dahulu kepada guide yang paham Paket Wisata Aceh sebelum Anda mengambil keputusan. Banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk menjadikan perjalanan Anda menyenangkan, seperti waktu, dana, rental mobil di Aceh dan kuliner.

Berikut 10 daftar wisata di Aceh yang wajib kamu kunjungi:

1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiyah via Google

Pulau Rubiah terletak di Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh. Nama Rubiah diambil dari sebuah tulisan yang terdapat pada nisan yang ada di pulau ini. Pulau Rubiah dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitnya terdapat 14 dari 15 biota laut yang saat ini dilindungi di Indonesia. Anda bisa diving dan snorkeling di sini, silahkan anda berenang bersama aneka ikan tropis dan menikmati indahnya terumbu karang yang berwarna warni.

2. Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh via Blogger

Tempat wisata ini menjadi kunjungan wajib bagi kamu yang datang ke Banda Aceh. Demi mengenang sekaligus menghormati para korban yang meninggal saat bencana Tsunami Aceh tahun 2004 silam, sejak tahun 2009 Museum Tsunami ini didirikan di Jl. Sultan Iskandar Muda. Museum dengan arsitektur menarik ini dilengkapi sarana audio berupa gemuruh ombak dan air yang mengucur, mirip suara saat tsunami datang menerjang.

Tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang penasaran dengan Tsunami Aceh dan ingin melihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami yang lalu. Selain menyimpan benda-benda sisa bencana alam, di sini kamu juga bisa melihat beberapa foto kerusakan akibat tsunami dan beberapa kisah korban yang selamat dari musibah tersebut.

3. Kuala Merisi

Kuala Merisi via Google

Kuala Merisi merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi dan tenang. Tempat wisata di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian.

Silakan duduk santai di atas tikar Anda dan nikmati deburan ombak dan hembusan angin pantainya. Tak jarang tempat wisata di Aceh ini dijadikan lokasi berselancar karena ombaknya yang cocok untuk olahraga air ini.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Mesid Raya Baiturrahman via Google

Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini telah menjadi ikon Aceh. Bangunan utama masjid berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah semakin terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid yang mengingatkan pada Taj Mahal di India.

Masjid ini menjadi tempat wisata religi di Aceh yang banyak dikunjungi karena keindahannya. Situs Huffington Post memasukkan Masjid Raya Baiturrahman ke dalam daftar 100 masjid terindah di dunia, bahkan Yahoo! menyebut masjid ini sebagai salah satu dari 10 masjid terindah di dunia. Hal ini tentu saja semakin membuat bangga warga Aceh dan Indonesia.

Jika ingin membeli suvenir, Anda bisa datang ke Pasar Aceh yang terletak di belakang masjid. Setelah puas berkeliling, Anda bisa berwisata kuliner karena ada banyak penjual makanan di pasar ini.

5. Pantai Lampuuk 

Pantai Lampuuk via Google

Warga Aceh tak perlu merasa iri dengan Bali yang memiliki banyak pantai indah karena di Aceh juga terdapat banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan. Salah satu tempat wisata pantai yang bisa diandalkan adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh.

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

Satu lagi kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah melihat upaya pelestarian penyu. Anda bisa ikut melepas tukik ke laut lepas. Seru, ya? Liburan sekaligus menjaga kelestarian alam.

Jika belum puas menikmati Pantai Lampuuk dalam sehari, Anda bisa menginap di cottage yang ada di kawasan pantai. Selain bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini, Anda juga bisa memuaskan perut dengan aneka sajian ikan bakar di warung-warung sekitar pantai.

6. Pantai Iboih

Pantai Iboih via Piknikdong

Tidak dipungkiri bahwa kota dengan julukan serambi Mekah tersebut memiliki banyak sekali lokasi pantai yang indah dan menakjubkan. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi ketika berada di Aceh adalah Pantai Iboih. Pantai Iboih adalah pantai terindah yang ada di Aceh.

Daya tarik dari pantai ini adalah pasir putihnya yang bagus dan warna air pantainya yang jernih. Warna pantai di sini berwarna hijau toska atau berwarna biru cerah. Suasana yang tenang dan damai cocok menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata untuk bulan madu.

Bagi pasangan yang baru menikah, menikmati suasana yang tenang dan damai di pantai ini akan membuat dunia hanya seperti milik berdua. Setiap pagi bagi pasangan yang baru menikah bisa menghirup udara pagi di pinggir pantai ini, tidak hanya itu saja bermain air di pantai pun menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

Untuk yang hobi melakukan olahraga air seperti snorkeling, diving dan lain sebagainya bisa datang ke pantai ini. Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki keindahan bawah laut. Tanpa diving pun anda sudah bisa melihat kecantikan alam bawah laut dari pantai ini. Namun bagi yang ingin diving atau snorkeling bisa juga melakukannya di sini, di bawah laut akan ada berbagai macam spesies biota laut dan ikan yang hidup diantara terumbu karang. Anda pun akan betah berlama-lama memandangi keindahan bawah laut pantai ini.

7. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom via Google

Air Terjun ini terletak di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong. Air terjun ini memiliki tinggi lebih kurang 50 meter dan dibagi menjadi dua tingkat. Namun pengunjung tidak diperbolehkan naik ke tingkat dua dan tiga dengan alasan demi keselamatan, karena adanya pembangkit listrik yang bertegangan tinggi.

Untuk bisa mencapai kawasan tempat wisata ini, anda harus melewati jalan yang naik turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Di tengah perjalanan anda akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Biasanya monyet-monyet ini meminta buah-buahan dan makanan ringan para pengguna jalan yang sedang lewat.

8. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga via Google

Pantai Lhoknga berada tak jauh dari Pantai Lampuuk. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Di sini, Anda bisa bersantai di bawah pepohonan yang rindang atau bermain voli pantai di pasirnya yang luas dan landai.

Jika bersantai dan berjemur di tepian pantai masih kurang menyenangkan bagi Anda, cobalah berselancar di lautnya. Pantai Lhoknga memiliki ombak dengan ketinggian 1,5 – 2 meter yang cocok untuk olahraga ini.

Hari beranjak sore, jangan pulang dulu. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang cantik di pantai ini. tempat wisata di Aceh ini semakin ramai pada sore hari, banyak yang datang untuk melihat pemandangan matahari terbenamnya dengan duduk bersantai dan menikmati jagung bakar.

9. Air Terjun Blang Kolam

Gambar via Google

Aceh juga memiliki tempat wisata berupa air terjun. Air terjun ini letaknya ada di Desa Sidomulyo Aceh bagian utara. Untuk menempuh lokasi wisata ini diperlukan waktu kurang lebih 30 menit dari ibukota Aceh.

Tempat wisata ini tidak bolah untuk anda lewatkan. Bagi yang sedang penat dengan rutinitas sehari-hari dan bosan dengan padatnya suasana perkotaan bisa mengunjungi tempat ini. Indahnya pemandangan, suara deru dari air tejun dan hijaunya pemandangan di sekitar air terjun membuat pikiran penat anda hilang.

Ada dua aliran air terjun yang ada di sini, oleh sebab itu air terjun ini juga dijuluki dengan air terjun kembar. Tinggi dari air terjun ini sekitar 75 km. Yang bisa wisatawan lakukan di sini adalah wisatawan bisa berenang di mata air bawah air terjun, bermain air, berendam atau hanya duduk bersantai di pinggir air terjun.

Keunikan dari tempat wisata ini adalah pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan cara berkemah. Namun bagi wisatawan yang ingin berkemah sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola wisata dan juga membayar biaya sekitar 5 ribu per orangnya.

10. Pantai Ulee Lheue

Gambar via Google

 

Pantai Ulee Lheue hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan paling populer di pantai ini yaitu memancing. Di kawasan pantai ini banyak terdapat penjual alat pancing jika anda lupa membawa alan untuk memancing. Jika anda tak suka memancing, anda masih bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Atau juga duduk santai di tepi pantai dan menikmati jagung bakar. Terdapat barisan pegunungan yang ada di seberang pantai, sehingga menambah keindahan Pantai Ulee Lheue.

Demikian kami sampaikan informasi mengenai tempat wisata di Aceh. Semoga memberikan manfaat bagi Anda yang mau mengunjunginya.

credit: http://masdonie.blogspot.co.id, tempatwisataseru.com,tempatwisataunik.com

 

Silahkan berkomentar