16 Alat Transportasi Udara Tradisional dan Modern

Diposting pada

Alat transportasi udara tradisional dan modern, prasarananya menjadi informasi yang penting. Dalam bahasa Inggris, alat transportasi (Kendaraan) disebut sebagai transportation dibaca /trɑːnspɔːˈteɪʃ(ə)n/.

Dari jaman dahulu atau zaman dulu, alat transportasi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Hal ini bisa dilihat dari jenis kendaraan itu sendiri. Seperti perbandingan antara pesawat dengan helikopter (helicopter), dimana pesawat bisa menampung lebih banyak penumpang daripada helikopter. Sedang helikopter bisa mendarat didaerah terpencing. Hal itu tidak bisa dilakukan oleh pesawat.

Oke, kita bicara sedikit tentang sejarah singkat ditemukannya pesawat (sebelum kami menguraikan tentang alat transportasi udara untuk Anda).

Diawali oleh usaha Orville Wright dan Wilbur Wright atau sering sidebut Wright bersaudara. mereka membuat pesawat yang diberi nama Flyer pada tahun 1903 di Amerika. Sejak keberhasilan mereka, banyak orang yang berusaha untuk membuat pesawat yang lebih baik sehingga terbentuk pesawat seperti sekarang ini.

Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat.

Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910.

Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900.

Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II.

Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon. Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Pesawat sekarang sungguh berbeda dengan pesawat pada masa Wright bersaudara. Dengan Teknologi yang canggih, pesawat sekarang memiliki banyak keunggulan.

Informasi berikut ini sekaligus melengkapi tentang alat transportasi udara tradisional dan modern untuk Anda. Aircraft dapat terbagi dalam beberapa jenis dan tipe:

1. Biplane

Gambar via Google

Pada urutan selanjutnya ada pesawat biplane. Pesawat jenis yang satu ini adalah sebuah pesawat tetap yang memiliki dua tumpuk sayap dan dipasang diatas satu sama lain, pesawat model sudah muncul pada saat diciptakannya pesawat terbang oleh Wright bersaudara. Sementara itu, struktur sayap pesawat biplane memiliki keungglan structural yang lebih jika dibandingkan dengan sayap biasa. Tandem sayap dari pesawat ini didesign berbeda daripada sayap pesawat biasa, sehingga pesawat ini sudah tidak memerlukan stabilizer lagi saat melakukan penerbangan.

2. Hot Air Balloon (Balon Udara)

Gambar via Google

Balon terbang atau udara merupakan sejenis pesawat terbang, sebuah balon yang dipompa dengan udara. Balon terbang dapat mengambang di udara karena daya apungnya.

Awalnya, udara yang dipompakan itu adalah hidrogen. Karena risiko ledakan, sekarang gas mulia helium digunakan sebagai media penggerak. Kelemahan balon udara adalah kecepatannya sangat lambat.

Penggunaan balon terbang terorganisir diketahui dari saat pengepungan Paris pada tahun 1870 untuk mengirim kurir dari kepungan tersebut. Saat itu dikirimkan 60 balon. Salah satu balon tersebut, Ville de Orléans, melenceng dari jalur dan tiba di sekitaran Lifjell, Telemark.

3. Seaplane

Gambar via Google

Pesawat yang mendarat di air seperti di pantai, sungai, danau, atau laut. Kelebihannya, kendaraan ini tidak membutuhkan daratan untuk mendarat. Dimana ada perairan, pesawat ini bisa mendarat.

Alat transporatasi udara jenis ini bisa juga berfungsi sebagai alat transpotasi air.

4. Airship 

Gambar via Google

Sebuah pesawat atau balon adalah jenis aerostat atau lebih ringan dari pesawat udara yang dapat dikemudikan dan didorong melalui udara dengan menggunakan kemudi dan baling-baling atau lainnya dorong mekanisme. Pada awal balon, gas lifting yang digunakan adalah hidrogen, meskipun kekhawatiran yang meluas karena mudah terbakar. Hal ini merupakan kelemahan jenis kendaraan ini.

5. Airliner

Gambar via Google

Pesawat penumpang sipil (Inggris: airliner) adalah pesawat terbang atau pesawat udara yang digunakan untuk mengangkut penumpang sipil beserta bagasi dan kargo (dengan kapasitas tertentu). Syarat-syarat mengenai pengangkutan sipil diatur dalam undang-undang, baik pemerintah maupun internasional melalui lembaga PBB bernama ICAO (International Civil Aviation organization).

Di Indonesia dikenal beberapa pesawat penumpang, baik yang milik pemerintah maupun swasta. Milik pemerintah ada dikenal dengan nama Garuda Indonesia, sedang milik swasta atau asing ada dikenal dengan nama Lion Air.

Dulu ongkos untuk naik pesawat dikenal mahal. Kini sembari berjalannya sang waktu, ongkos naik pesawat sudah mulai terjangkau.

6. Glider

Gambar via Google

Pesawat terbang Glider adalah pesawat yang lebih berat dari udara didukung dalam penerbangan oleh reaksi angkat dinamis udara terhadap permukaan, serta penerbangan yang bebas tidak tergantung pada mesin.

Sebagian besar pesawat jenis ini dimaksudkan untuk operasi rutinitas tanpa mesin, meskipun kegagalan mesin dapat memaksa jenis pesawat untuk menjadi glider.

Beberapa glider memiliki mesin untuk memperpanjang penerbangan mereka, dan beberapa memiliki mesin cukup kuat untuk memulai ke udara

7. Helikopter (Helicopter)

Gambar via Google

Helikopter adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin.

Alat transportasi udara jenis ini mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat bersayap putar untuk membedakannya dari pesawat bersayap tetap biasa lainnya. Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap).

Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl.Dibandingkan dengan pesawat bersayap tetap , helikopter lebih kompleks dan lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan, lumayan lambat, memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas.

8. Fighter Aircraft

Gambar Via YouTube

Adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang pesawat lain di udara. Berbeda dengan pesawat pengebom, yang dirancang untuk menyerang target di permukaan. Pesawat tempur relatif lebih kecil, cepat, dan lincah.

Pesawat tempur awalnya dikembangkan pada Perang Dunia I untuk menghadapi pesawat pengebom dan balon udara yang mulai lazim digunakan untuk melakukan serangan darat dan pengintaian.

Pesawat tempur pertama awalnya berupa pesawat sayap ganda kayu yang diberi senapan mesin ringan.

Pada Perang Dunia II, pesawat tempur lebih banyak dibuat dari logam, bersayap tunggal, dan menggunakan senapan mesin yang tertanam pada sayap. Setelah Perang Dunia II, mesin turbojet mulai menggantikan mesin piston, dan peluru kendali mulai digunakan untuk menggantikan senapan mesin sebagai senjata utama.

Klasifikasi pesawat tempur dibuat berdasarkan generasi. Penggunaan generasi ini awalnya digunakan petinggi pertahanan di Rusia, yang menyebut F-22 Raptor Amerika Serikat sebagai pesawat tempur “generasi kelima”.

Pesawat tempur adalah pesawat yang digunakan untuk perang di udara. Umumnya pesawat tempur berbentuk ramping, dapat bergerak lincah, membawa canon (senapan mesin) serta rudal dan bom, berkecepatan tinggi, dilengkapi dengan perlengkapan avionik yang lebih banyak daripada pesawat sipil/penumpang seperti radar yang mampu mendeteksi lawan dalam jarak jauh serta mengunci sasaran lawan. Terlebih lagi dilengkapi dengan peralatan pengecoh dan pengacau radar, sampai berkemampuan “siluman”.

9. Aerobatic Aircraft

Gambar via Google

Sebuah pesawat aerobatic merupakan Aerodyne yang digunakan dalam aerobatik, baik untuk pameran penerbangan dan kompetisi aerobatic. Pesawat ini dirancang dengan tujuan menjadi sebagai dekat dengan ideal untuk aerobatik, dengan fokus terutama pada manuver.

Dalam acara HUT TNI, biasanya Angkatan Udara (AU) memainkan kendaraan udara jenis ini. Dihadapan banyak orang, sang pilot pun bermanuver diudara dengan kreativitasnya.

10. Light Aircraft

Gambar via Google

Adalah pesawat yang memiliki berat lepas landas Berat maksimum dari 5.670 kg atau kurang. Banyak pesawat ringan digunakan secara komersial untuk penumpang dan angkutan barang , jalan-jalan, fotografi dan peran serupa lainnya serta penggunaan pribadi.

11. Pesawat Luar Angkasa

Gambar via Google

Alat transportasi udara ini berfungsii untuk mengantarkan para astronot keluar angkasa, bisa kebulan atau keplanet lain. Kendaraan udara ini tidak umum, karena biasanya untuk tujuan penelitian dari sebuah negara atau lembaga akademis.

Namun seorang pengusaha Internasional baru-baru ini dikabarkan akan membuat paket wisata untuk keluar angkasa. Apakah anda berminat?

12. Pesawat Ulang Alik

Gambar via Wikipedia

Alat transportasi udara jenis ini adalah pesawat luar angkasa milik yang digunakan dalam misi penerbangan luar angkasa berawak.

Negara Amerika Serikat (AS) dan Rusia dikabarkan memiliki kendaraan jenis ini. Tidak semua negara punya kendaraan ini. Biasanya negara yang memilikinya adalah negara yang maju secara ekonomi.

13. Aerostat

Gambar via Google

Ini meupakan pesawat udara yang paling ringan dan sederhana.

Dilansir Wikipedia, Aerostat merupakan wahana atau pesawat udara yang memanfaatkan daya dorong ke atas dalam udara (zat gas) sebagai medium pengangkat untuk melaksanakan penerbangan berlanjut dalam atmosfer, yang masuk dalam kategori ini adalah balon dan kapal udara.

14. Volokopter

Gambar via Google

Teknologi transportasi pada saat ini sudah sangat maju, baik itu transportasi darat, air atau pun udara. Teknologi yang maju ini memungkinkan jarak yang jauh dapat ditempuh dalam waktu yang semakin singkat, dengan keamanan yang semakin meningkat, dan efisiensi yang semakin tinggi. Namun demikian, harapan dan tantangan manusia untuk dapat bertransportasi dengan terbang secara pribadi masih belum.

15. Hezârfen Ahmed Çelebi

Gambar via Google

Hezârfen Ahmed Çelebi merupakan pria berkebangsaan arab yang pertama kali menggagas sistem transportasi udara pada tahun 1630. Berbekal keberanian dan ide kreatif ia menciptakan alat terbang semacam terbang layang. Percobaan pertamanya pun sukses, ia mampu terbang dari benua Asia ke benua Eropa dengan titik awal di Turki. Ia mampu menempuh jarak 3358 km pada ketinggian 85.59 m.

16. Drone

Drone merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Alat untuk mengendalikannya bisa dengan memakai alat komunikasi modern, seperti komputer, laptop, gadget atau remote control. Fungsi drone pun sangat komplek, mulai dari membawa barang antaran yang digunakan oleh perusahaan marketplace Amazon melayani konsumen. Dan bisa juga dipakai untuk mengangkut senjata.

Kegunaan lain dari alat Drone adalah merekam dari atas tentang apa yang terjadi dalam jangkauannya. Belakangan ini, drone juga digunakan untuk menyemprot alat disfektan saat pandemi Corona melanda.

Karena harganya yang terjangkau, maka banyak orang yang sudah memiliki alat bernama drone ini. Mereka membelinya di pasar daring dengan sistem pembayaran non tunai.

Sebenarnya, masih ada beberapa lagi alat transportasi udara tradisional dan modern yang ada. Karena dengan perputaran waktu, inovasi terus digencarkan. Perubahan pun tidak bisa dicegah.

Jika ada pertanyaan, jangan sungkam untuk menulisnya di kolom komentar.

Faq

T: Apa itu alat transportasi udara?
J: Ialah alat yang bergerak di udara dan kegunaannya untuk mengangkut berbagai macam benda, mulai dari benda hidup sampai dengan benda mati. Ada yang bersifat bisnis dan sosial.

T: Apa arti alat transportasi udara tradisional?
J: Yaitu alat transportasi udara yang sistem kerjanya masih jauh dari sentuhan teknologi modern. Daya angkutnya pun masih belum maksimal.

T: Apa maksud dari alat transportasi udara modern?
J: Yaitu alat transportasi udara yang sudah banyak dimodifikasi baik dalam bentuk dan kecanggihan. Bahkan ada yang sudah bisa terbang tanpa awak.

Referensi:

_http://www.alatlengkap.com/2017/06/alat-transportasi-udara.html

_http://www.agrobisnisinfo.com/2016/02/jenis-dan-macam-alat-transportasi-udara.html

_http://www.agrobisnisinfo.com/2017/10/macam-alat-transportasi-udara-jenis-dan.html

_http://www.anneahira.com/alat-transportasi-udara-tradisional.htm

_http://www.penggagas.com/tag/inovasi-id/

_http://humaniora.uniknya.com/2013/03/15/5-penemu-teknologi-yang-terlupakan-dan-belum-diakui/

1 komentar

Silahkan berkomentar