5 Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Diposting pada

Tahukah Anda perbedaan alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern? Jika Anda belum tahu, maka kali ini Anda beruntung datang ke blog Silontong.

Sebelumnya, Kami juga sudah membahas mengenai alat yang termasuk sebagai alat komunikasi tradisional dan modern, puluhan jumlahnya, dan dilengkapi dengan gambar.

Meski hidup diera zaman now, Kita selayaknya tidak lupa dengan sejarah yang pernah ada. Karena keberadaan hari ini tidak berdiri sendiri, ada peran masa lalu yang sudah mendahuluinya. Ada pribahasa: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya”.

Jadi jika kita mau jadi bangsa yang besar, maka teruslah menggali sejarah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Nah, bicara mengenai sejarah, pastinya ada banyak hal yang harus dibahas. Ada sejarah manusia, pahlawan, alat musik Indonesia, sampai alat komunikasi dan transportasi. Semuanya punya pembahasan tersendiri.

Terlepas dari itu semua, kesempatan pada saat ini, kami gunakan untuk mengupas tentang tema: Alat Komunikasi dalam bagian perbedaannya, yaitu perbedaan alat komunikasi modern dan tradisional.

Sebelum membahas hal itu, ada baiknya kita pahami dahulu seara sedehana tentang pengertian Komunikasi.

Komunikasi pada dasarnya adalah interaksi yang terjadi antara pengirim dan penerima, yang membutuhkan sarana atau media tertentu agar pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat diterima dengan baik oleh penerima.

Dapat berupa:

  • Bahasa lisan,
  • Bahasa tubuh,
  • Bahasa Tulis.

Berikut adalah beberapa perbedaanya:

Alat komunikasi tradisional mempunyai beberapa sifat yag penting untuk diketahui.
1. jarak jangkau terbatas
2. Komponennya sederhana, murah dan bisa didapat dari alam
3. Pembuatannya mudah
4. Kurang fleksibel
5. Penyampaian informasi lambat, dan jarak jangkau informasinya terbatas

Sedangkan, Alat Komunikasi modern mempunyai ciri khas yang berbeda dengan alat komunikasi tradisional. Simak berikut ini perbedaanya:

  1. peralatannya rumit
  2. jarak jangkau sangat jauh                                                                                        3. fleksibel dan praktis                                                                                                  4. mudah didapat                                                                                                            5. Mewah dan berteknologi canggih.

Tema-tema tentang tradisional dan modern banyak dibahas di blog ini. Ada juga tema alat musik tradisional, transportasi dan yang lainnya. Semua ini disampaikan guna melestarikan khazanah kekayaan Indonesia.

Demikianlah kami sampaikan tentang perbedaan alat komunikasi tradisional dan modern, Semoha bermanfaat.

Contohnya: telepon, radio , televisi, internet dll

Referensi: brainly.co.id, answers.yahoo.com

Silahkan berkomentar