Gambar via Google

20 Alat Pembersih Rumah Tradisional dan Modern

Diposting pada

Alat pembersih rumah yang tradisional dan modern adalah informasi yang sangat penting untuk dibaca bagi Anda. Artikel ditulis dengan tujuan Anda bisa mengetahui bahwa dalam membersihkan rumah ada dikenal alat untuk membersihkannya, baik tradisional (kuno, zaman dahulu, jaman dulu) dan pembersih modern untuk era sekarang alias kekinian.

Penting diketahui bahwa kebersihan rumah menjadi faktor penentu keberadaan rumah. Maka dari itu, kebersihan rumah menjadi suatu hal yang tidak bisa ditawarkan lagi. Harus dibersihkan setiap hari. Meski bersih saja tidaklah cukup. Rumah haruslah selalu dari keadaan aman saat hendak di tinggal pergi.

Dalam agama Islam bersih ada dikenal hadist nabi yang mengatakan: “Kebersihan adalah sebagian dari pada Iman”. Kira-kira maksudnya, tidak beriman secara sempurna orang yang jorok dan kotor rumahnya.

Maka dari itu dengan berkembangnya teknologi, banyak penemu membuat alat pemersih rumah berbeda-beda. Tujuannya tidak lain untuk efektif dan efisien. Efektif dalam fungsinya dan efisien dalam penggunaannya. Sehingga tidak banyak menghabiskan waktu.

Kabar baiknya, pada kesempatan kali ini, Kami akan menyampaikan kepada pembaca tentang 20 alat pembersih rumah tradisional dan modern.

1. Sikat

Gambar via Google

Ini adalah salah satu benda yang wajib dimiliki untuk membersihkan rumah. Varian sikat ada berbagai macam, mulai dari yang tidak bertangkai, bertangkai pendek, ataupun bertangkai panjang. Namun, setiap sikat memiliki keunggulan masing-masing. Sikat bertangkai panjang cocok untuk menyikat lantai dan tidak membuat pegal namun sulit menjangkau bagian sudut.

Sikat tidak bertangkai bisa mengjaungkau lebih banyak bagian namun Anda harus berjongkok saat menggunakannya. Sebaiknya miliki semua jenis sikat agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2.Sikat gigi

Gambar via Google

Sikat gigi selainuntuk membersihkan gigi manusia, ternyata benda ini juga dapat membersihkan bagian yang lebih spesifik dirumah anda. Misalnya sela-sela keramik atau wastafel. Gunakan saja sikat gigi bekas. Bentuknya yang kecil cocok untuk menyikat sudut-sudut tersembunyi yang tidak bisa digapai oleh alat pembersih yang besar.

3.Lap

Gambar via Google

Benda satu ini diperlukan untuk membersihkan bagian permukaan dari berbagai perabotan, seperti meja, kursi, perabot elektronik, pajangan dan masih banyak lagi. Pilihlah lap berbahan katun yang tidak mudah sobek. Lap microfiber yang merupakan campuran dari bahan polyster dan nylon juga bisa menjadi pilihan. Meskipun harganya cenderung lebih mahal, namun alat tersebut awet dan bisa membersihkan kotoran lebih menyeluruh dibandingkan lap pada umumnya.

4.Spons

Gambar via Google

Digunakan untuk mencuci piring dan dapur. Salah satu permukaan spons biasanya lebih kasar sehingga bisa digunakan untuk menggosok kotoran hingga bersih. Misalnya lumut yang muncul pada permukaan gayung dan sebagainya.

5.Kemoceng

Gambar via Google

Di Indonesia, kemoceng biasanya terbuat dari bulu ayam. Digunakan untuk membersihkan debu dan saran laba-laba yang terdapat di meja, atas lemari, hingga langit-langit rumah.

6.Sapu dan pengki

Gambar via Google

Membersihkan debu dan kotoran di lantai rumah Anda. Sapu tradisional terbuat dari ijuk namun pada produksi sapu yang modern, ‘rambut’ sapu terbuat dari olahan plastik yang dibuat menyerupai rambut sapu.

7.Sapu lidi

Gambar via Google

Sapu lidi dengan jumlah lidi yang banyak dan bergagang bambu biasanya digunakan untuk menyapu halaman. Sementara sapu lidi yang lebih tipis digunakan untuk menghilangkan debu dan kotoran pada tempat tidur dan sofa.

Sapu lidi digunakan dengan cara memukul-mukulkannya ke permukaan benda yang dibersihkan.

Ada dua bahan untuk membuat alat pembersih tradisional ini, yang pertama berbahan dari daun kelapa, sedang yang kedua dari daun kelapa sawit.

8.Sikat Toilet

Gambar via Tokopedia

Alat ini berbentuk membulat dengan gagang pendek. Digunakan untuk membersihkan lubang toilet.

9.Kain microfibel

Gambar via Google

Kain microfibel berfungsi menarik sehingga tidak terbang ketempat lain, kainnya pun sangat lembut dan mudah menyerap air

10.Lap pel

Gambar via Blibli.com

Digunakan untuk membersihkan permukaan lantai secara menyeluruh bersama dengan campuran air dan cairan pembersih lantai guna untuk membuat laitai terlihat bening, bersih dan wangi.

 11.penyedot debu
Gambar via Google

Digunakan untuk membersihkan debu pada karpet, sofa, tempat tidur, bahkan mobil. Dengan adaya alat tersebut maka anda tidak perlu bersusah payah mencuci karpet sofa, tempat tidur, bahkan mobil yang berdebu karena alat tersebut akan menyedot segala debu yang menempel pada karpet kesayangan anda. dan masih banyak lagi alat elektronik yang dapat memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.

Alat ini sudah masuk kategori pembersih rumah yang modern karena sudah memakai aliran listrik.

12.Mesin cuci piring

Gambar via Google

Mesin cuci piring atau dish washer sangat dibutuhkan untuk meringankan pekerjaan dapur, sebab mencuci piring pakai tangan akan memakan waktu lama dan boros air sehingga ramah lingkungan.

Ada plus-minus menggunakan alat pembersih rumah yang modern ini. Plus-nya kita tidka perlu pakai pembantu. Sedang minusnya adalah berpotensi membuat kita jadi pemalas.

13.Sarung tangan

Gambar via Google

Menggunakan sepasang sarung tangan sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, bertujuan untuk menghindari cidera dan agara kelembutan kulit tidak rusak.

Sarung tangan lebih bertujuan untuk melindungi tangan dari benda yang tidak ingin disentuh secara langsung.

14.Baking soda

Gambar via Google

Baking soda dibutuhkan untuk menekan perkembang-biakan bakteri dan kuman dan untuk menghilangkan bau tak sedap. Bersih tanpa dibarengi dengan aroma yang sedap, rasanya suasana rumah masih kurang sempurna. Maka alat ini bisa menjawab hal itu.

15.Serabut kelapa

Gambar via Google

Alat pemberish rumah yang tradisional ini bernama serabut kelapa.  Pada jaman dahulu sabut kelapa digunakan untuk membersihkan alat-alat rumah tangga seperti: untuk membersihkan piring yang kotor dan membersihkan debu yang berkarat.

16.Ampas kelapa

Gambar via Google

Tak salah memang orang mengatakan pohon kelapa adalah pohon seribu guna, bukan masalah pohonnya tapi semua dari pohon kelapa bisa digunakan bahkan sudah jadi sampah sekalipun, dan dari pohon kelapa ini kita akan membahas yaitu ampasnya… kira-kira  bisa jadi apa ya..? Baiklah, pada jaman dahulu orang menggunakan ampas sebagai alat untuk membersihkan lantai, dengan cara menggosokkan ampas tersebut kelantai.

17.Pelepah sawit

Gambar via Google

Jaman dahulu orang belum mengenal sapu yang gagangnya panjang untuk membersihkan sawang atau sapu sawang, nah disini pelepah sawit sangat berguna bagi nenek moyang kita, selain no biaya, pelepah sawit juga mudah dicari pada jaman dulu… jangan tanya sekarang. dengan mengambil satu pelepah sawit yang kecil dan membuang daunnya namun tinggalkan sedikit diujung, oc sapu sawah jadi.

18.Batu/Bebatuan

Gambar via Google

Sebelum ada teknologi mesin pencuci dan pengering, manusia pada masa lalu menggunakan berbagai teknik dan perlengkapan sederhana dalam membersihkan pakaian. Hampir semua bangsa di dunia awalnya mencuci pakaian di sungai yang dilakukan oleh kaum wanita. bebatuan dimanfaatkan untuk menggilas kain yang dicuci, lalu dijemur pada dahan dan ranting yang disinari matahari.

19.Jeruk

Gambar via Dedaunan.com

Buah yang rasanya asam seperti jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Namun orangtua zaman dahulu sering menggunakan buah-buahan yang memiliki citarasa asam untuk membersihkan perabotan rumah secara alami tanpa harus bercampur dengan bahan-bahan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

20.Garam

Gambar via Google

Garam juga merupakan pembersih kotoran yang baik karena kemampuannya untuk mengelupas kotoran dan noda yang menempel pada peralatan masak. Selain itu, garam membuat air bersih lebih ampuh dari biasanya. Kandungan garam dalam air bisa menghilangkan atau melarutkan kotoran lebih efektif daripada air yang tidak mengandung garam sama sekali.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan air laut untuk membersihkan beberapa peralatan yang kotor, namun jangan lupa untuk segera membilasnya dengan air biasa.

Demikianlah informasi mengenai alat pembersih rumah tradisional dan modern untuk Anda. Jangan lupa untuk terus menjadi pembelajar sejati.

Credit: dapurmodern.org,antibacterial.com

1 komentar

Silahkan berkomentar