Gambar Kapal via Google

19 Alat Transportasi Laut Tradisional dan Modern

Diposting pada

Alat transportasi laut tradisional dan yang modern menjadi salah satu moda angkutan yang diandalkan di dunia termasuk negara kita tercinta yang bernama Indonesia. Jika kita terlusuri lebih jauh dan dalam lagi, ada begitu banyak macam dan jenisnya. Oleh sebab itu, Anda dan saya pun perlu mengetahui informasi terkait transportasi tersebut. Dan media untuk mencari informasi saat ini yang paling populer adalah melalui internet, baik Google atau mesin pencari lainnya. Perangkat yang di gunakan bisa melalui, komputer, laptop, Android.

Nah, saat Anda sedang menaiki alat transportasi laut, jika terhubungn dengan internet maka bisa menemukan informasi yang diinginkan.  Dan pada artikel kali ini, penulis akan menuliskan artikel terkait alat transportasi laut sebagai pemenuhan tugas sebagai Blogger.

Sebelumnya, sudah sangat banyak artikel yang ditulis pada blog Silontong. Mulai dari tema artis, politik, alat musik tradisional Indonesia sampai tema pendidikan serta film keluarga terbaik. Aneh, rasanya tidak pernah merasa cukup, selalu ada saja yang kurang. Sehingga terus menulis dan menulis.

Oke, berikut ini adalah informasi tentang alat transportasi laut tradisional dan modern yang berjumlah 18, didapat dari berbagai sumber.

1. Sampan

Gambar Sampan via Blogger

Salah satu alat transportasi laut yang masih kategori tradisional karena tanpa mesin. Biasanya, sampan dibuat dari banyak bambu yang diikat dan dijadikan satu. Bentuknya flat atau datar, tetapi memiliki daya mengapung yang baik. Ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginginan sang pembuatnya. Selain itu, daya angkutnya juga disesuaikan dengan ukuran sampan tersebut. Sampan hanya bisa digunakan untuk perjalanan jarak pendek, seperti menyeberangi sungai. Sementara itu, sang pengemudinya menggunakan galah dari bambu atau tali yang sudah diikat erat.

Baca juga: Sewa Bus Pariwisata Medan

2. Banana boat

Gambar Banana Boat via Google

Banana boat atau juga bisa diartikan kapal pisang dikarenakan bentuknya mirip pisang. Alat transportasi yang satu ini bertujuan untuk wisata laut. Di mana terdapat kapal mirip pisang yang terbuat dari karet ditumpangi beberapa orang berbanjar dari depan ke belakang. Selanjutnya, kapal pisang itu akan ditarik oleh kapal boat atau kapal cepat dengan mesin. Dengan begitu, semua penumpangnya akan merasakan perjalanan laut yang menyenangkan.

3. Kano

Gambar Kano via Blogger

Kano juga merupakan alat transportasi laut tanpa mesin. Kano pada zaman dulu dibuat dari kayu yang dipahat khusus. Sekarang, kano bisa dibuat dari bahan karet atau yang lainnya. Kano termasuk alat transportasi kecil yang bisa dikendarai 1 atau 2 orang saja. Untuk menjalankannya, pengendaranya harus memakai dayung agar dapat mengontrol atau mengatur laju dari kapal tersebut. Sekarang, kano sudah dijadikan salah satu olahraga air yang dibei nama kanoing.

4. Dhow

Gambar Dhow via Wikipedia

Dhow adalah salah satu kapal tradisional yang menggunakan layar karena digerakkan dengan tenaga angin. Sekarang, Dhow juga dijadikan salah satu ajang olahraga di laut lepas.

Baca juga: Rental Mobil Medan Lepas Kunci

5. Gondola

Gambar Gondola via Google

Gondola merupakan sebuah perahu tradisional asal Venesia, Italia. Cara menggerakkannya dengan didayung untuk menyusuri aliran sungai. Fungsinya untuk pengangkutan atau wisata air di sana.

6. Kayak

Gambar Kayak via Google

Kayak menyerupai kano, hanya bentuknya saja yang berbeda. Jenis perahu yang satu ini tidak memakai mesin. Oleh karena itu, pengendaranya hanya memanfaatkan aliran sungai dengan membaya dayung untuk mengatur lajunya. Kayak maksimal bisa dikendarai 2 orang saja. Biasanya memang dipakai dalam mengarungi sungai dengan besaran aliran yang bervariasi. Sekarang, kayak juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga air yang banyak disukai orang. Mereka menyebutnya kayaking.

Baca juga: Rental Mobil Aceh

7. Lanong

Gambar Lanong via Pixabay

Lanong merupakan kapal besar yang identik dengan bajak laut yang sering mencegat dan merampok kapal-kapal lain di tengah lautan. Namun sekarang, lanong sudah menjadi kapal pesiar yang istimewa.

8. Penjajap

Gambar Penjajap via Wikiwand

Jenis kapal yang biasanya digunakan dalam pertempuran di laut oleh militer atau bahkan bajak laut. Bentuk kapal ini panjang dengan desain haluan dan buritannya lancip. Selain itu, penjajap dibuat lebih ringan agar bisa lebih cepat bergerak.

Baca: Rental Mobil Bali Lepas Kunci

9. Getek

Gambar Getek via Blogger

Getek merupakan alat transportasi tradisional tanpa mesin. Biasanya, getek dijadikan alat penyeberangan dalam jarak dekat saja di sungai. Pasalnya, belum ada jembatan penyeberangan di atasnya. Oleh karena itu, masyarakat memanfaatkan jasa getek untuk menyeberang. Getek terbuat dari bambu yang diikat dan dijadikan satu dengan bentuk memanjang. Ada yang diberi peneduh agar terlindung dari panas dan hujan, tetapi juga ada yang tidak.

10. Kapal

Gambar Kapal via Google

Kapal menjadi salah satu alat transportasi laut yang banyak diminati orang. Ukurannya ada yang kecil hingga besar. Dilihat dari fungsinya, kapal bisa dibedakan menjadi beberapa jenis dan macam lagi. Misalnya, kapal boat yang biasanya digunakan di lepas pantai dengan tujuan tertentu. Kapal tersebut bermesin tunggal, ganda, atau malahan lebih dari itu.

Baca juga: Alat Komunikasi Tradisional

11. Kapal pesiar

Gambar Kapal Pesiar via Google

Kapal pesiar merupakan jenis transportasi laut yang bertujuan untuk mengantarkan banyak orang ke suatu tujuan. Biasanya, kapal pesiar dipakai untuk melancong atau bepergian ke tempat yang jaraknya cukup jauh. Kapal pesiar dilengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan orang di kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika kapal pesiar juga bisa disebut hotel berjalan di tengah laut.

12. Kapal Kargo Barang

Gambar Kapal Kargo barang

Kapal kargo barang dibuat dengan tujuan mengirimkan banyak kargo yang berisi barang dengan berbagai jenis dan macamnya. Barang-barang tersebut akan dikirimkan ke suatu tempat melalui jalur laut. Kapal kargo ini memiliki ukuran besar karena bisa menyimpan banyak barang dan mengantarkannya sekali jalan.

13. Kapal Kargo Kontainer

Gambar Kapal Kargo Kontainer via Maritime World

Ada juga yang diberi nama kapal kargo kontainer. Di mana ukurannya lebih besar dari kapal kargo barang. Pasalnya, kapal ini tidak mengangkut barang-barang lagi, tetapi sudah bersama kontainernya. Oleh karena itu, jangan heran jika kapal ini ukurannya sangat besar.

Baca juga: Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya

14. Kapal Selam

Gambar Kapal Selam via Google

Sebuah kapal yang biasanya dimiliki oleh pihak militer dengan tujuan pengamanan di wilayah laut. Namun, kapal selam juga dapat difungsikan untuk meneliti di kedalaman laut. Disebut kapal selam karena memang benar-benar bisa menyelam ke dalam lautan lepas bersama berbagai jenis ikan.

15. Kapal Perang

Gambar Kapal Perang via Indomiliter.com

Salah satu alat transportasi laut yang bertujuan untuk perang. Oleh karena itu, kapal perang dipersenjatai dengan berbagai amunisi atau senjata dari yang kecil hingga besar. Fungsinya untuk mengamankan wilayah laut di sebuah negara. Selain itu, kapal perang bisa untuk mengusir, mengejar, maupun mengalahkan musuh di laut.

Baca: Adat Istiadat Maluku

16. Kapal Tanker

Gambar Kapal Tanker via Google

Kapal tanker berfungsi untuk menyimpan minyak dan mengantarkannya ke suatu tempat atau tujuan tertentu. Baik mengangkut minyak mentah hasil pengeboran di lepas pantai ataupun minyak hasil olahan untuk didistribusikan ke banyak tempat.

17. Kapal Penangkap Ikan

Gambar Kapal Penangkap Ikan via YouTube

Kapal penangkap ikan dirancang dengan bentuk dan peralatan khusus. Tentu saja tujuannya untuk menangkap ikan di lautan lepas. Kapal ini ada yang dimiliki oleh nelayan peseorangan dengan ukuran lebih kecil. Namun, ada juga kapal penangkap ikan yang berukuran besar, dimiliki oleh perusahaan besar.

18. Boat laut

Gambar Boat Laut via Pixabay

Dapat diartikan kapal laut yang memang dijalankan sekaligus difungsikan di lautan lepas. Fungsinya bisa mengantar orang atau barang. Kapasitas penumpangnya tergantung dari ukuran kapal tersebut. Namun yang terpenting, kapal tersebut termasuk alat transportasi laut modern.

Baca: Paket Wisata Medan

19. Sepeda Air

Sepeda sampan air (liputan6)

Ternyata sepeda tidak hanya di gunaan sebagai alat bantu untuk kebutuhan manusia di darat. Untuk di perairan pun sepeda bisa dikombinasikan menjadi “sepeda air” yang bisa berjalan diatas air. Meski hadirnya baru, namun sepeda air model ini dikategorikan sebagai alat transportasi air tradisional karena belum ada sentuhan teknologi dalam menjalankannya, masih memakai kaki dengan menggowes.

Alat transportasi seperti gambar bisa dijumpai di daerah Flores Timur. Ini adalah asli kreasi dari warga Indonesia dan harus dihargai oleh semua lapisan masyarakat, dari Aceh sampai Papua.

Demikianlah informasi tentang alat transportasi laut tradisional dan yang modern disajikan untuk Anda baca. Perbedaan dari keduanya adalah masalah teknologi, yaitu: alat transportasi modern biasanya sudah di poles dengan inovasi teknologi.

Bagi Anda yang mau membandingkan dengan alat transportasi lain, silahkan baca:

1 komentar

Silahkan berkomentar