Gambar alat transportasi Becak via Brilio

12 Alat Transportasi Darat Tradisional dan Modern serta Ciri-ciri Perbedaannya

Diposting pada

Inilah informasi lengkap tentang alat transportasi darat baik yang tradisional dan alat transportasi darat yang modern. Ditulis dengan serius sehingga menghasilkan artikel yang berkualitas untuk dibaca atau dijadikan bahan rujukan terkait tugas sekolah, baik guru dan murid, mahasiswa serta pihak yang membutuhkannya.

Perubahan zaman adalah sebuah keharusan yang tidak bisa dinafikan oleh waktu. Hal itu juga termasuk pada alat transportasi yang dibutuhkan manusia. Jika zaman dulu dikenal model yang tradisional, maka saat ini sudah menjelma menjadi model yang modern. Seiring berjalannya waktu, alat transportasi kuno pun tidak lagi banyak digunakan manusia dengan berbagai macam alasannya. Salah satunya, masalah efektifitas dan efisien.

Transportasi modern menawarkan sebuah kecepatan dan layanan lainnya. Hal ini yang tidak dipunyai alat transportasi zaman dulu yang dikenal sangat sederhana fiturnya.

Lantas, apa saja alat transportasi tradisional dan modern itu?

Sebelum membahasnya, perlu diketahui bahwa alat transportasi ada tiga (3) macam yaitu:

  •  Darat
  •  Air
  • Udara
Tapi untuk kali ini kita hanya membahas alat transportasi darat saja, sedangkan alat tranportasi air dan udara akan menuyusul.
Untuk memudahkan pembaca, berikut adalah perbedaan atau ciri-ciri alat transportasi tradisional dan modern.

Ciri-ciri alat transportasi tradisional yaitu :

  • Lebih banyak menggunakan tenaga manusia,
  • Atas bantuan hewan,
  • Tidak menggunakan bahan bakar,
  • Bahan pembuatan yang alami.
Sedangkan ciri-ciri alat transportasi Modern yaitu :
  • Lebih banyak menggunakan tenaga mesin,
  • Menggunakan bahan bakar,
  • Bahan pembuatan Teknologi Canggih.
Baiklah, berikut adalah 12 alat transportasi darat tradisional dan modern itu:
1. Berjalan kaki
Gambar berjalan kaki via DuniaFitnes.com

Jalan Kaki jika bisa dimasukkan dalam alat transportasi darat tentunya merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi. Dengan berjalan kaki kita tidak perlu mengeluatkan uang bahkan tubuh menjadi sehat dan kuat.

Untuk mempercepat gerak manusia dapat melakukan lari. Lari adalah melangkah dengan cepat,dimana kedua kaki melayang di udara. Tetapi sayangnya lari membutuhkan lebih banyak energi sehingga lebih cepat lelah.
2. Manusia
Gambar Manusia via Google
  • Manusia adalah makhluk yang berakal, inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lain
  • Manusia adalah makhluk yang bertanggungjawab atas tugas tugas kekhalifaannya (pelestari atas Bumi dan isinya).
  • Manusia adalah makhluk yang diciptakan dari tanah dan selanjutnya berproses mengikuti hukum alam.
  • Manusia adalah makhluk yang memiliki sifat sifat ketuhanan yang terbatas.
3. Hewan
Gambar Kerbau sebagai alat transportasi via Blogger

Diberbagai wilayah hewan juga merupakan alat transportasi, seperti kuda untuk perjalanan/perang, keledai untuk mengangkut barang, gajah di Thailand untuk angkut dan onta dinegara padang pasir sebagai alat transportasi.

Mengingat tenaga manusia tidaklah kuat, hewan mulai dimanfaatkan sebagai alat transportasi yang populer sejak zaman prasejarah. Tetapi tidak semua hewan dapat dimanfaatkan untuk transportasi. Ada beberapa hewan yang populer yang dimanfaatkan tenganya untuk melakukan perpindahan seperti, Kuda, Gajah, Sapi, Kerbau, Llama, Anjing, dan Keledai.
4. Sepeda
Gambar Sepeda via Bukalapak

Merujuk pada Ensiklopedia Columbia, awal sepeda ditemukan di negara Perancis. Pada awal abad ke-18, Perancis sudah mengenal alat transportasi roda dua ini yang dinamakan Velocipede. Istilah sepeda sebenarnya adalah kendaraan yang mempunya roda dua atau tiga, punya setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh untuk menjalakanya dengan menggerakan kaki.

Adapun jenis sepeda pun saat ini bermacam-macam pula. Contoh jenis sepeda yang populer di Indonesia adalah sepeda gunung, sepeda mini, sepeda bmx, sepeda onthel, sepeda kota, sepeda balap, sepeda fixi, sepeda tandem dan sepeda lipat.

Di Indonesia, perkembangan sepeda banyak dipengaruhi oleh kaum penjajah, terutama Belanda. Mereka memboyong sepeda produksi negerinya untuk dipakai berkeliling menikmati segarnya alam Indonesia. Kebiasaan itu menular pada kaum pribumi berdarah biru. Akhirnya, sepeda jadi alat transport yang bergengsi. Pada masa berikutnya, saat peran sepeda makin terdesak oleh beragam teknologi yang disandang kendaraan bermesin (mobil dan motor), sebagian orang mulai tertarik untuk melestarikan sejarah lewat koleksi sepeda antik.

5. Sepeda Motor
Gambar sepeda motor via Google

Sepeda motor merupakan kendaraan yang mempunyai roda dua yang memanfaatkan mesin sebagai penggerak. Motor ini memanfaatkan gaya gyroskopik sehingga didesain letak dua rodanya sebaris lurus.

Sepeda motor ini populer sekali di Indonesia (hampir setiap rumah ada sepeda motor) untuk keperluan sehari-hari bahkan untuk jarak yang menengah sampai jauh karena biaya operasionalnya yang hemat dan irit bahan bakar.

Pada kota besar untuk mengejar waktu sepeda motor ini luwes dapat menembus kemacetan. Jenis sepeda motor sampai saat ini bermacam-macam seperti, sepeda motor sport, sepeda motor road sport, sepeda motor cub/moped/bebek, sepeda motor matik, sepeda motor skuter, sepeda motor trail/cross dan sepeda motor cruiser.

6. Mobil

Gambar alat transportasi Mobil via Google Image

Mobil adalah alat transportasi darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (jumlahnya selalu genap), umumnya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movére’ (bergerak).

Pemerintah Indonesia mewajibkan setiap mobil memasang plat BK sebagai tanda resmi kendaraan.

7. Kereta Api
Gambar alat transportasi kereta api via Google

Kereta api merupakan alat transportasi umum massal yang terdiri dari lokomotif yang dirangkai dengan gerbong di relnya. Kereta api ini harus berjalan di rel sehingga menjadi transportasi yang tidak fleksibel.

Penggunaan kereta api ini harus ditunjang oleh moda transportasi lain misal bus, taksi dan sebagainya karena tidak semua wilayah mempunyai atau ada rel kereta api. Disisi lain kereta api ini dapat mengangkut penumpang dengan jumlah banyak dan tidak terganggu lalu lintas jalan. Sehingga negara maju memiliki jaringan rel kereta api yang tersebar diseluruh wilayahnya karena memang efisien.

Di Indonesia hanya ada dua pulau yang menyediakan transportasi ini di Jawa dan Sumatera. Sebagian besar memang kereta api memang beroperasi di Pulau Jawa. Adanya jaringan rel kereta api di Jawa memang tidak lepas dari Belanda pada masa penjajahan tujuan utamanya untuk mengangkut hasil bumi antar wilayah.

8. Becak

Gambar alat transportasi Becak via Brilio

Becak merupakan alat transportasi roda tiga  yang dikayujh oleh tenaga manusia. Becak ini banyak ditemui di Indonesia dan sebagian Asia. Becak dapat mengangkut dua orang penumpang dan pengemudi dibelakangnya (dinamakan tukang becak). Zaman dahulu becak banyak bertebaran dikota-kota khususnya di Pulau Jawa.

Namun  seiring perkembangan zaman becak dianggap menimbulkan kemacetan lalulintas bahkan di Jakarta akhir 1980-an becak resmi dilarang. Namun dikota-kota lain becak masih dapat melintas. Beberapa kota bahkan menyiapkan jalur khusus untuk becak dan sepeda. Saat ini becak masih berfungsi sebagai alat transportasi untuk keliling kota sekedar berwisata, penghubung moda transportasi dan membantu mengangkut barang di jalan yang datar.

9. Angkot

Gambar Transportasi Angkot via Okezone

Angkot kepanjangan dari Angkutan Kota merupakan alat transportasi umum di kota dengan trayek yang sudah ditentukan. Perbedaan dengan bus adalah angkot ini bisa berhenti dan menaikturunkan dimanapun tidak terpaku pada halte. Jenis kendaraanya pun lebih kecil biasanya menggunakan Van atau Mini Bus.

Istilah lain Angkot ini daerah di Indonesia seperti, angkota di Malang, Bemo di Surabaya dan NTT, Taksi di Samarinda dan Bengkulu, Pete-pete di Makassar, Sudako di Medan dan Mikrolet di Jakarta.

10. Sepatu Roda
Gambar Alat Sepatu Roda via Youtube

 

Pada tahun 1863, James Plimpton membuat penemuan terbaru di bidang sepatu roda. Dia menemukan metode terbaru sepatu roda dengan empat roda yang disusun menyerupai letak roda pada mobil. Keunggulan sepatu roda milik James adalah sepatu roda ini dilengkapi dengan sumbu yang bisa memudahkan seseorang mengendalikan gerakannya. Desainnya ini membuat sepatu roda semakin dikenal bahkan ke seluruh penjuru Eropa. Hingga saat ini, desain milik Plimpton ini masih digunakan hingga sekarang.

Hingga pada tahun 1942, dibentuklah organisasi sepatu roda bertaraf internasional yang bernama Federation De Roller Skating. Setelah dibentuknya organisasi tersebut, mulai banyak kompetisi sepatu roda yang bahkan bertaraf internasional. Sayangnya, hingga saat ini sepatu roda belum masuk ke dalam gelaran Olimpiade. Meski begitu, sepatu roda masih sempat masuk ke dalam gelaran Olimpiade Musim Panas 2012 lalu.

11. Skateboard

Gambar alat skateboard via Youtube

Papan luncur (skateboard) adalah sebuah papan yang memiliki empat roda dan digunakan untuk aktivitas meluncur. Papan ini memiliki tenaga yang dipacu dengan mendorong menggunakan satu kaki sementara kaki yang satunya berada di atas papan. Bisa juga sang pengguna berdiri di atasnya sementara papan ini meluncur ke bawah pada sebuah turunan yang curam dan dengan ini menggunakan gaya gravitasi sebagai pemacu.

Skateboard pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1950, seiring dengan perkembangan era surfing di daerah California, Amerika Serikat. Pertama kali muncul, skateboard masih diciptakan oleh tangan manusia dan terbuat dari kayu yang gabungkan dengan ban sepatu roda dan disambungakan oleh trucks dari sepatu roda juga yang sangat tebal dan berat. Pada saat itu orang juga belum mengenal nama ‘skateboard’, melainkan ‘sidewalk surfing’.

12. Runwheel
Gambar alat Runwheel via Asrot.com

Ketika Anda mendengar istilah runwheel, apakah yang terbayang di benak Anda? Sebagian orang telah mengetahui apa itu runwheel tetapi tidak sedikit orang pula yang belum mengetahui apakah alat yang bernama runwheel. Runwheel sendiri merupakan salah satu alat transportasi yang sedang trend di luar negeri sana. Di Indonesia sendiri, runwheel telah muncul namun belum sebanyak di luar negeri sehingga belum banyak orang yang mengetahui tentang alat transportasi runwheel. Cara kerja runwheel menjadi salah satu hal yang membuat orang penasaran.

Anda bisa searching tentang gambar dari runwheel dan nantinya Anda pasti akan penasaran tentang bagaimana rasa ketika menggunakan alat yang modern tersebut. Runwheel merupakan salah satu jenis alat transportasi masa depan yang ramah lingkungan. Runwheel bekerja dengan menggunakan tenaga baterai tanpa menggunakan bahan bakar seperti solar dan bensin yang bisa menyebabkan polusi udara. Untuk menggerakkan alat transportasi yang keren dan kece ini, Anda hanya perlu menggerakkan badan ke depan belakang ke kanan dan ke kiri.

Demikianlan informasi tentang alat transportasi darat tradisional dan modern yang disajikan. Jika ada pertanyaan, pembaca jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.