Gambar Alat Musik Melodis via Wordpress

12 Alat Musik Melodis Tradisional, 3 Pengertian dan Gambarnya

Diposting pada

Alat musik melodis yang akan di bahas ini meliputi: pengertian, tradisional, contohnya, tiup, ritmis, beserta gambarnya, penjelasannya, juga harmonis.

Terkait dengan defisini dan pengertian musik melodis, blog Silontong menemukan beberapa pengertian yang bisa dijadikan referensi. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui apa arti alat musik melodis itu.

Pertama:  “Alat musik melodis adalah alat musik yang biasanya membunyikan melodi pada suatu lagu, pada umumnya alat musik ini tidak bisa memainkan kord secara sendirian. Contoh alat musik melodis adalah biola, trupet, recorder, flute.”

Kedua: “Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimankan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu.”

Ketiga: “Alat musik melodis ialah alat musik yang memiliki irama atau bernada, biasanya fungsi alat musik melodis untuk pengatur nada sebuah musik atau lagu.”

Oke, mengenai pengertian dari alat musik melodis dicukupkan saja. Berikut akan dibahas tentang ada berapa banyak jumlah alat musik melodis dan contoh gambarnya. Dari hasil penelusuran atau riset sederhana yang sudah dilakukan, kami menemukan sekitar 12 alat musik melodis yang berhasil dijumpai. Hasil yang sama dengan alat musik ritmis. Kenapa bisa demikian? Mungkin karena faktor kebetulan saja, bukan disengaja. #peace

Baiklah, tanpa perpanjang intro lagi, kita ulas satu demi satu alat musik melodis.

Gambar Alat Musik Melodis via WordPress

1. Recorder

Gambar Recorder via Google

Kabarnya, alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup yang bahannya terbuat dari kayu.
Ada juga yang menyatakan, Recorder merupakan alat musik melodis yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara (aerophone) dan dimainkan dengan cara ditiup.

2. Pianika

Gambar Pianika via Tokopedia

Alat musik melodis ini, sudah pernah dibahas pada postingan sebelumnya. Jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai Pianika, silahkan menuju laman ini.

3. Gitar

Gambar Gitar via Blogger

Memiliki senar, alat musik melodis yang bernama Gitar juga dikenal sebagai alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Dala pembagiannya, terbagi menjadi beberapa macam gitar. Secara umum di ketahui, ada gitar akustik dan elektrik.

4. Biola

Gambar Biola via YouTube

Biola merupakan alat musik dawai, sama dengan gitar. Hanya saja cara memainkannya yang berbeda, yaitu dengan cara digesek.
Adapun senar yang dimiliki Biola sebanyak empat senar, yaitu (G-D-A-E).

5. Harmonika

Gambar Harmonika via Google

Sebagai alat musik melodis, Harmonika merupakan alat musik tiup yang dimainkan dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara. Sampai saat ini, masih banyak orang yang gemar memainkan harmonika meski termasuk sebagai alat musik tradisional. Mungkin karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

6. Angklung

Gambar Angklung via Mangkoko

Angklung merupakan alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Masuk kategori alat musik melodis, Angklung mempunyai beberapa jenis. Kabar baiknya, turis manca negara sudah banyak yang tertarik memainkan Angklung. Bagaimana dengan warga Indonesia sendiri?

7. Bonang

Gambar Bonang via Blogger

Bonang adalah instrumen melodi terkemuka di Degung Gamelan Sunda yang cara memainkannya dengan metode dipukul atau ditabuh pada bagian atasnya yang menonjol atau disebut dengan pencu (pencon). Tersedia dua pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis yang disebut dengan sebutan bindhi sebagai pelengkap alat musik Bonang.

8. Kecapi

Gambar Kecapi via WordPress

Jenis alat musik melodis ini adalah alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling.

Kata kacapi sendiri dalam bahasa Sunda juga merujuk kepada tanaman sentul, yang dipercaya kayunya digunakan untuk membuat alat musik kacapi.

9. Akordion

Gambar Akordion via Blogger

Dikenal sebagai jenis alat musik melodis, Akordeon merupakan alat musik sejenis organ. Akordeon ini relatif kecil yang dimainkan dengan cara digantungkan di badan.

10. Suling

Gambar suling via Blogger

Anda pasti sudah tahu bahwa Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu.
Julukan lain dari Suling adalah Seruling. Selain dalam pentunjukan kesenian khsusus, suling juga sering dimainkan oleh seseorang di daerah pesawahan.

11. Sasando

Gambar Sasando via Google

Sasando masuk kedalam alat musik melodis juga dikenal sebagai alat musik dawai yang dimainkan dengan dipetik.

12. Mandolin

Gambar Mandolin via Google

Anda tahu Biola? Nah, Mandolin mirip dengan biola. Alat musik petik melodis tradisional ini mempunyai senar dan dimainkan seperti biola. Dilihat secara dekat, maka dengan mudah membedakannya. Yang membuat sama, biola dan Mandolin sama-sama dikelompokkan sebagai alat musik melodis.

Demikian informasi mengenai alat musik melodis kali ini. Butuh waktu sekitar 2 hari juga untuk menyelesaikannya. Rasa puas dan bahagia muncul ketika tulisan ini siap dihadirkan untuk pembaca.

Semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan berkomentar