Ilustrasi gambar Jenis musik tradisional dan modern via naturalknowledge247.com

15 Jenis Musik Tradisional dan 13 Modern, Nusantara Indonesia Hingga Dunia

Diposting pada

Jenis (genre) musik kategori tradisional dan modern kontemporer yang ada di Nusantara, Indonesia serta dunia memiliki ciri khas masing-masing. Hal itu membuat dunia seni kaya akan perbedaan yang saling melengkapi.

Sampai saat ini, alat musik tradisional masih banyak digunakan oleh masyarakat tertentu. Sebagian dari mereka malah menggabungkannya dengan alat musik modern yang terdiri dari: alat musik petik dan alat musik ritmis serta alat musik tiup. Dengan begitu, kehadiran alat musik masa kini tidak menghilangkan alat musik tempo dulu. Bukankah ini yang diharapkan?

Sejarah musik dunia telah membagi jenis-jenis musik dalam beberapa kelompok, termasuk genre musik Indonesia. Tidak sedikit dari pelajar yang masih bingung membedakannya. Maka dari itu, menjadi alasan Silontong untuk menulisnya.

Selain itu, artikel ini juga bisa menjadi referensi makalah bagi mahasiswa. Kenapa demikian? Karena kami mengulasnya dengan lengkap, yaitu meliputi jenis musik yang ada di Indonesia (nusantara) dan dunia.

Ilustrasi gambar Jenis musik tradisional dan modern via naturalknowledge247.com

Baiklah, berikut ini adalah informasi tentang jenis musik tradisional, modern, nusantara Indonesia dan dunia. Simak ya!

#1. Jenis Musik Gambang Kromong

Gambar Gambang Kromong via Google

Jenis musik ini merupakan musik tradisi serapan yang sudah beradaptasi dengan lingkungannya. Berdasarkan informasi yang didapat, genre musik ini cikal bakalnya berasal dari musik etnis Cina.

Dan kini sebagian besar pelakunya adalah seniman-seniman Betawi dari etnis non Cina (pribumi).

Penyanyi Benyamin S dan Ida Royani sempat mempopulerkan jenis musik ini dalam bentuk bentuk penyajian lagu humor gaya Betawi.

Perlu diketahui, jenis musik Gambang Kromong ini berfungsi sebagai lagu-lagu instrumentalia, musik iringan tari (tari colek). Saat ini juga digunakan sebagai musik iringan Lenong.

#2. Musik Goong Renteng

Gambar Goong renteng via Youtube

Jenis Musik Goong Renteng menjadi salah satu jenis Gamelan khas masyarakat Sunda yang sudah cukup memakan usia.

Selain itu, seperangkat Gamelan Goong Renteng dikenal juga kesenian Gamelan Mbah Bandong. Kabarnya, genre musik tersebut berasal dari desa lebakwangi Batukurut kecamatan Pameungpeuk, Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan fungsinya, kesenian ini digunakan khusus untuk acara keagamaan muludan/maulud Nabi.

Ada banyak instrumen musik dalam Gamelan Goong Renteng, yaitu:

  • Bonang,
  • Saron,
  • Kecrek,
  • Beri,
  • Goong,
  • dan Kendang.

Adapun lagu yang biasa dibawakan adalah lagu Seserengan, lagu Pucung lingkup, dan lagu Pangkur.

#3. Jenis Musik Santi Swara dan Laras Madya

Sumber Gamabar: Google

 

Adalah jenis musik tradisional di Jawa tengah (Jateng), yang kini masih hidup khususnya di daerah pinggiran. Lagu-lagu shalawatan atau lagu yang religi yang dibawakan jenis musik ini. Yang membuat unik, lagu Islami tersebut dibawakan dalan bahasa Jawa, bernada Slendro dan Pelog yang digarap dengan memasukan unsur Karawitan, yang lazim dinamakan Santi Swara.

Sedangkan, jenis musik Laras Madya adalah hampir sama dengan Santi Swara. Hanya saja, Laras Madya bentuknya seperti koor tetembangan yang instrument pengiringnya berupa Terbang (pokok), ditambah Kendang, Kemanak, dan Bogem.

Intinya, penyajian Musik Santi Swara dan Laras Madya bisa disebut mirip, perbedaan dapat dilihat di materi lagu dan cakepanya.

#4. Jenis Musik Krumpyung

Gambar Krumpyung via Blogger

Genre musik Krumpyung ialah seni musik tradisional Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dimainkan dengan iringan alat musik yang semuanya terbuat dari bambu.

Ada pun nama Krumpyung sendiri diambil dari suara iringannya yang terdiri dari alat musik Angklung, Terbang, Keprak, Kentongan dan Kendang. Semua alat musik tersebut jika dimainkan secara bersama-sama akan menimbulkan efek bunyi “kemrumpyung”.

Kabarnya, para turis dari Australia ada yang belajar memainkan jenis musik ini. Gimana dengan kamu yang orang Indonesia asli?

#5. Musik Gong Luang

Gambar Gong Luang via Blogger

Genre musik lain yang biasanya terdapat dalam Gong Luang adalah: Gangsa, Jublag, Jegog, Saron, Trompong, Kendang, Suling, dan Riyong.

Kesenian tradisional ini berasal dari daerah provinsi Bali. Gong Luang sedniri terdiri dari dua kata yaitu:

  • Gong dan,
  • Luang.

Adapun artinya mengacu pada nama itu sendiri Gong. Sedang kata Luang berarti ruang atau Rong.
Jika ada acara kematian di Bali, Gong Luang tak lupa selalu mengiringinya.

#6 . Musik Karang Dodou

Gambar Karang Dodou via Google

Genre Musik Karang Dodou merupakan musik tradisional khas daerah Tanah Siang, Wilayah Barito Utara yang terletak di Kalimantan Tengah (Kalteng). Biasanya, musik ini dimainkan pada ritual yang dapat disaksikan pada saat upacara adat tertentu misalnya acara memandikan bayi dan memberikan nama bayi (upacara”Noka Pati”), mengobati orang sakit keras sehingga rohnya perlu dipelihara atau disimpan menurut keyakinan masyarakat Adat setempat. Upacara tersebut diberi nama upacara “Nambang Morua”.

Perlu dipahami, dalam musik ini banyak melantunkan lagu-lagu yang mengucapkan mantera mantera yang berisi doa doa kepada “mohotara”. Nuansa mistisnya sangat kental.

#7. Jenis Musik Huda

Gambar jenis alat musik Huda via WordPress

Menurut informasi yang didapat, jenis musik ini berangkat dari tiga (3) jenis musik tradisional daerah Minangkabau-Sumatera Barat (Sumbar), seperti Dikil Rabaro, Dikil Mundan, dan Salaulaik Dulang yang ketiganya agama Islam.

Dikil Rabaro merupakan seni vokal yang memakai Rabaro sebagai iringan. Sedang Dikil Mundan juga merupakan seni vokal yang memakai Mudan sebagai iringan. Salaulaik Dulang merupakan seni vokal yang berfungsi sebagai ritem atau iringan.

Dalam memainkkanya, ketiga musik tersebut di inovasikan atau digabungkan hingga menjadi suatu komposisi musik yang utuh dan sempurna bunyinya.

#8. Jenis Musik Senandung Jolo

Gambar Senandung Jolo via Google

Asal jenis musik tradisional ini adalah Provinsi Jambi, di kecamatan Muara Sabak Kabupaten Jambi Timur. Pementasan musik ini biasanya diadakan pada saat orang turun ke sawah yang sering disebut sebagai manunggal padi. Nah, pada saat manunggal padi tersebut para pemuda dan pemudi mengungkapkan isi hatinya dengan mengucapkan pantun secara bergantian yang diiringi dengan berbagai alat musik yang terdiri dari:

  • Kulintang Kayu,
  • Biola,
  • Gendang Satu,
  • Gendang Dua,
  • Serta Gong.

#9. Jenis Musik Gaghahanggase

Gambar Gaghahanggase via WordPress

Agak sulit untuk mengucapkan genre musik ini, tapi perlahan dan pasti akan bisa jika sudah biasa. Karena suatu hal akan bisa dan mudah jika sudah biasa dilakukan. Bukan begitu, sobatku yang super? 🙂

Genre Musik Gaghahanggase merupakan salah satu musik tradisional masyarakat Sangihe Talaud. Dalam sejarahnya, jenis musik ini bisa eksis karena dimainkan oleh anak-anak. Musik Gaghahanggase merupakan paduan dari beberapa jenis alat musik baik baik yang sifatnya Diatonis maupun Non Diatonis.

Adapun alat musik yang mendukung jika jenis musik ini dimainkan adalah berasal dari musik bambu,musik kentel, musik seheng, musik tatengkorang, musik tagonggong, musik tambur, musik kalikitong, musik behongang, dan musik karoncongang.

Biasanya, untuk vokal dinyanyikan oleh pria atau wanita.

#10. Jenis Musik Tradisi Krombi

Gambar jenis alat musik tradisi krombi via Blogger

Berasal dari Papua, tepatnya di Pantau Irian Jaya, Musik krombi berasal dari kata nai krombi yang artinya memetik atau memainkan.

Adapun alat musik Krombi terbuat dari bambu, dimainkan terpadu dengan alat musik tradisional di antaranya Piko, Nailavos, Fu Akuika, Karapra dan Tifa.

Kehadiran musik ini berguna sebagai pendukung dari sekedar hiburan masyarakat setempat dan upacara adat maupun upacara keagamaan di Papua.

#11. Jenis Musik Tabuh Salimpat

Gambar jenis alat musik tabuh salimbat via Blogger

Jenis musik ini adalah musik tradisional daerah yang berasal dari Lampung. Kabarnya, hingga saat ini, jenis musik Tabuh Salimpat masih hidup dan berkembang di daerah masyarakat pendukungnya. Anda percaya? Jika tidak percaya, mana tahu Anda sempat datang ke Lampung untuk melihat tempat wisata, bisa sekalian mampir untuk memverifikasi kebenarannya.

Tabuh salimpat terdiri dari alat musik tabuh dan alat musik petik. Di dalam penampilan musik ini, instrumen yang paling menonjol adalah instrumen Kerenceng dan Gambus Lunik. Sedangkan instrumen yang lain hanya sebagai pelengkap saja. Fungsi musik ini digunakan sebagai upacara adat, juga sebagai alat berkomunikasi di antara kamu remaja dalam bentuk lagu yang disebut Sesimbatan atau pantun bersahutan, serta dapat juga menjadi iringan gerakan tari.

#12. Jenis Musik Syair Telimaa

Gambar jenis alat musik syair talimaa

Menurut sejarah jenis musik Syair Telimaa berasal dari daerah Tanah Mandalam, Bumi Uncok Kapuas, Kalimantan Barat (Kalbar)

Genre musik ini salah satu syair yang cukup terkenal, di Samoing Syair Lawih dan syair lainnya. Pada zaman dahulu syair ini dilantunkan pada saat pesta resmi dan pertemuan pertemuan kerabat sesepuh Tanah mandalam di bumi Uncok Kapuas, Kalbar.

Jika dilihat lebih dalam, Isi syair dari musik tersebut adalah berupa pesan agar para generasi muda mempertahankan dan melestarikan nilai kejayaan budaya bangsa nenek moyang.

#13. Jenis Musik Panting

Gambar panting via Google

Genre musik Panting berasal dari daerah Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Kabarnya, masyarakat adat setempat sangat menggemaari musik ini sehingga jadi kebanggaan daerahnya.

Perlu diketahui, kata Panting berarti ‘petik’, yaitu membunyikan senar dengan teknik sentilan. Dalam penyajian, musik ini dahulunya banyak dipentaskan pada malam hari, dan sekarang sudah dipergunakan untuk menyambut tamu kehormatan atau sebagai musik hiburan rakyat. Musik tradisioanl Panting terdiri dari instrumen panting itu sendiri yaitu:

  • Babaun,
  • Agung,
  • Marakas atau Giring-giring,
  • dan Talinting.

#14. Musik Sasando Gong

Gamabar sasando gonng via Blogger

Genre musik Sasando adalah alat musik khas pulau Rote,Nusa Tenggara Timur (NTT) dan merupakan jenis alat musik petik yang terdiri dari sebatang bambu sebagai tempat untuk menyangkutkan kawat halus unutk di petik.

Pengertian harfiah nama sasando menurut asal katanya (dalam bahasa rote) sasando atau sasandu artinya alat yang bergetar atau alat yang berbunyi. Sedangkan secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, Sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Suara sasando ada miripnya dengan alat musik dawai lainnya seperti gitar, biola, kecapi, dan harpa.

Dilihat dari fungsinya, musik sasando gong sebagai hiburan, pengiring tarian, dan sebagai upacara adat setempat. Cara memainkanya sangat beragam. Diantaranya adalah menggunakan cara Teo Renda, Oda Langga, Feto Bo, Batu Matia, Basili dan lain lain.

#15. Jenis Musik Keroncong

Gambar musik keroncong via Blogger

Genre musik Keroncong adalah nama dari instrumen musik sejenis ukulele. Sebagai jenis musik khas Indonesia, keroncong dalam penyajiannya menggunakan instrumen musik keroncong, flute, dan seorang penyanyi wanita.

Oke, berikutnya adalah informasi mengenai 13 Jenis (Genre) Musik Modern

Berikut adalah jenis atau genre musik yang dinilai masuk kategori modern, baik dari nusantara maupun manca negara.

#1. Jenis Musik Pop

Gambar jenis musik pop via WordPress

Musik pop adalah sebuah genre musik dari musik populer yang berasal dalam bentuk modern pada 1950-an, yang berasal dari rock and roll. Jenis musik yang awalnya dikenal dengan singkatan “populer” ini, sering digunakan secara bergantian, meskipun yang pertama adalah deskripsi musik yang populer (dan dapat termasuk gaya apapun), sedangkan yang terakhir adalah genre tertentu yang mengandung kualitas daya tarik massa.

Menurut sumber dari Wikipedia, Musik pop sangat eklektik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urban, Dance, Rock, Latin dan Country; Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens massa.

#2. Jenis Musik Rock

Gambar via Galena

Dasar dari jenis musik rok adalah rock and roll, yang berasal dari Amerika Serikat (AS) selama akhir 1940an dan awal 1950an. Musik Rock merupakan salah satu musik yang aliran lagunya berirama keras.

Presiden Jokowi dikenal sebagai pecinta musik Rock. Apakah hal ini juga berlaku kepada istrinya, Iriana Jokowi? Belum ada kabar valid mengenai hal tersebut.

#3. Jenis Musik Reggae

Gambar via Blogger

Ada yang menduga, kata reggae berasal dari ucapan (logat) orang – orang Afrika yaitu ragged (gerak menari seperti tersentak – sentak). Reggae merupakan suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an.

Bagaimana sejarah musik Reggae di Indonesia? Menurut laman Wikipedia, sekitar tahun 1986 musik Reggae mulai dikumandangkan di Indonesia, band tersebut adalah Black Brothers Papua, Black Company sebuah band dengan genre Reggae, pada tahun 1988 sekelompok anak papua yang sedang study di bandung, mendirikan sebuah group band reggae (Emergency Reggae Band) dan beberapa tahun kemudian muncul Asian Roots yang merupakan turunan dari band sebelumnya, kemudian ada Asian Force dan Abresso, Jamming lalu Tony Q Rastafara. Pada tahun 2001, muncul band Gangstarasta sekelompok anak muda yang memainkan musik reggae, lalu tahun 2006 Steven & Coconut Treez dengan hits “Welcome To My Paradise.

#4. Jenis Musik RAP

Gambar jenis musik RAP via Blogger

Genre musik Rap merupakan salah satu dari empat elemen budaya Hip-hop. Uniknya, nyanyain Rap dinyanyikan dengan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat. Biasanya, rap diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band. Rap dapat juga ditelusuri kembali ke akar Afrika, di mana berabad-abad sebelum musik Hip-Hop ada, Afrika Barat telah memberikan cerita berirama yang bernama griots, lebih dari drum dan instrumentasi jarang. Koneksi tersebut telah diakui oleh seniman masa kini.

Orang yang menyanyikan Rap disebut sebagai Rapper.

Di Indonesia sendiri, perkembangan musik Rap sudah ada sejak lama dan salah satu rapper yang terkenal adalah Iwa K.

#5. Jenis Musik R&B

Gambar musik R&B via Google

Genre R&B atau biasa ditulis RnB adalah singkatan dari Rhythm and Blues. Jenis musik ini menggabungkan jazz, gospel, dan blues. Aliran jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika.

#6. Jenis Musik Dangdut

Musik dangdut via Google

Genre musik populer di Indonesia, Dangdut berasal dari suara alat musik gendang yang merupakan ciri khas jenis musik ini yang berbunyi “dang” dan “dut”.

Perkembangannya berasal dari akar musik Melayu sekitar tahun 1940. Setelah itu tersentuh unsur musik India dan Arab.

Hal yang membuat unik, musik dangdut terbuka untuk menerima pengaruh dari jenis musik lain, seperti keroncong, rock, pop, house musik, rap, bahkan RnB.

Di negara Indonesia, ada pedangdunt yang mendapat gelar Raja Dangdut dan Ratu Dangdut, siapakah mereka? #tebakan.

#7. Jenis Musik Blues

Musik Blues via Galena

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Masyarakat Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari lagu rohani, lagu kerja, hollers lapangan, teriakan, dan narasi sederhana berirama balada.

#8. Jenis Musik Country

Musik county via WordPress

Genre musik Country merupakan campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang asalnya dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia.

#9. Jenis Musik Electronic

Gambar musik elektronik via detikHOT

Musik electronic merupakan musik yang secara keseluruhan menggunakan alat musik elektronik dan teknologi musik elektronik.

Adapun contoh alat musik elektronik adalah Telharmonium, Organ Hammond, dan Gitar listrik. Pengolahan musik electronic dilakukan dengan menggunakan perangkat seperti Theremin, Synthesizer, dan Komputer atau Laptop.

Biasanya, tempat untuk genre musik jenis dimainkan di diskotik atau saat berpesta.

#10. Jenis Musik Jazz

Musik Jazz via Hipwe

Genre musik Jazz dikenal sebagai aliran musik yang asal daerahnya Amerika Serikat (AS) pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Di Indonesia bisa juga ditemukan jenis musik ini yang biasanya dimainkan di Cafe dan acara hiburan tertentu. Mereka yang suka dengan musik jazz tidaklah banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan musik Pop.

#11. Jenis Musik Hip Hop

Musik Hip Hop via YouTube

Genre musik Hip-Hop kabarnya adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an. Jenis musik ini dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika.

#12. Jenis Musik Nasyid

Gambar alat musik Nasyid via WordPress

Genre musik Nasyid merupakan salah satu seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya.

Gendang salah satu andalan musik ini saat dimainkan. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini. Dimana ada pemain nasyid yang sudah memodifikasinya dengan alat elektronik.

Pertunjukan nasyid bisa temukan pada saat pernikahan dan acara-acara islami lain.

#13. Jenis Musik A Cappella

Musik a Capella via Google

Genre musik A cappella merupakan salah satu jenis musik yang tidak menggunakan instrumen apapun. Secara harafiah istilah musik a cappella dalam bahasa Indonesia berarti “sesuai gaya kapel”. A capella dapat diubah penulisannya menjadi akapela.

Demikianlah informasi terkait macam-macam jenis musik tradisional dan modern, baik yang ada di nusantara Indonesia sampai manca negara (Dunia). Semoga bermanfaat.

Sumber: Wikipedia, Google, hidayatul-husnah.blogspot.co.id, edisasrawan.blogspot.co.id, febrian.web.id

Silahkan berkomentar